Sebagai pemimpin Autobot yang terkenal sangat bijaksana dan juga tangguh, Optimus Prime biasanya selalu dihadirkan sebagai protagonis utama di setiap kisah Transformers, baik di serial animasi, film live action, komik, bahkan video games. Menariknya saking populer dan hebatnya karakter Optimus Prime, terkadang dia juga ditampilkan sebagai ancaman melalui kemunculan sejumlah varian jahatnyaMulai dari kloning, varian alternatif, sampai versi asli yang pikirannya dirusak, berikut ini para Optimus Prime versi jahat yang pernah menjadi antagonis mengerikan dalam berbagai cerita Transformers!

Optimus Prime Clone

Varian Optimus Prime pertama yang terkenal sangat jahat adalah versi kloningnya yang muncul di serial animasi Transformers Generation 1. Kemunculannya sendiri bermula dari rencana Megatron dan Decepticon yang ingin menghancurkan Autobot dari dalam dengan menciptakan kloning Optimus Prime yang bisa mereka dikendalikan dari jauh. Meskipun awalnya sempat berhasil menimbulkan kebingungan sekaligus ketegangan di antara para Autobot, tetapi pada akhirnya terungkap siapa Optimus Prime yang palsu. Di mana Optimus buatan Decepticon dengan sengaja mengabaikan keselamatan manusia bernama Spike Witwicky, yang akhirnya membuat para Autobot yakin untuk menghancurkannya.

Dark Awakening

Masih dengan serial animasi yang sama, varian Optimus Prime selanjutnya yang awalnya terkenal jahat adalah robot zombie yang dibangkitkan oleh bangsa alien Quintesson melalui metode Dark Awakening. Kemunculan Optimus versi zombie ini terjadi ketika Quintesson membangkitkan robot zombie dari jasad para Cybertronian yang diperlihatkan tewas di Transformers: The Movie. Tujuannya tidak lain adalah karena para Quintesson ingin memanfaatkan mereka agar bisa segera menaklukkan alam semesta dan semua isinya. Namun karena Dark Awakening Optimus Prime masih menyimpan Spark kebaikan dalam hati robotnya, pada akhirnya dia malah kembali mengorbankan dirinya demi para Autobot.

SG Optimus Prime

Tidak diragukan lagi bahwa Optimus Prime di semesta utama adalah sesosok Transformers yang sangat baik hati dan selalu berdiri paling depan untuk menumpas tirani para Decepticon. Sayangnya hal tersebut tidak berlaku untuk varian jahat Optimus Prime dari Mirror Dimension yang pertama kali diceritakan di komik Shattered Glass (SG). Di semesta alternatif yang serba terbalik ini, Optimus dan para Autobot justru digambarkan sebagai kelompok robot tiran yang selalu menindas Decepticon. Saking jahatnya, varian Optimus berwarna ungu dan hitam ini sering menyiksa para korbannya dan menjadikannya trofi agar Transformers lain takut dan mau tunduk kepadanya.

Nemesis Prime

Nemesis Prime adalah varian jahat Optimus Prime yang paling terkenal dalam sejarah Transformers. Muncul di serial animasi Transformers: Armada, Nemesis Prime adalah kembaran jahat Optimus Prime yang sengaja diciptakan oleh Unicron untuk mengalahkan para Autobot. Selain Armada, ada banyak kisah epik lain yang pernah menceritakan kemunculan Nemesis Prime, salah satunya adalah film Transformers The Last Knight. Di mana di film live acton ini jati diri Nemesis tidak lain adalah Optimus Prime yang pikirannya telah dirusak oleh alien Quintessa. Menjelang akhir filmnya, suara Bumblebee lah yang pada akhirnya dapat menyadarkan Optimus Prime untuk berbalik melawan Quintessa.

Scourge

Meskipun di Generation 1 Scourge sempat diceritakan sebagai Decepticon tua yang menggantikan ancaman Megatron, tetapi di serial animasi Transformers Robot in Disquise dia justru dihadirkan kembali sebagai antitesis jahat dari Optimus Prime asli. Terlepas dari namanya yang tidak memakai kata Prime, tetapi secara penampilan dia sangat mirip seperti pemimpin Autobot tersebut. Bedanya alih-alih berwarna biru dan merah, tubuh Scourge justru tampak lebih kelam dengan pilihan warna hitam, begitu juga ketika dia berubah menjadi truk. Setelah gagal mengambil alih kepemimpinan Decepticon, pikiran Scourge akhirnya dihapus oleh Megatron agar dia mau patuh kepadanya.

Itulah para varian jahat Optimus Prime yang eksis di berbagai kisah Transformers. Meskipun para varian jahat ini tidak punya kisah sebanyak villain besar lainnya, tetapi kemunculan mereka telah membuktikan bahwa yang bisa mengimbangi pemimpin Autobot selain Megatron adalah versi jahatnya sendiri. Melalui berbagai kemunculan versi jahatnya ini secara tidak langsung waralaba Transformers juga ingin memperlihatkan bagaimana jadinya jika Optimus Prime menjadi ancaman bagi semestanya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.