Dengan makin populernya Kang the Conqueror di kalangan penggemar Marvel, khususnya setelah dia muncul di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania, saat ini banyak orang yang penasaran dengan asal-usul karakternya. Mengingat kekuatan yang sangat dahsyat, tidak sedikit juga penggemar yang berpikir Kang adalah entitas kosmik. Faktanya dia hanyalah seorang penjelajah waktu yang fisiknya sama seperti manusia biasa.

Walaupun begitu, bukan berarti dia tidak pernah tertarik dengan kekuatan kosmik, karena pada kenyataannya di Marvel Comics sendiri Kang memang pernah beberapa kali berusaha mendapatkannya. Dari sekian banyak kemunculan Kang, setidaknya ada tiga peristiwa komik yang pernah menceritakan cara Kang untuk menjadi entitas kosmik. Tanpa basa-basi lagi, mari langsung saja kita bahas, Geeks.

Menikahi Celestial Madonna

Cara pertama Kang untuk mendapatkan kekuatan kosmik adalah dengan menikahi calon ibu bagi Celestial Messiah yang dikenal sebagai Celestial Madonna. Peristiwa ini terjadi di komik Avengers #129 (1974), di mana Kang yang mempunyai pengetahuan terkait masa depan mulai mencari Celestial Madonna agar dia bisa menjadi ayah dari anak berkekuatan kosmik yang ditakdirkan untuk menyelamatkan alam semesta. Pencariannya akhirnya mengerucut kepada fakta bahwa Celestial Madonna adalah Mantis yang pada saat tengah menjalin hubungan asmara dengan anggota baru Avengers, Swordman.

Singkat cerita Kang lantas berusaha menculik Mantis, dan memaksanya untuk menikah. Dalam prosesnya dia bahkan sampai membunuh Swordman, dan jika bukan karena bantuan varian tua Kang yang bernama Immortus, mungkin Avengers tidak akan bisa mengalahkannya. Merasa dirinya terpojok di hadapan Immortus dan Avengers, Kang akhirnya memutuskan untuk mundur ke time stream, dan terpaksa melepas mimpinya untuk mendapatkan kekuatan kosmik sekaligus kekuasaan surgawi melalui kelahiran Celestial Messiah, yang ternyata sejak awal memang tidak ditakdirkan untuknya.

Menyerap Energi Celestial

Kegagalannya yang pertama ternyata tidak menghentikan ambisi Kang untuk kembali berusaha mendapatkan kekuatan kosmik di komik Uncanny Avengers #5 (2013). Kali ini dia kembali berulah dengan menculik bayi kembar mutant Archangel yang bernama Uriel dan Eimin. Dia lantas membesarkan mereka sebagai Apocalypse Twins yang digadang-gadang mampu membunuh celestial Exitar the Executioner. Dalam prosesnya, dengan dijanjikan harapan tentang kelahiran dunia khusus para mutant, Apocalypse Twins akhirnya mau menuruti semua perintah Kang termasuk membunuh celestial.

Setelah melalui berbagai pertempuran dan juga perjalanan waktu, akhirnya terungkap bahwa semua ini Kang lakukan agar dia bisa menyerap energi celestial dari jasad Exitar yang baru saja dibunuh oleh Apocalypse Twins menggunakan kapak kosmik Jarbjorn. Untungnya saat Kang baru berhasil menyerap sebagian kecil energinya, dia diganggu oleh superhero Havok dan Sunfire. Sehingga energinya bocor dan menghilang, dilanjutkan dengan kekalahan Kang. Menurut Immortus, seandainya Kang berhasil menyerap semua energi Exitar, bukan tidak mungkin baginya untuk menguasai seluruh kehidupan.

Memanfaatkan Tubuh Galactus

Pada tahun 2018 di komik Exiles Vol. 3, salah satu varian Kang yang eksis di Earth-18854 kembali diceritakan mencoba mendapatkan kekuatan kosmik dengan memanfaatkan tubuh Galactus. Berbeda dari dua peristiwa sebelumnya, cara ini ternyata benar-benar berhasil Kang realisasikan, di mana pertama-tama dia membunuh Galactus yang sedang lengah dan kemudian menjadikan tubuh beserta kekuatan kosmiknya sebagai wadah baru bagi Kang. Hasilnya, Kang terlahir kembali sebagai seorang Time-Eater yang kini ambisinya menjadi jauh lebih mengerikan, yaitu membunuh semua varian Galactus di multiverse Marvel.

Dalam prosesnya Kang the Time-Eater berhasil membunuh sejumlah Galactus dan mengambil alih kekuatan kosmik mereka, menjadikannnya salah satu entitas kosmik terkuat di multiverse. Tidak berhenti sampai di situ saja, Kang bahkan sampai memakan banyak semesta yang ditemuinya. Ancamannya baru bisa dihentikan setelah tim superhero multiverse Exiles, yang terdiri dari Blink (Earth-295), Captain America (Earth-86315), Iron Lad (Earth-18651), King (Earth-18136), Valkyrie (Earth-22681), dan Wolvie (Mojoverse), menyatukan kekuatan untuk membalik semua perbuatan Kang seperti sediakala.

Itulah tiga cara yang pernah dilakukan oleh Kang untuk mendapatkan kekuatan kosmik. Berdasarkan semua peristiwa yang menceritakan perbuatan Kang ini bisa kita simpulkan bahwa sang Conqueror juga sebenarnya mempunyai ketertarikan terhadapan kekuatan yang lebih besar. Hal yang sama juga bisa saja dirasakan oleh sejumlah varian Kang yang eksis di MCU, di mana salah satu di antara mereka mungkin sudah ada yang menjadi entitas kosmik tanpa kita sadari. Jika seperti itu kasusnya artinya ada banyak keseruan yang bisa kita harapkan dari MCU pada masa mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.