Nyawa para Avengers dalam alur cerita pada masa yang akan datang di Marvel Cinematic Universe berada dalam bahaya karena mungkin mereka akan dihabisi oleh Kang. Hal ini mengingat Kang merupakan sosok karakter yang digadang-gadang akan jadi villain utama dalam Multiverse Saga yang berlangsung di Phase 5 dan juga 6. Namun, siapa Avengers yang kemudian akan jadi target dari Kang?

Sejak kekalahan Thanos di Infinity Saga, Marvel Studios kini memperkenalkan sosok villain utama lainnya untuk alur cerita selanjutnya yaitu Multiverse Saga. Sosok villain tersebut adalah Kang the Conqueror. Seperti halnya Thanos, Kang juga memiliki sejarah panjang di komiknya di mana salah satunya dia sering menghabisi nyawa para Avengers. Pertanyaanya kemudian siapa saja Avengers yang pernah dihabisi nyawanya oleh Kang? Siapa korban selanjutnya?

Ini Avengers yang Dihabisi Kang

Kemunculan Kang di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania memberikan dampak yang besar bagi kelangsungan MCU di Phase ini dan juga Phase selanjutnya. Kang membuktikan bahwa sosoknya tidak bisa dianggap remeh. Namun, yang menarik adalah terdapat sebuah detail yang memberikan petunjuk tentang Kang yang pernah menghabisi Avengers. Lalu, siapa Avengers yang jadi korban Kang tersebut?

Kang sendiri tidak menyebutkan siapa sosok Avengers yang dia habisi nyawanya dalam percakapan dengan Scott. Namun, dia memberikan petunjuk jelas terkait hal itu. Di awal percakapan Kang sempat terkejut ketika mengetahui jika Scott adalah seorang Avengers. Menurutnya, semua sosok Avengers terlihat memiliki penampilan yang sama. Namun, Kang juga bertanya apakah dia pernah menghabisi nyawanya.

Kalimat tersebut memberikan petunjuk bahwa Kang memang pernah menghabisi banya nyawa Avengers, yang kemungkinan berasal dari timeline atau universe lain. Namun, yang tidak kalah menarik adalah Kang sempat menyebutkan jika Scott bukan sosok yang memiliki palu. Artinya, salah satu korban yang pernah dihabisi nyawanya oleh Kang dari pihak Avengers adalah Thor.

Seperti yang kita ketahui, Thor memiliki Mjolnir sebagai senjata utamanya. Berdasarkan petunjuk tersebut, artinya Kang sudah menghabisi Thor. Namun, Thor yang Kang bunuh besar kemungkinan berasal dari universe lain. Karena, Thor yang berasal dari universe utama MCU jelas masih hidup seperti yang diperlihatkan di akhir film Thor: Love and Thunder. Sosok lainnya yang menggunakan palu adalah Steve Rogers, yang diperlihatkan mampu mengangkat Mjolnir di akhir film Avengers: Endgame. Namun, mungkin Kang memang pernah menghabisi Thor dan Steve yang berasal dari timeline lain.

Korban Kang di Komik

Bagaimana dengan cerita di komiknya? Dari percakapannya dengan Scott bisa ditarik asumsi jika Kang sudah berhasil menghadapi para Avengers. Yang menarik adalah dalam mayoritas cerita di komiknya, Kang sering kali diperlihatkan kalah saat menghadapi para avengers. Namun, tidak jarang juga dia berhasil menang dan bahkan berhasil menghabisi nyawa para Avengers.

Terdapat beberapa nama yang diketahui pernah jadi korban Kang. Contohnya adalah Swordsman. Dia dianggap sebagai sosok yang lemah dan tidak pantas mendapatkan perhatian Kang, karena itulah Kang menghabisi nyawanya ketika dia berusaha menghancurkan para Avengers. Meskipun begitu, Swordsman berhasil menyelamatkan para Avengers dengan bantuan Rama-Tut. Sayangnya, dia kemudian harus tewas dalam pertempuran itu.

Korban Kang lainnya yang populer adalah Iron Man. Dalam cerita The Crossing yang rilis pada era 1990an, Kang berhasil memanipulasi Tony Stark dengan cara memanipulasi aliran waktu. Hal tersebut tanpa disadari membuat Tony Stark justru menjadi kaki tangan dari Kang yang berujung pada Tony yang mengkhianati Avengers. Para Avengers sendiri kemudian mencari cara untuk menghadapi keduanya.

Tony kemudian sadar atas kesalahannya yang mana membuat dia melakukan pengorbanan besar dengan membuat para Avengers menang melawan Kang. Meskipun Iron Man dan Swordsman adalah dua korban Kang paling dikenal, sebenarnya Kang sudah banyak para Avengers yang nyawanya dihabisi oleh Kang. Hal ini bisa dilihat dari ruang trofi milik Kang dalam cerita The Kang Dynasty.

Dalam ruang trofi tersebut, nampak ada banyak sekali “kenang-kenangan” dari para korban Kang. Misalnya, kita bisa melihat Mjolnir milik Thor, armor Iron Man, tubuh Vision, perisai Captain America, kostum Daredevil dan Spider-Man, bahkan Kang juga menyimpan tentakel milik Doctor Octopus. Yang mengerikannya adalah selain Avengers, di ruang trofi tersebut bisa dilihat bahwa Kang juga menghabisi para karakter lain misalnya dari kelompok mutan X-Men. Terdapat helm milik Magneto, potongan kepala dari Beast dan Night Crawler dan masih banyak lainnya.

Target Kang Selanjutnya

Pertanyaan besarnya kemudian adalah siapa target Kang selanjutnya? Berdasarkan dari apa yang sudah dihadirkan sejauh ini, kecil kemungkinan Kang untuk menghabisi sosok Swordsman mengingat dia bukanlah bagian dari Avengers seperti diperlihatkan di series Hawkeye. Kemudian, Tony Stark sendiri sudah tewas di akhir film Endgame. Artinya, Kang kemungkinan akan mengarahkan targetnya pada karakter lain.

Beberapa nama yang bisa jadi target Kang selanjutnya adalah Thor. Karir Chris Hemsworth di MCU mungkin akan berakhir di film Avengers: Kang Dynasty. Dia adalah salah satu dari tiga Avengers awal yang tersisa, selain Bruce Banner dan Clint Barton. Marvel bisa menjadikan film ini sebagai penutup cerita karakter Thor yang sangat epik di mana dia tewas di tangan Thor.

Selain Thor, tentunya Smar Hulk juga bisa saja diceritakan tewas dalam pertarungan melawan Kang. Seperti halnya Chris Hemsworth Mark Ruffalo sudah cukup lama memerankan karakter ini, yang mungkin akan sangat baik jika kemudian dia memberikan posisinya di MCU kepada Jennifer Walters bahkan Skaar. Scot Lang juga bisa jadi salah satu kandidat kuat korban Kang selanjutnya.

Di film Quantumania diperlihatkan bagaimana dia berhasil selamat dari serangan Kang. Namun, bukan berarti dia sudah aman dari ancaman Kang. Bukan hal mustahil jika Kang akan menaruh dendam terhadap Scott atas apa yang dia lakukan di film tersebut. Karena itulah, Kang ingin nyawa dari Scott menghilang. Ini bisa jadi momen epik lainnya dari Scott Lang untuk memberikan kesempatan bagi sang anak, Cassie Lang.

Kang juga bisa menargetkan para Avengers lain seperti War Machine, Sam Wilson, atau bahkan salah satu pahlawan terkuat yaitu Captain Marvel. Avengers: The Kang Dynasty tentunya akan jadi momen besar bagi masa depan MCU. Bagaimana Kang menghabisi salah satu atau mungkin beberapa Avengers tentunya akan memberikan dampak signifikan terhadap alur cerita selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.