Geeks tentu tahu dengan nama besar Spider-Man. Di antara berbagai versi Spider-Man yang diperkenalkan, rasanya Peter Parker menjadi yang paling ikonik. Dialah Spider-Man paling terkenal sepanjang masa. Bahkan dia juga muncul dalam beberapa film besar Hollywood. Selain Peter Parker, sebenarnya ada banyak karakter yang pernah menjadi Spider-Man seperti Miles Morales, Ben Reiley dan masih banyak lagi. Namun menariknya, ada beberapa villain yang memutuskan untuk mejadi Spider-Man. Siapa saja? Simak berikut ini Geeks!

Kraven the Hunter

Kraven adalah musuh bebuyutan Spider-Man yang sangat ikonik. Sebenarnya Kraven tidak memiliki masalah personal dengan Spider-Man, tetapi karena dia bosan memburu hewan, dia kemudian memutuskan memburu manusia dengan kekuatan hewan yaitu Spider-Man. Menariknya, Kraven pernah menjadi orang yang selama ini dia buru. Setelah nyaris frustasi karena tidak bisa membunuh Spider-Man, pada akhirnya Kraven mampu menangkap Spider-Man. Namun Kraven memutuskan untuk tidak membunuh Spider-Man. Dia justru mengambil kostum Spider-Man yang dikenakan Peter Parker. Di saat itulah Kraven menyamar menjadi Spider-Man yang ganas dan Brutal.

Doctor Octopus

Dalam kisah Marvel, Doctor Octopus juga pernah menjadi Spider-Man. Ketika itu, Docttor Octopus alias Otto tengah sekarat dan berusaha untuk memindahkan kesadarannya ke tubuh Peter Parker menggunakan mesin canggih. Pada akhirnya, rencana tersebut berhasil sehingga Otto menggunakan tubuh Spider-Man. Saat menjadi Spider-Man, Otto justru sering membantu masyarakat. Tetapi memang cara yang Otto lakukan berbeda dari Spider-Man asli, di mana dia menghalalkan segala cara untuk mengalahkan musuh, dan juga beberapa kali dia membahayakan masyarakat hingga terluka. Otto menggunakan kostum Spider-Man yang canggih, dan menggunakan nama Superior Spider-Man.

Mac Gargan

Pada awal tahun 2000-an, Mac Gargan yang juga dikenal sebagai The Scorpion juga pernah menjadi Venom. Ketika Gargan menjadi Venom, dia sangat brutal, bahkan melebihi Eddie Brock. Dia tidak ragu untuk menyantap sang korban, baik manusia biasa maupun alien. Menariknya ketika cerita Dark Reign berlangsung, Norman membentuk Dark Avengers yang terdiri dari Bullseye yang menjadi Hawkeye, Daken yang menjadi Wolverine, dan Venom (versi Mac Gargan) yang menjadi Spider-Man. Namun seperti yang sudah kita duga, saat Venom menjadi Spider-Man, dia bertindak layaknya villain, bukan pahlawan. Beruntung karena Venom hanya menjadi Spider-Man selama beberapa waktu saja.

Ai Apaec

Setelah Gargan tak lagi menjadi Spider-Man, Osborn pun mencari pengganti Mac Gargan sebagai Spider-Man di Dark Avengers. Puncaknya, Osborn merekrut Ai Apaec, salah satu dewa jahat yang memiliki tubuh bagian bawah seperti laba-laba, sementara rambutnya mirip seperti Medusa. Sama seperti Gargan, Osborn pun mengubah penampilan Ai Apaec, sehingga membuatnya menyerupai Spider-Man versi Mac Gargan, namun dengan 6 lengan. Setelah Dark Avengers terjebak dalam dunia alternatif, Hank Pym berhasil membuat Apaec mengecil. Dan sama seperti Spider-Man versi Peter Parker, Ai Apaec menjadi Spider-Man yang mengerikan karena dia mampu bertarung sangat baik dengan tambahan lengannya.

Brian Kornfield

Awalnya, Brian Kornfield hanyalah remaja biasa yang sangat mengidolakan pahlawan super. Tetapi setelah ibunya diserang secara brutal oleh seorang perampok, Brian mulai melancarkan aksi balas dendam. Namun rasa hausnya akan balas dendam semakin diperkuat ketika dia mendapat kekuatan iblis bernama Chthon. Dan setelah dia mendapat kekuatan, dia memutuskan untuk menjadi Spider-X. Brian mendapat berbagai kekuatan aneh seperti Spider-Man. Tetapi karena kekuatan itu justru mengubahnya menjadi jahat dan mengerikan. Dia dengan kejam membunuh perampok yang pernah membunuh ibunya. Kemudian, dia juga pernah mencoba membunuh orang lain.

Itulah dia Geeks beberapa villain yang pernah menjadi Spider-Man. Tetapi jika menilik ke komiknya, mereka menjadi Spider-Man dalam waktu yang singkat. Mungkin Marvel Comics menilai para karakter tersebut tidak terlalu menarik jika ditampilkan sebagia Spider-Man. Menurut kalian gimana Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/