Kebanyakan superhero di semesta komik, baik DC Universe, Marvel Universe, dan lain sebagainya, sering kali digambarkan mempunyai asal-usul yang berhubungan dengan luar angkasa atau eksperimen Bumi. Walaupun begitu, di antara para superhero yang pernah diperkenalkan oleh berbagai komik superhero Amerika, ternyata ada juga yang diceritakan berasal kampung halaman para iblis atau monster jahat, yaitu Neraka. Seperti yang akan kita bahas kali ini, di mana dengan kekuatan yang berasal dari Neraka, para superhero ini justru malah menjadi simbol harapan sekaligus pelindung Bumi dari segala ancamannya!

Hellboy

Meskipun eksistensinya masih diselimuti oleh banyak misteri, tetapi satu hal yang pasti dari Hellboy adalah fakta bahwa dia berasal dari Neraka dan konon merupakan pangeran yang kelak akan menjadi penguasanya. Superhero ikonis dari Dark Horse Comics ini pertama kali muncul pada tahun 1993 sebagai makhluk neraka yang sengaja dipanggil oleh Nazi di komiknya. Alih-alih menjadi antek Nazi dan membantu mereka memenangkan pertempuran pada era Perang Dunia II, dengan kekuatan fisik super, healing, dan perubahan iblisnya, Hellboy justru malah menjadi superhero yang membasmi para iblis dan villainnya lainnya yang mengancam Bumi.

Spawn

Superhero Neraka berikutnya, yang asal-usul dan eksistensinya sangat terkenal di kalangan penggemar komis superhero Amerika, adalah Spawn. Debut pada tahun 1992 sebagai bagian dari Image Comics, karakter ciptaan Todd McFarlane yang mempunyai nama asli Albert Francis Simmons ini awalnya adalah seorang agen CIA yang mati di tangan bosnya. Karena merasa tidak bisa meninggalkan keluarganya, Al yang masuk ke Neraka lantas mengadakan perjanjian untuk bangkit kembali sebagai salah satu pasukan iblis Malebolgia. Namun dalam prosesnya dia malah menjadi superhero Bumi dan berbalik melawan Malebolgia dengan kekuatan supernya yang berasal dari Neraka.

Ghost Rider

Pertama kali Marvel perkenalkan pada tahun 1972, Ghost Rider digambarkan sebagai superhero Neraka yang mendapatkan kekuatan super setelah mengadakan perjanjian dengan iblis Zarathos. Sebagai ganti dari semua kekuatan yang dimilikinya dia harus rela tubuhnya berubah menjadi tengkorak api yang sangat mengerikan. Penance Stare adalah salah satu kemampuan luar biasa Ghost Rider yang memungkinkan siapa pun yang melihat ke dalam matanya langsung mati. Dalam sejarah Marvel, ada banyak karakter yang menjadi inkarnasi Ghost Rider, seperti Alejandra Jones, Danny Ketch, dan Robbie Reyes, tetapi yang paling populer adalah seorang mantan stuntman bernama Johnny Blaze.

Hellstorm

Masih dari semesta komik yang sama dengan Ghost Rider, superhero Marvel lainnya yang terkenal berasal dari Neraka adalah Daimon Hellstorm. Faktanya Hellstrom adalah anak kandung dari Satan sekaligus calon penguasa Neraka selanjutnya. Meskipun dia tidak memungkiri statusnya sebagai anak dari iblis terkeji, tetapi Hellstorm memutuskan untuk mengambil jalan yang berbeda dari ayahnya, yaitu dengan menjadi superhero Bumi yang dikenal mempunyai kekuatan untuk memanipulasi api, telekinesis, telepati, bahkan berubah bentuk. Dalam petualangannya di Bumi, Hellstorm juga mengabdikan dirinya sebagai tenaga pengajar di Strange Academy bersama Doctor Strange dan superhero lain.

Etrigan the Demon

Dari Marvel sekarang kita beralih ke DC Universe, di mana semesta bagi Justice League ini mempunyai seorang superhero yang berbagi tubuhnya dengan iblis dari Neraka. Semuanya bermula dari ritual pemanggilan iblis Etrigan yang dilakukan oleh seorang manusia bernama Jason Blood. Meskipun awalnya sempat terjadi pergolakan batin di antara mereka berdua, pada akhirnya Jason dan Etrigan saling berdamai dan berbagi tubuhnya di muka Bumi dengan menjadi superhero abadi. Kombinasi sihir yang dipelajari oleh Jason dan kekuatan iblis Etrigan langsung membuat mereka terkenal sebagai salah satu sosok tangguh di DC Universe.

Blue Devil

Terakhir, superhero DC selanjutnya yang terkenal berasal dari Neraka adalah Blue Devil. Pertama kali menampakkan dirinya di DC Universe pada tahun 1980-an, karakter yang bernama asli Daniel Patrick Cassidy ini awalnya hanya iseng mencoba kostum Blue Devil karena dia bekerja sebagai seorang stuntman. Namun saat dia dibunuh oleh supervillain Neron, Daniel kemudian benar-benar dibangkitkan kembali sebagai iblis Neraka. Kekuatan fisiknya meningkat pesat, ditambah lagi statusnya sebagai iblis membuatnya bisa melihat masa depan. Dengan senjata andalannya yang disebut Trident of Lucifer, Blue Devil mampu menemukan para iblis di Bumi dan mengirim mereka kembali ke Neraka.

Sekian pembahasan tentang para superhero yang berasal superhero dari Neraka. Eksistensi para superhero di masing-masing semestanya ini bisa dibilang telah mematahkan stigma iblis dan Neraka setidaknya di komik superhero Amerika. Karena pada kenyataannya tidak semua yang berasal dari Neraka, baik itu iblis maupun reinkarnasi lainnya, selalu hadir sebagai villain yang membahayakan Bumi. Buktinya para superhero ini justru malah berbalik melawan iblis jahat lainnya dan malah membuat Bumi lebih terlindungi dengan kekuatan dahsyat yang mereka miliki.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.