Ayah dari Shanks kemungkinan adalah mantan Gorosei dalam cerita One Piece yang mana inilah alasannya dia diperlihatkan “berbeda” dari bajak laut lainnya. Shanks si Rambut Merah merupakan salah satu karakter yang penuh misteri. Para fans penasaran dengan asal-usul dari Shanks. Rasa penasaran tersebut memang bukan tanpa alasan setelah apa yang Oda Sensei hadirkan sejauh ini.

Oda Sensei sendiri sangat jarang mengupas atau menyinggung masa lalu Shanks. Dia lebih senang menghadirkan informasi tentang kekuatannya, seperti kekuatan Haki Shanks yang dahsyat yang bisa kita lihat saat dia membuat Aramaki kabur dari Wano. Namun, banyak fans penasaran mengapa kemudian Shanks memiliki pengaruh yang begitu besar di dunia One Piece. Hal ini mungkin ada kaitannya dengan keluarga, khususnya ayah Shanks, yang diduga adalah kaum naga langit.

Shanks Bagian dari Naga Langit

Seperti yang disebutkan di atas, salah satu teka-teki terbesar yang muncul dari sosok Shanks adalah bagaimana Shanks bisa begitu dihormati oleh banyak orang. Mengapa kemudian Shanks bisa memiliki kekuatan dan pengaruh yang begitu besar. Bahkan, kekuatan dan pengaruh tersebut mampu mengalahkan para admiral, angkatan laut, Yonko yang lain, bahkan membuat Shanks seolah sejajar dengan Gorosei.

Hal ini pun membuat banyak fans menduga-duga tentang siapa sebenarnya sosok Shanks. Jika Geeks perhatikan Shanks nampak spesial dibandingkan yang lain. Reputasinya sebagai Yonko dirasa tidak akan cukup atau tidak akan mampu untuk bisa mendapatkan rasa hormat sebesar itu. Hal ini bisa kita lihat bagaimana World Government dan angkatan laut justru menganggap para Yonko lainnya sebagai sebuah ancaman yang harus dimusnahkan.

Akhirnya, banyak teori yang muncul berkaitan dengan sosok Shanks. Yang paling santer di kalangan fans dan paling populer menyebutkan bahwa Shanks kemungkinan merupakan bagian dari kaum naga langit. Jika melihat bagaimana orang-orang memperlakukannya, spekulasi itu bukan sesuatu yang mustahil. Namun, yang menarik adalah muncul spekulasi lainnya mengenai Shanks.

Ayah Shanks Adalah Gorosei

Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan jika kemungkinan Shanks merupakan keturunan dari Gorosei. Dalam hal ini, ayah dari Shanks merupakan bagian dari pemimpin tertinggi di duni One Piece tersebut. Menurut teorinya, Eiichiro Oda di sepanjang cerita One Piece selalu menghadirkan sosok ayah yang luar biasa bagi berbagai karakter penting yang dia perkenalkan.

Contohnya, Portgas D. Ace yang merupakan anak dari sang raja bajak laut Gol D. Roger. Usopp merupakan anak dari penembak jitu nomor satu di dunia, Yasopp. Sanji adalah anak dari salah satu ilmuwan cerdas, Vinsmoke Judge. Dan yang jelas tentunya Monkey D. Luffy yang merupakan anak dari Monkey D. Dragon, pemimpin Pasukan Revolusi dan penjahat paling dicari oleh World Government.

Melihat pola tersebut teorinya menyebutkan bahwa bukan hal mustahil jika kemudian ayah Shanks adalah bagian dari naga langit, secara spesifik ayahnya adalah anggota dari Gorosei. Ada beberapa hal menarik yang dihadirkan oleh Oda Sensei terkait hal ini. Misalnya, apa yang diucapkan oleh Sengoku di akhir pertempuran Marineford. Sengoku menyebutkan bahwa dia yang akan bertanggung jawab atas permintaan dari Shanks.

Hal tersebut tentunya dirasa sangat aneh. Mengapa? Bagaimana mungkin seorang pemimpin angkatan laut kemudian mau mengambil tanggung jawab dari apa yang dilakukan oleh seorang bajak laut yang merupakan musuh mereka. Meskipun mungkin alasan kemanusiaan bisa jadi alasan, namun alasan lainnya yang lebih masuk akal adalah Sengoku mengenal Shanks bukan sosok biasa. Dia adalah sosok yang harus dihormati.

Kemudian, saat Reverie berlangsung Shanks bisa dengan mudah masuk menuju Mary Geoise. Bahkan, dia bisa pergi untuk bertemu dengan para Gorosei lain. Padahal, hanya kalangan tertentu saja yang diizinkan untuk masuk ke sana. Bahkan, tidak semua kaum naga langit bisa masuk untuk bertemu Gorosei. Seperti yang disebutkan di atas, jika hanya mengandalkan reputasinya sebagai Yonko atau bajak laut rasanya hal itu mustahil.

Dan detail menarik juga adalah salah satu Gorosei seolah menganggap Shanks setara dengan mereka. Kemudian, dalam booklet “One Piece 4 Billion” disebutkan jika Shanks berasal dari sebuah keluarga bernama “Fearland”  atau “Figarland”. Sayangnya, bookletnya sendiri tidak memberikan informasi detail mengenai keluarga Shanks tersebut. Booklet tersebut juga memperlihatkan bagaimana Shanks disembunyikan dalam peti di God Valley sebelum ditemukan oleh Roger.

Ayah Shanks Tewas di God Valley

Eiichiro Oda mungkin menghadirkan salah satu formula cerita yang umum muncul dalam manga atau anime, di mana orang tua dari sang karakter diceritakan meninggal dunia atau menghilang sebelum mereka dewasa. Ini juga yang mungkin terjadi kepada Shanks – selain terjadi kepada Luffy. Teorinya menyebutkan jika ayah dari Shanks kemungkinan tewas di God Valley. Siapa pembunuhnya? Diduga adalah Rocks D. Xebec.

Dari informasi yang diketahui, salah satu alasan mengapa kemudian Rocks pergi ke God Valley adalah karena dia ingin menghabisi para kaum naga langit. Saat itu, dia diduga sudah berhasil menghabisi beberapa diantaranya. Dan salah satunya kemungkinan adalah ayah dari Shanks. Siapa kemudian ayah dari Shanks yang tewas tersebut? Meskipun belum ada konfirmasinya, tetapi diduga nama ayah Shanks adalah Saint Figarland Mars.

Spekulasi tersebut bukan tanpa alasan. Teorinya menjelaskan bahwa di chapter kemarin diketahui jika nama dari salah satu Gorosei adalah Saint Jaygarcia Saturn, yang diadaptasi dari nama Spanyol. Ada kemungkinan jika nama Gorosei lainnya juga terdapat unsur Spanyol, termasuk ayah Shanks. Pasca kematian dari ayah Shanks, sang anak kemudian diselamatkan dengan cara disembunyikan dalam sebuah peti. Setelah itu, Roger kemudian menemukannya.

Setelah kematian ayah dari Shanks, seseorang tentunya perlu untuk mengisi kekosongan tersebut. Teori ini juga menjelaskan jika kemungkinan salah satu dari Gorosei yang ada saat ini juga merupakan bagian dari keluarga Figarland sebagai penerus ayah Shanks. Gorosei yang berkepala plontos diduga adalah sosok yang dimaksud. Bagaimana dia selalu berbicara tentang keseimbangan dianggap mirip dengan sosok Shanks.

Setting Cerita Pertempuran Shanks vs Blackbeard

Jika kemudian teorinya sendiri terbukti, maka ini akan jadi hal yang menarik terutama terkait spekulasi pertarungan antara Shanks menghadapi Blackbeard. Pertarungan yang terjadi diantara mereka bukan hanya pertarungan biasa, namun melibatkan sisi emosional dari keduanya. Pertarungan tersebut mungkin akan jadi momen balas dendam dari sosok Shanks terhadap Rocks D. Xebec.

Seperti yang diketahui, Blackbeard diduga kuat adalah penerus dari semangat Rocks D. Xebec. Semua hal yang diperlihatkan dari sosok Blackbeard dianggap mirip dengan apa yang terjadi pada Rocks dahulu. Dengan Rocks yang jadi pelaku pembunuh ayah Shanks, dan Blackbeard kemudian melanjutkan tekadnya, maka wajar jika kemudian pertarungan mereka akan jadi emosional dan epik.

Pertarungannya sendiri kemungkinan masih belum akan terjadi dalam waktu dekat. Hal ini mengingat mereka berdua sedang bertempur menghadapi bajak laut lain. Meskipun begitu, Oda Sensei sendiri mungkin baru akan menghadirkan ceritanya pasca apa yang terjadi sekarang. Apakah kemudian Shanks akan mampu membalas dendam kematian ayahnya? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.