Sebagai pihak yang sudah berkuasa di seluruh dunia One Piece selama ratusan tahun wajar jika kemudian World Government memiliki berbagai fasilitas lengkap dan epik untuk memenuhi berbagai keperluan mereka. Fasilitas tersebut mulai lab penelitian bahkan hingga penjara. Seperti yang Geeks ketahui jika World Government memiliki kuasa yang sangat besar.

Mereka adalah hasil gabungan 20 kerajaan yang dahulu sempat terlibat dalam sebuah peristiwa besar. Sejak saat itu juga mereka kemudian mulai menjadi pihak yang menguasai seluruh dunia. Sebagai bukti mereka adalah pihak yang berkuasa World Government memiliki fasilitas epik dan lengkap yang sengaja mereka bangun agar berbagai keperluan mereka terpenuhi. Lalu, apa saja berbagai fasilitas milik Wold Government?

Pulau Egghead

Pulau Egghead adalah pulau baru yang diperkenalkan dalam cerita One Piece. Bahkan, Egghead juga jadi setting alur cerita yang masih berjalan sampai sekarang. Pulau ini dipimpin oleh sosok ilmuwan paling cerdas di dunia yaitu Vegapunk. Ada banyak hal menarik yang muncul di pulau ini. Misalnya, teknologi yang digunakan benar-benar canggih. Pulau ini merupakan tempat bagi seluruh kegiatan riset dari sosok jenius di dunia Vegapunk.

Pulau Egghad sendiri terletak di wilayah New World. Kondisi cuacanya sangat ekstrem, di mana seluruh wilayahnya tertutup salju. Meskipun begitu, karena teknologi yang digunakan sangat canggih cuaca di dalam pulaunya justru lebih hangat. Nama pulau ini pertama kali muncul di chapter 1060, ketika pihak angkatan laut melaporkan kepada markas pusat bahwa Koby diculik Blackbeard. Dan mereka sendiri hendak berlabuh di pulau Egg Head.

Punk Hazard

Sebelum Vegapunk melakukan berbagai riset dan menciptakan banyak hal hebat di pulau Egghead, dia sempat memanfaatkan pulau lainnya yang disebut sebagai Punk Hazard. Pulau ini jadi pulau pertama yang disinggahi kru Topi Jerami saat mulai masuk wilayah New World. Dengan dipenuhi oleh sejarah kelam dan juga berbagai hal buruk lainnya, Punk Hazard memang menjadi salah satu pulau dan fasilitas World Government yang buruk.

Diperlihatkan pulau tersebut sebagian tertutupi oleh api dan sebagian lainnya tertutupi oleh es. Setelah Vegapunk, pulau tersebut dikuasai oleh Caesar Clown, seorang ilmuwan gila yang sudah sejak lama melakukan berbagai tindakan mengerikan. Banyak penelitian ilegal dan mengerikan terjadi di fasilitas ini, seperti riset tentang bom kimia. Bahkan, proyek untuk melahirkan kembali suku raksasa sempat dilakukan di fasilitas ini.

Enies Lobby

Enies Lobby merupakan sebuah tempat yang “sakral” di dunia One Piece. Ini menjadi salah satu dari berbagai tempat yang dikendalikan penuh atau berada di bawah kekuasaan penuh World Government. Enies Lobby sendiri pada awalnya merupakan penghubung bagi pulau Marineford dan juga penjara Impel Down. Enies Lobby pertama kali muncul dalam cerita ketika pihak CP9 mencoba untuk menangkap Nico Robin.

Mereka sempat melakukan negosiasi di Water Seven, yang mana akhirnya Robin setuju untuk ditangkap. Namun, mengetahui hal ini, Luffy dan kru Topi Jerami pun melakukan upaya penyelamatan. Pertempuran pun terjadi sampai kemudian Buster Call diaktifkan di Enies Lobby. Meskipun begitu, nasib Enies Lobby berbeda dengan Ohara. Jika Ohara hancur akibat serangan tersebut, Enies Lobby masih bisa selamat.

Impel Down

Dikenal sebagai “penjara bawah air yang terhebat” Impel Down merupakan penjara terbesar dan paling mengerikan yang ada di dunia One Piece. Impel Down menjadi penjara bagi semua jenis penjahat, mulai dari kriminal kelas ringan sampai penjahat kelas berat dan bahkan bajak laut paling kejam. Bahkan, di sini pula orang-orang yang dianggap ancaman oleh World Government dikurung.

Impel Down sempat menjadi tempat yang dikunjungi Luffy sebelum perang puncak di Marineford dimulai. Pada saat itu, Luffy sengaja pergi ke Impel Down untuk membebaskan Ace. Fakta yang menarik tentang penjara ini adalah Morley merupakan orang pertama yang berhasil kabur dari Impel Down. Namun, tidak ada orang yang mengetahuinya. Baru Shiki yang kemudian berhasil kabur dari Impel Down dan diketahui oleh orang-orang sebelum Luffy dan yang lain.

Marineford

Marineford merupakan sebuah pulau yang besar di mana pulau ini kemudian jadi markas utama angkatan laut. Pulau ini berisi berbagai fasilitas angkatan laut, seperti tempat tinggal bagi keluarga pasukannya dan bahkan rumah sakit. Lokasi dari Marineford sendiri berada di dekat kepulauan Sabaody dan dekat dengan Mary Geoise. Sayangnya, Marineford kemudian harus hancur dalam pertempuran puncak.

Dalam momen tersebut Whitebeard berhasil membelah tanah pulau tersebut menjadi dua demi memberikan celah bagi anak buahnya untuk bisa kabur. Sementara, Blackbeard kemudian yang menghancurkan tempatnya. Pasca pertempuran tersebut lokasi dari markas angkatan laut sendiri kemudian dipindah di wilayah Red Line yang bersebelahan dengan wilayah Mary Geoise. Namun, Marineford tetap jadi basis angkatan laut.

World Government benar-benar menjadi penguasa penuh bagi berbagai fasilitas di atas. Melalui berbagai fasilitas tersebut World Government tumbuh menjadi sebuah kekuatan besar yang dahsyat dengan berbagai sumber daya yang luar biasa. Berbagai fasilitas ini juga menjadi salah satu elemen yang menarik yang dihadirkan dalam cerita One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.