Aktor Jonathan Majors baru saja mengulang perannya sebagai salah satu varian Kang the Conqueror di film terbaru MCU yang berjudul Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Menariknya, dua credit scene dari film Quantumania sendiri secara tidak langsung telah memperkenalkan lebih banyak varian Kang ke MCU. Di mana masing-masing dari mereka ternyata mempunyai kisah dan keunikannya sendiri, beberapa di antaranya bahkan dipersiapkan untuk memberikan kejutan pada masa mendatang. Berikut ini para varian Kang dari Jonathan Majors yang sejauh ini telah menampakkan batang hidungnya di MCU!

He Who Remains

Sebagai varian Kang pertama yang melakukan debutnya di MCU, He Who Remains dikenal sebagai dalang dari semua peristiwa di serial Loki season 1 bahkan mungkin seluruh kejadian di Infinity Saga. Hal tersebut bisa terjadi karena menurut He Who Remains, dialah bos sesungguhnya dari Time Variance Authority yang telah mengakhiri perang multiverse antara varian Kang sebelumnya, dengan mengisolasi Sacred Timeline dan menghapus berbagai cabang timeline agar multiverse tidak muncul kembali. Kisahnya He Who Remains berakhir di tangan Sylvie yang membunuhnya di ending Loki, sehingga sekarang multiverse akhirnya kembali terbebas, begitu juga dengan para Kang yang konon lebih kejam darinya.

Bos Baru TVA

Tidak lama setelah Sylvie membunuhnya, ternyata klaim He Who Remains sebelumnya yang mengatakan ‘kematiannya hanya akan mendatangkan varian yang lebih kejam dan haus kekuasaan,” benar-benar langsung terbukti di ending Loki. Di mana sang God of Mischief Loki melihat dengan mata kepalanya sendiri bahwa sekarang TVA telah dipimpin oleh varian Kang lain yang tampaknya lebih percaya diri dari He Who Remains. Hal ini dibuktikan dengan patung raksasanya yang terpampang di markas TVA. Meskipun mempunyai penampilan yang mirip seperti varian Kang di Quantumania, faktanya bos baru TVA ini adalah orang yang berbeda dan kemungkinan besar akan kembali di Loki season 2.

Kang the Exile

Dari dua Kang yang sudah terungkap di serial Loki, sekarang kita beralih ke varian lainnya yang baru saja diperkenalkan di film Quantumania. Kang yang satu ini adalah varian yang sengaja diasingkan ke Quantum Realm oleh varian Kang lainnya. Itulah mengapa akhirnya dia dikenal sebagai Kang the Exile, yang malah menjadi penguasa di Quantum Realm. Kedatangan keluarga Ant-Man ke Quantum Realm sendiri secara tidak langsung telah membantunya mengembalikan Multiversal Power Core yang selama ini dia butuhkan untuk menyerang universe lain dengan kekaisaran barunya. Untungnya, sebelum itu terjadi Ant-Man bersama Wasp berhasil mengalahkannya sekaligus menghancurkan Power Core-nya.

Victor Timely

Meskipun Kang the Exile mati di ending filmnya, tetapi credit scene Quantumania telah memperkenalkan varian lain yang tidak kalah mengancam. Salah satunya yang paling menarik adalah Victor Timely, yang sebelumnya memang sempat dirumorkan akan menjadi villain di serial Loki season 2. Di komiknya sendiri Victor Timely memang terkenal sebagai varian yang sengaja pergi ke awal abad 20 dan kemudian menjadi penemu terkenal sekaligus wali kota di Kota Timely, Amerika. Dialah varian Kang yang akhirnya jadi pionir teknologi robot di muka Bumi. Adegan credit scene-nya sendiri mengindikasikan bahwa dia akan menjadi ancaman bagi sang God of Mischief di Loki season 2 nanti.

Council of Kangs

Selain memperkenalkan Victor Timely yang akan kembali di Loki season 2, credit scene Quantumania lainnya juga telah memperlihatkan eksistensi Council of Kangs di multiverse MCU. Perkumpulan para varian Kang ini dipmpin oleh tiga varian Kang yang mirip seperti Immortus, Rama-Tut, dan Scarlet Centurion di Marvel Comics. Berdasarkan pernyataan varian yang mirip Immortus, semua varian Kang ini cepat atau lambat akan kembali muncul di berbagai kisah MCU, karena sekarang mereka telah menyatakan perang terhadap para superhero yang mengetahui keberadaan multiverse. Ke depannya kemungkinan tidak akan ada satu pun peristiwa MCU yang luput dari Kang the Conqueror.

Itulah para varian Kang yang sejauh ini sudah diperkenalkan di MCU, mulai dari He Who Remains sampai Council of Kangs yang jumlahnya sangat banyak. Sejauh ini masih belum diketahui secara pasti kapan para varian Kang ini akan kembali muncul di MCU, selain Victor Timely yang akan segera menampakkan dirinya di serial Loki season 2 pada akhir tahun ini. Kita nantikan saja ya, Geeks, seperti apa keseruan yang akan disebabkan oleh para varian Kang ini. Bukan tidak mungkin juga kita akan melihat lebih banyak lagi varian Kang baru pada masa mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.