Meskipun Son Goku dikenal sebagai karakter kuat dalam cerita Dragon Ball, namun ternyata masih ada beberapa karakter yang belum mampu untuk Goku kalahkan. Sosok Son Goku dikenal sebagai petarung terkuat di bumi yang diperlihatkan selalu berhasil menjadi penyelamat. Banyak momen di mana Goku rela mengorbankan dirinya untuk melindungi bumi.

Contohnya adalah ketika Goku berhasil melindungi bumi dari serangan Raditz, Vegeta, dan bahkan Cell serta Buu. Sejauh ini, Goku memang pernah diperlihatkan kalah. Namun, setiap kali kekalahan terjadi dia selalu kembali berlatih dan akhirnya berhasil mengalahkan sang musuh. Meskipun begitu, ternyata ada beberapa karakter yang dianggap masih belum mampu untuk Goku kalahkan setidaknya untuk saat ini. Siapa saja?

Granolah

Di awal arc Granolah the Survivor, Granolah sudah menyampaikan keinginannya kepada Toronbo, sang Eternal Dragon dari planet Cereal, untuk menjadi petarung paling kuat di Universe 7. Meskipun Toronbo mengatakan hal itu tidak mungkin terjadi, namun Toronbo membuat Granolah jadi sangat kuat dengan mengorbankan usianya. Peningkatan kemampuan dari Granolah kemudian dibuktikan saat dia bertarung melawan Vegeta dan Goku.

Sejauh ini, Goku masih belum mampu menang menghadapi Granolah meskipun dia sudah menggunakan Ultra Instinct dan berhasil mengajarnya beberapa kali. Bahkan, Goku hampir saja kalah dan tewas saat bertarung menghadapi Granolah. Jika bukan karena kemunculan Gas yang juga jadi petarung terkuat untuk menyaingi Granolah, Goku mungkin tidak akan selamat dan fakta yang sebenarnya tidak akan pernah terungkap.

Broly

Geeks mungkin heran mengapa kemudian Broly masuk dalam daftar. Seperti yang Geeks ketahui, Broly memang berhasil dikalahkan oleh Goku. Namun, yang jadi catatan adalah Goku tidak mengalahkannya sendiri. Dia harus bekerja sama dengan Vegeta dan menggunakan teknik fusion untuk mengimbanginya. Bahkan, mereka hampir saja tidak mampu mengimbangi dan bahkan mengalahkan Broly.

Berdasarkan hal tersebut rasanya cukup masuk akal jika kemudian Goku dirasa tidak akan mampu untuk menghadapi sang Super Saiyan Legendaris sendirian. Apalagi, ketika Broly berada dalam kekuatan puncaknya. Goku bahkan sempat menyatakan jika Broly mungkin jauh lebih kuat dari Beerus. Namun, tentunya hanya tinggal masalah waktu sebelum Goku berada di titik yang sama dengan Broly atau mungkin bahkan mampu melampauinya.

Gohan

Di hampir banyak judul atau cerita Dragon Ball, karakter Gohan selalu dikesampingkan atau jadi salah satu karakter yang underrated. Hal ini terjadi karena kreator seriesnya, Akira Toriyama, lebih sering berfokus pada sosok Vegeta atau Goku. Banyak fans yang menyayangkan hal ini padahal Gohan memiliki potensi besar. Namun, hal ini berubah setelah penayangan film Dragon Ball Super: Super Hero.

Gohan sekarang dianggap mengalami peningkatan kekuatan paling besar di sepanjang sejarah seriesnya. Hal ini berkat transformasi baru miliknya yaitu Gohan Beast. Transformasi ini dianggap sebagai yang terkuat dari seluruh seriesnya. Yang menarik juga adalah dalam sebuah wawancara untuk promosi filmnya Akira Toriyama menyebutkan jika Gohan adalah karakter terkuat di seluruh seriesnya.

Angels

Dalam series Dragon Ball Super, Akira Toriyama memperkenalkan sebuah beberapa karakter baru seperti Whis, Merus, dan nama-nama lainnya. Mereka ternyata adalah bagian dari bangsa Angels. Bangsa ini berbeda dari Saiyan atau bangsa kuat lainnya. Diketahui jika para Angels memang mengabdi kepada sang penguasa yaitu Zen-o. Meskipun mereka nampak begitu tenang, namun mereka memiliki kekuatan dahsyat.

Hal ini diketahui saat Whis melatih Goku teknik Ultra Instinct. Goku bahkan tidak mampu melayangkan satu pukulan pun ke arah Whis, bahkan hingga saat ini. Bukti kedahsyatan lainnya dari para Angels adalah mereka yang melatih Dewa Kehancuran di masing-masing universe. Artinya kekuatan mereka sangatlah luar biasa. Sayangnya, memang para Angels memiliki aturan ketat seperti tidak boleh terlibat atau ikut campur dalam berbagai urusan yang terjadi di bumi atau yang lainnya. Karena itu, mereka sangat jarang bahkan hampir tidak pernah diperlihatkan bertarung.

Beerus

Beerus adalah Dewa Kehancuran (God of Destruction) dari Universe 7 dan merupakan Dewa Kehancuran paling kuat di seluruh universe Dragon Ball. Sebagai seorang Dewa Penghancur, Beerus juga mempelajari teknik Ultra Instinct. Whis, asistennya, menjadi mentor dari Beerus untuk mempelajari teknik ini. Namun, level penguasaan Beerus terhadap Ultra Instinct berbeda dengan Goku.

Di awal cerita Dragon Ball Super, Beerus sempat mengancam akan menghancurkan bumi. Goku kemudian berusaha menghadapi Beerus terkait hal ini, namun ternyata Goku tidak sanggup untuk mengalahkan Beerus dalam duel. Untungnya, Beerus mengampuni Goku. Sampai saat ini, Goku dan bahkan Vegeta masih belum sanggup untuk bisa mengalahkan Beerus meskipun sudah berusaha sekuat tenaga.

Black Frieza

Karakter Black Frieza adalah kejutan baru yang muncul dalam cerita Dragon Ball Super. Tidak ada yang menyangka jika villain ikonik ini akan kembali muncul. Black Frieza sendiri diperkenalkan di akhir arc Granolah, di mana setelah Goku dan Vegeta sulit untuk mengalahkan Gas sosok yang tidak terduga kemudian muncul. Justru, sosok tersebut yang kemudian berhasil mengalahkan Gas dengan hanya satu pukulan saja.

Dia adalah Black Frieza, yang merupakan hasil transformasi Frieza selama 10 tahun di dalam Hyperbolic Time Chamber. Goku dan Vegeta sendiri sempat berusaha untuk mengalahkan Black Frieza. Sayangnya, kemampuan mereka lagi-lagi tidak berdaya di hadapan musuh kuat seperti Black Frieza. Para fans sendiri sekarang penasaran dengan kekuatan penuh dari Black Frieza, yang bahkan mampu mengalahkan Gas dengan hanya beberapa pukulan.

Zeno

Karakter yang belum mampu Goku kalahkan yang terakhir adalah Zeno. Dalam cerita Dragon Ball Super, kita diperkenalkan bahwa sosok Zeno adalah pemimpin dari seluruh alam raya ini. Bisa dibilang Zeno adalah “dewa” di universe Dragon Ball. Dialah yang mengatur, menciptakan, atau bahkan menghancurkan sebuah universe atau alam raya sesuka hatinya. Sebagai sosok dewa dari seluruh alam raya, wajar jika kemudian dia memiliki kekuatan yang sangat dahsyat meskipun penampilan dan perilakunya seperti anak kecil.

Hampir seluruh makhluk kuat – seperti para Dewa Penghancur atau Angels – takluk dan patuh terhadap Zeno. Sejauh ini, Toriyama Sensei belum memperlihatkan kehebatan Zeno dalam bertarung. Kita juga tidak tahu apakah Zeno memang memiliki kemampuan untuk bertarung. Namun, kecil kemungkinan Goku untuk bisa menang menghadapi Zeno meskipun dia berlatih untuk bertahun-tahun lamanya.

Goku, meskipun sering kali diperlihatkan menang dan sanggup mengalahkan musuh kuat, nyatanya bukan sosok karakter paling kuat di multiverse tersebut. Konsep cerita dalam series Dragon Ball akan selalu menghadirkan karakter yang jauh lebih kuat dari Goku, seperti yang diperlihatkan dari contoh di atas. Butuh upaya yang jauh lebih keras dari Goku untuk bisa menandingi para karakter tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.