Pulau para raksasa, Elbaf, dalam cerita One Piece kemungkinan adalah wilayah kekuasaan dari Shanks yang mana membuatnya jadi pelindung pulau tersebut. Pulau Elbaf merupakan salah satu pulau yang muncul dan diperkenalkan dalam ceritanya. Sejauh ini, meskipun sering disebutkan dalam cerita namun Oda Sensei masih belum banyak memberikan informasi terkait pulaunya.

Banyak fans yang berharap jika Elbaf akan jadi pulau selanjutnya yang akan dikunjungi oleh kru Topi Jerami pasca negara Wano. Namun, kemudian Oda menghadirkan kejutan di mana mereka justru pergi ke pulau lain. Sedangkan, kelompok bajak laut lainnya yang pergi ke pulau tersebut. Berkaitan dengan pulau Elbaf ada sebuah teori menarik di mana sosok Shanks diduga adalah pelindung pulau tersebut.

Elbaf Wilayah Kekuasaan Shanks

Disadari atau tidak di sepanjang cerita One Piece sosok Shanks jadi satu-satunya Yonko yang masih belum diketahui di mana wilayah kekuasaannya. Bahkan, kita juga tidak tahu apakah Shanks memiliki sebuah wilayah kekuasaan. Seperti yang pernah dibahas dalam artikel sebelumnya, salah satu syarat menjadi seorang Yonko atau salah satu dari empat penguasa samudra adalah memiliki wilayah kekuasaan.

Selain kekuatan yang dahsyat, Yonko juga terlibat dalam sistem politik yang ada di bawah World Government. Dan wilayah kekuasaan termasuk di dalamnya. Masing-masing Yonko memiliki wilayah kekuasaan yang berada di bawah naungan nama mereka. Biasanya, wilayah-wilayah yang tidak sanggup untuk melindungi diri mereka sendiri dari ancaman akan meminta bantuan para Yonko dengan mengajukan imbalan.

Contohnya adalah sebelum tewas Whitebeard sempat menjadi pelindung pulau manusia ikan. Namun, kemudian Big Mom mengambil alih wilayah tersebut pasca kematiannya. Dalam arc pulau manusia ikan Luffy pun kemudian “merebut” kembali pulau tersebut dengan mengatakan bahwa pulaunya berada dalam kekuasaanya. Dan Wano adalah yang paling baru. Blackbeard memiliki wilayah kekuasan di pulau Hachinosu, yang juga menjadi markas mereka.

Buggy juga ternyata memiliki wilayah kekuasaan di New World yang bernama Karai Bari. Pulau tersebut memiliki sebuah kota yang bernama Buggy Town. Bagaimana dengan Shanks? Sampai sekarang, Oda Sensei masih belum memberikan informasi apa pun terkait dengan wilayah kekuasaan Shanks. Meskipun begitu, banyak fans yang menduga jika pulau Elbaf sebenarnya adalah wilayah kekuasaan dari Shanks.

Petunjuk Yang Ada

Lalu, apa saja hal yang dianggap sebagai bukti jika Elbaf adalah wilayah yang berada di bawah perlindungan Shanks? Teorinya sendiri menyebutkan ada beberapa poin menarik yang kemudian muncul, misalnya ada kesamaan tema antara para penduduk pulau Elbaf dan juga Shanks. Berdasarkan dari apa yang diperlihatkan oleh Eiichiro Oda sejauh ini tentang suku raksasa di pulau Elbaf, banyak yang meyakini jika Oda Sensei terinspirasi dari para penjelajah Viking.

Selain itu, mereka juga meyakini jika karakter Shanks sebenarnya terinspirasi dari bajak laut asli yang berasal dari Norwegia, yaitru Rackam “Calico” Jack dan Erik the Red. Hal ini berdasarkan adanya beberapa hal yang sama antara Jack dan Shanks yang bisa dilihat dari gambar bajak lautnya. Sedangkan untuk elemen Erik the Red yang menginspirasi Shanks adalah penampilannya dan juga kapalnya.

Erik the Red memiliki rambut berwarna merah, dan Shanks juga memiliki rambut yang sama. Kemudian kapal milik Erik yang disebut Drekar, yang memiliki aksen naga, mirip dengan apa yang ada di kapal Shanks. Hanya saja kapal Shanks tidak memiliki dayung. Shanks juga dianggap terinspirasi dari dewa mitologi Nordik, God Tyr. Selain dari kemungkinan bahwa ada kesamaan tema antara para raksasa dan kru Shanks, para raksasa juga mungkin menganggap Shanks adalah sosok yang baik seperti halnya Usopp.

Shanks memiliki nilai atau value yang sama dengan para raksasa yang mungkin akhirnya mereka mau menerima Shanks sebagai pelindung mereka. Petunjuk yang paling baru muncul di chapter 1076. Dalam chapter tersebut diperlihatkan bagaimana Shanks nampak akrab dan berkumpul dengan para suku raksasa seperti Dory, Broggy, dan yang lain. Artinya, para raksasa itu menerima sosok Shanks dan krunya dan ini bisa juga jadi petunjuk terkait Shanks yang jadi pelindung Elbaf.

Akan Habisi Kid

Sebagai pelindung dari pulau Elbaf, Shanks mungkin akan rela melakukan apa pun termasuk menghabisi sosok Eustass Kid. Dalam chapter 1076 diketahui jika Kid akhirnya tiba di lepas pantai pulau Elbaf. Kita masih belum tahu apa yang akan terjadi selanjutnya, apa yang akan dilakukan Kid di pulau tersebut, dan apa yang mereka cari. Meskipun begitu, yang pasti pertarungan besar akan terjadi.

Pertarungan besar yang mungkin terjadi adalah Eustass Kid melawan Shanks dan krunya atau mungkin Kid berhadapan dengan Shanks dan seluruh pulau Elbaf. Ada beberapa alasan mengapa hal ini kemungkinan besar terjadi. Pertama, Kid adalah bajak laut yang gemar membuat onar. Berbeda dengan Luffy, Kid adalah sosok bajak laut yang memang sering bertarung atau bertempur.

Hal ini bisa diketahui dari reputasinya yang sudah menghabisi banyak nyawa tidak bersalah dan menghancurkan berbagai pulau. Artinya, bukan hal mustahil jika kemudian Kid melakukan hal yang sama di Elbaf. Sebagai penjaga pulaunya tentu Shanks tidak akan tinggal diam ketika Kid berbuat onar atau bertindak seenaknya di pulau tersebut yang mana ini akan berujung pada sebuah pertarungan.

Kedua, Kid dan Shanks sudah pernah bertarung sebelumnya saat timeskip terjadi. Sayangnya, Kid harus kalah dan kehilangan sebagian lengannya. Dalam pertemuan kedua ini, mungkin Kid sudah sedikit lebih kuat dari sebelumnya apalagi dia sudah berhasil melakukan awakening. Meskipun begitu, Shanks tentunya tidak akan melemahkan kekuatannya dalam menghadapi Kid. Bahkan, mungkin kita akan melihat kekuatan asli Shanks saat bertarung menghadapi sosok Kid. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.