Siapa sangka jika MODOK ternyata pernah bergabung dengan tim pahlawan Avengers dalam cerita komiknya. Seperti yang Geeks ketahui, jika MODOK merupakan salah satu villain yang akan muncul di film Ant-Man and the Wasp: Quantumania. Hal ini bahkan sudah diketahui sejak perilisan trailer resminya. Diketahui jika MODOK akan jadi villain di film tersebut bersama dengan Kang the Conqueror.

Meskipun MODOK merupakan karakter yang baru muncul di Marvel Cinematic Universe, namun sebenarnya MODOK bukan nama yang asing. Marvel Comics sendiri sering menghadirkan berbagai cerita yang menghadirkan sosok MODOK yang mana hal tersebut menghasilkan berbagai variant dari sang villain. Namun, yang menarik adalah ternyata MODOK pernah tergabung dalam tim Avengers.

MODOK di MCU

Kemunculan sosok MODOK di MCU menjadi salah satu kejutan besar yang dihadirkan oleh pihak Marvel Studios bagi para fans. Seperti yang disebutkan di atas, MODOK pertama kali muncul di MCU dalam film Quantumania. Berbeda dengan versi komik, sosok di balik mesin pembunuh tersebut bukanlah George Tarleton, seorang teknisi yang bekerja dan mengerjakan berbagai proyek penting di lab milik A.I.M.

Sosok yang ada di balik nama MODOK dalam film Quantumania adalah Darren Cross. Jika Geeks ingat, Darren merupakan mantan salah satu ilmuwan dan juga bawahan sekaligus penerus dari Hank Pym. Darren banyak belajar dari Hank dan dia memiliki ambisi yang sangat besar, yaitu mengambil alih kepemilikan Pym Industries. Dia juga berusaha untuk mempelajari kemampuan memanipulasi ukuran milik Hank Pym.

Sayangnya, Darren justru menciptakan kekacauan dengan ambisinya tersebut. Di film Ant-Man pertama diperlihatkan jika Darren kemudian menggunakan identitas Yellow Jacket. Dia menggunakan teknologi yang sama seperti yang digunakan oleh Scott. Di akhir filmnya, Scott berhasil menyabotase teknologi di kostum milik Darren yang membuatnya menghilang dan dianggap sudah tewas.

Namun, ternyata, berdasarkan trailer Ant-Man 3 diketahui jika Darren belum tewas. Dia masuk dan terjebak di Dunia Quantum. Yang lebih dahsyatnya lagi adalah Darren kemudian bertemy dengan Kang the Conqueror. Dengan menggunakan teknologi canggihnya, Kang kemudian merubah Darren menjadi seorang mesin pembunuh yang kemudian dikenal dengan nama M.O.D.O.K. Inilah yang kemudian membuat Kang dan M.O.D.O.K. saling bekerja sama di film Quantumania.

M.O.D.O.K. Komik

Setelah versi MCU, lalu seperti apa M.O.D.O.K. versi komik? Nama M.O.D.O.K. atau Mental Organism Design Only for Killing baru muncul ketika George Tarleton berubah menjadi sosok android yang memiliki kecerdasan tinggi. George merupakan seorang teknisi yang bekerja untuk kelompok kriminal Advanced Idea Mechanics (A.I.M). Pada saat itu, diketahui jika A.I.M. memberikan tugas kepada George untuk melakukan sebuah penelitian yang berkaitan dengan salah satu benda kosmik yaitu Cosmic Cube.

Ironisnya, dalam penelitian tersebut A.I.M. menggunakan George Tarleton untuk menjadi subyek penelitian mereka demi memahami lebih lanjut tentang Cosmic Cube tersebut. Tanpa diduga, ternyata bagaimana mereka menggunakan Tarleton sebagai subyek penelitian berubah menjadi sesuatu yang mengerikan. Tarleton justru bermutasi menjadi sosok dengan kecerdasan yang super tinggi.

Dan yang menarik adalah pada awalnya mutasi yang terjadi kepada George Tarleton diberi nama Mental Organism Designed Only for Computing (M.O.D.O.C.). Sayangnya, pihak A.I.M. akibat sikap burutidak memperlakukan George dengan baik yang mana hal tersebut pada akhirnya menjadi pemicu George menghabisi nyawa seluruh petinggi dari A.I.M. dan mengambil alih organisasi tersebut.

Selain menghabisi para petinggi A.I.M. sosok George Tarleton juga pada akhirnya merubah nama M.O.D.O.C. menjadi Mental Organism Designed Only For Killing alias M.O.D.O.K. Di bawah kendali M.O.D.O.K. yang sangat cerdas, organisasi A.I.M.berubah menjadi lebih mengerikan dan menjadi sebuah ancaman yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Bahkan, organisasi milik pemerintah Amerika, S.H.I.E.L.D., cukup kesulitan untuk bisa menghadapi organisasi kriminal ini dan pernah juga menjadi ancaman bagi para Avengers.

M.O.D.O.K. Jadi Avengers

Berbicara mengenai Avengers, mungkin tidak banyak Geeks yang tahu jika M.O.D.O.K. ternyata pernah bergabung dengan tim Avengers yaitu Secret Avengers meskipun tidak untuk waktu yang lama. Hal ini diperlihatkan dalam cerita komik Secret Avengers Vol. 3. Dalam cerita komiknya, pada awalnya, MODOK berusaha untuk menghancurkan S.H.I.E.L.D. dan juga Maria Hill. Dia dan juga asistennya, Snapper, sudah menyusun rencana sedetail dan seraphih mungkin.

Namun, ketika rencananya sudah mulai berjalan sesuatu yang menarik terjadi. MODOK diperlihatkan jatuh cinta terhadap Maria Hill. Hal ini pun membuatnya berpikir untuk membatalkan terhadap semua rencana yang sudah dia bangun untuk menghabisi Nick Fury, Phil Coulson, dan bahkan Maria Hill. MODOK sendiri sempat kabur ke wilayah Venezuela untuk bertemu dengan seorang dukun demi mencari tahu arti perasaan yang dia miliki terhadap Maria Hill.

Namun, tanpa diketahui oleh MODOK bahwa Snapper sudah melanjutkan rencana besar yang mereka susun sebelumnya. Snapper berhasil menculik Maria Hill. Beberapa anggota Secret Avengers, yaitu Phil Coulson dan Hawkeye, berhasil melacak keberadaannya di Venezuela. Namun, MODOK tahu akan hal itu dan memutuskan untuk menemui mereka.

Bukan hanya itu, MODOK juga membocorkan rencana besar yang sudah dia bangun dan memutuskan untuk bergabung dengan Secret Avengers demi menyelamatkan dunia. MODOK berusaha untuk melacak keberadaan Snapper, namun gagal. Meskipun begitu, dia kemudian menghubungi bosnya tersebut dan membicarakan tentang keberhasilannya menculik Maria Hill. Dia juga memberi tahu di mana lokasinya berada.

Pada akhirnya, pertempuran antara MODOK dan Secret Avengers menghadapi Snapper pun terjadi. Mereka bertempur demi membebaskan Maria Hill. Namun, pada akhirnya, setelah kerja sama dari semua anggota tim dan juga peran dari MODOK semuanya bisa kembali normal. Pasca kejadian tersebut, MODOK memutuskan untuk berlibur di wilayah Ohio, dan dia pun mendapatkan kejutan dari Maria Hill.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.