Spoiler untuk chapter 78 manga Boruto: Naruto Next Generation pada akhirnya mengonfirmasi jika timeskip akan segera terjadi dalam waktu dekat. Para fans dari cerita Boruto saat ini tidak sabar untuk melihat kelanjutan cerita manganya setelah apa yang terjadi sebelumnya. Dalam chapter 77 sendiri diketahui jika Kawaki akhirnya memutuskan untuk pergi dari tempat dia tinggal sementara.

Kawaki frustasi karena dia ingin menghancurkan Momoshiki dan juga seluruh klan Otsutsuki lainnya. Dan di akhir chapternya, kita juga melihat bagaimana Kawaki kemudian menculik Naruto dan juga Hinata serta menyembunyikannya di sebuah dimensi. Di sisi lain, chapter 77 memperlihatkan tentang sosok lawan seimbang bagi Daemon yaitu Himawari. Daemon nampak terkesima dengan Himawari.

Spoiler Boruto Chapter 78

Lalu, apa yang terjadi dalam cerita Boruto chapter 78? Chapter tersebut memiliki judul “Orang Bodoh.” Menurut bocoran yang beredar di jagat media sosial, chapter terbaru ini dibuka dengan kepanikan para shinobi di Konoha yang merasakan jika chakra dari Naruto dan Hinata menghilang. Shikamaru pun mencoba mengonfirmasi apa yang terjadi. Dia kemudian bertanya kepada Eida apakah Kawaki yang melakukannya.

Eida pun membenarkan apa yang ditanyakan oleh Shikamaru. Mengetahui hal tersebut, Shikamaru dan juga Boruto pun langsung bergegas ke tempat di mana Kawaki berada. Eida sendiri kemudian berkata di hadapan Sarada dan Sumire bahwa Kawaki berencana untuk menghabisi lagi nyawa Boruto. Sarada dan Sumire pun langsung bergegas menghentikan Boruto untuk mengejar Kawaki.

Kawaki pun kemudian menyerang Boruto dan mengiyakan tentang apa yang terjadi kepada Naruto dan juga Hinata. Kawaki menjelaskan jika dia menyembunyikan Naruto dan Hinata di sebuah dimensi di mana waktu berhenti. Dia menjelaskan jika Naruto dan Hinata tidak akan bertambah tua atau pun kelaparan. Tetapi, dengan tegas Kawaki menyebutkan jika dia tidak bisa menemui kedua orang tuanya lagi.

Meskipun Boruto berusaha untuk berbicara dengan Kawaki, namun Kawaki tidak peduli dan mulai menyerang Boruto. Menurutnya, Boruto sekarang sudah menjadi seorang Otsutsuki. Sarada kemudian muncul di tengah-tengah pertarungan. Kawaki sudah memberi peringatan untuk meminta Sarada pergi atau dia juga akan jadi korban. Namun, Sarada menolaknya dengan alasan dia adalah Hokage masa depan.

Chapternya kemudian memperlihatkan momen di mana Kawaki berusaha menyerang Sarada. Namun, Boruto kemudian berhasil menyelamatkan Sarada. Namun, yang tidak diduga adalah akibat Boruto menyelamatkan Sarada dari serangan Kawaki tersebut bagian mata kanannya harus terluka. Yang menarik adalah luka di mata kanan Boruto sangat mirip seperti yang kita lihat di awal cerita.

Shikamaru, Konohamaru, Mitsuki, dan bahkan Sasuke juga ikut muncul di tengah-tengah pertarungan. Mereka berhasil menghentikan Kawaki. Sasuke bahkan mengancam akan menghabisi nyawa Kawaki jika dia mencoba untuk memberontak. Momen tidak terduga lainnya kembali terjadi di mana Momoshiki kembali muncul. Dan yang menarik adalah dia justru membantu Kawaki dengan menyuruhnya pergi.

Kemunculan Momoshiki ini ternyata untuk memberikan peringatan kepada Boruto, jika semua hal yang dia miliki akan hilang. Ramalan yang sebelumnya Momoshiki ucapkan tentang orang-orang yang dia cintai akan menghilang dan Boruto akan menghancurkan semuanya perlahan mulai terjadi. Di panel terakhir Momoshiki mengatakan bahwa akhir bagi Boruto sudah dimulai.

Spekulasi

Apa yang dihadirkan pada chapter 76 ini seolah menjadi indikasi jelas jika timeskip sudah akan terjadi dalam waktu dekat, apalagi berbagai petunjuk pun sudah mendukungnya. Chapter 77 dan 78 menjadi awal mula untuk dimulainya timeskip tersebut. Dimulai dengan Kawaki yang menculik Naruto dan juga Hinata serta menyembunyikan mereka di sebuah dimensi khusus.

Kemudian, di chapter 78 ini kita akhirnya tahu apa yang sebenarnya terjadi kepada Boruto dan matanya pada masa depan. Dan yang paling penting adalah bagaimana kemudian kemunculan Sasuke ini bisa jadi pertanda buruk bagi sang karakter. Dalam cerita di awal seriesnya diperlihatkan jika Boruto memiliki pedang dan juga jubah milik Sasuke. Dengan apa yang terjadi sekarang, artinya bukan tidak mungkin jika Sasuke juga akan tewas di tangan Kawaki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.