Salah satu satelit dari Vegapunk, Shaka, akhirnya mengungkapkan siapa sosok pengkhianat di pulau Egghead dalam chapter terbaru manga One Piece. Menurut Shaka, kemungkinan jika pengkhianat tersebut adalah salah satu dari mereka. Dalam chapter 1074 kemarin, kita melihat bagaimana Phytagoras harus mengalami nasib buruk di mana dia terkena ledakan yang tidak terduga di salah satu sudut lab.

Saat itu, Phytagoras sedang mencari keberadaan sosok Vegapunk yang asli. Namun, tiba-tiba ledakan muncul yang membuat Phytagoras terhempas. Bukan hanya itu, berbagai kejanggalan lainnya juga muncul di pulau Egghead seperti sistem pertahanan yang tiba-tiba tidak berfungsi. Hal tersebut memunculkan spekulasi jika ada pengkhianat diantara mereka. Dan di chapter terbaru ini Shaka akhirnya mengungkapkan siapa pengkhianatnya.

“Vegapunk” Adalah Pengkhianatnya

Yang menarik adalah Shaka mengungkapkan jika “Vegapunk” kemungkinan adalah pelaku yang sudah melakukan semua hal mengerikan. Dalam chapter 1075 diperlihatkan bagaimana situasi di pulau Egghead semakin kacau dengan Seraphim yang menyerang mereka tanpa terkendali. Luffy dan Zoro bahkan sampai harus pergi dari tempat mereka berada, karena mereka diserang oleh S-Hawk dan S-Shark.

Di sisi lain, York sendiri sedang bersama dengan bersama dengan Lillith, Franky, dan Usop, di mana mereka bertemu dengan S-Snake. York mencoba untuk mendekatinya, namun dia kemudian berubah menjadi batu karena kekuatannya. S-Snake kemudian berusaha menyerang yang lain, namun beruntung mereka semua mampu menghindar tepat waktu dengan melompat ke bawah.

Yang menarik adalah pasca momen ledakan di tempat Phytagoras berada, semua sistem komunikasi terputus. Gambar kamera pengawas tiba-tiba mati satu persatu, yang mana kemudian membuat Shaka menyatakan bahwa ada seseorang yang tidak dikenal di lab tersebut. Dan kemudian, ketika Shaka gagal untuk memerintahkan S-Shark dan S-Hawk untuk berhenti menyerang mereka dia pun muncul dengan satu kesimpulan.

Menurutnya, pihak yang kemudian memberikan perintah kepada Seraphim untuk menyerang mereka semua kemungkinan adalah “Vegapunk” juga. Apa maksud dari Shaka? Apakah artinya sosok Vegapunk sudah mengkhianati Luffy dan yang lain? Atau justru ada salah satu dari satelit Vegapunk yang justru berkhianat?

Siapa “Vegapunk” Yang Dimaksud

Masih jadi pertanyaan besar tentang siapa sosok pengkhianat yang sudah menghancurkan dan merusak semua hal yang ada di pulau Egghead. Namun, apa yang diungkapkan oleh Shaka bisa menjadi petunjuk utama untuk menemukan siapa sosok pengkhianat tersebut yang ternyata adalah “Vegapunk” juga. Apakah salah satu dari satelit yang sudah muncul adalah pelakunya?

Kecil kemungkinan jika salah satu dari enam satelit Vegapunk yang sudah muncul dalam cerita adalah pengkhianat yang dimaksud oleh Shaka. Mereka semua terbagi dalam empat kelompok dan berbaur bersama kru Topi Jerami. Jika mereka melakukan hal aneh seperti memerintahkan untuk menghancurkan yang lain, kru Topi Jerami pasti sudah mengetahui dan curiga akan hal itu.

Satu spekulasi yang cukup masuk akal menjawab pertanyaan di atas adalah kemungkinan Oda Sensei masih menyembunyikan satu satelit lainnya dari Vegapunk yang mungkin belum diperkenalkan kepada para fans. Sejauh ini, Oda memperkenalkan enam satelit Vegapunk dalam ceritanya. Banyak fans berpendapat jika keenam satelit tersebut terinspirasi dari apa yang disebut sebagai “Seven Deadly Sins” atau “Tujuh Dosa Besar” umat manusia.

Dengan asumsi Oda Sensei memang terinspirasi dari hal itu, artinya masuk akal jika kemudian ada satu satelit lainnya yang belum diperkenalkan dalam cerita. Dan juga satelit Vegapunk misterius itu juga yang bisa jadi adalah sosok “Vegapunk” yang dicurigai oleh Shaka. Ucapan Shaka tersebut seolah jadi petunjuk besar dari teka-teki ini, yang tentunya akan sangat menarik jika memang terbukti.

Spekulasi lainnya adalah Caribou, karakter yang sudah “menumpang” kapal kru Topi Jerami pasca arc Wano. Caribou memang dikenal sebagai sosok yang oportunis, di mana dia selalu memanfaatkan kesempatan untuk keuntungan pribadinya. Hal ini dia lakukan karena level kekuatannya yang tidak terlalu luar biasa. Mungkin, ada maksud tertentu mengapa Caribou melakukan hal tersebut seperti misalnya menculik Vegapunk demi mendapatkan keuntungan dari World Government atau pihak lainnya.

Alasan Berkhianat

Untuk saat ini, kita memang masih belum mengetahui apa alasan pasti sosok “Vegapunk” tersebut berkhianat. Apakah demi uang? Keuntungan pribadi? Atau karena hal lain? Kita juga masih belum tahu siapa sosok pengkhianat yang dimaksud. Namun, kembali, dengan asumsi jika sosok “Vegapunk” yang jadi pengkhianat tersebut adalah satu satelit lainnya yang belum diperkenalkan, maka ada satu alasan yang cukup masuk akal mengapa dia berkhianat.

Alasan tersebut adalah bagaimana satelit Vegapunk tersebut berkembang dengan sendirinya. Seperti yang kita ketahui, para satelit Vegapunk merupakan bagian dari tubuh asli Vegapunk yang saling terhubung satu sama lain. Meskipun begitu, tetap saja pada dasarnya mereka adalah cyborg atau robot dan bukan manusia. Dan satu hal yang selalu dikhawatirkan dan jadi pertanyaan besar tentang cyborg adalah tentang kehendak bebas (free will).

Dalam hal ini, kemungkinan satelit Vegapunk yang berkhianat tersebut kemungkinan sudah mampu untuk berpikir sendiri, mengolah perasaannya sendiri, yang kemudian berujung pada pengambilan keputusan sendiri. Satelit Vegapunk tersebut bisa jadi ingin menghancurkan Vegapunk dan yang lain karena sudah lelah dengan semuanya. Bisa jadi, dia dendam terhadap penciptanya.

Untuk beberapa chapter kedepan, sepertinya para fans masih akan dibuat penasaran dengan siapa sosok misterius yang sudah melakukan berbagai sabotase di pulau Egghead. Dan apakah kemudian spekulasi Shaka bahwa sosok pengkhianat tersebut adalah salah satu satelit Vegapunk akan terbukti. Atau justru sebenarnya ada pihak lain yang jadi dalang dari semuanya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.