Im dan Vegapunk kemungkinan memiliki kesamaan di mana sebenarnya para Gorosei atau Lima Tetua Bintang merupakan satelit atau kloning dari sang penguasa. Pasca arc Wano selesai setelah berjalan selama empat tahun, Oda Sensei menghadirkan arc baru yang tidak kalah epik yaitu arc pulau Egghead. Dalam cerita terbaru di manga One Piece ini, banyak fakta menarik yang kemudian muncul.

Misalnya, kita akhirnya mengetahui siapa dan seperti apa sosok Vegapunk yang asli. Namun, yang menarik dari sosok Vegapunk adalah ternyata dia memiliki satelit atau kloning. Keenam satelit Vegapunk tersebut memiliki sifat dan karakter yang berbeda. Berbicara mengenai satelit Vegapunk, terdapat teori menarik yang menyebutkan jika Gorosei sendiri merupakan satelit dari Im.

Gorosei Satelit Im

Dalam alur cerita Egghead, terungkap jika Vegapunk memiliki enam satelit atau kloning yang masing-masing satelit tersebut sudah muncul dan diperlihatkan dalam cerita. Mereka adalah Shaka, York, Phytagoras, Lilith, Atlas, dan Edison. Menurut penjelasan Vegapunk, keenam satelit tersebut terhubung dengan sebuah “server” khusus yang menyimpan kapasitas otak dari Vegapunk.

Setiap harinya para satelit tersebut akan mengunggah berbagai hal yang terjadi ke server tersebut, dan para satelit lain serta Vegapunk bisa mengakses ingatan tersebut. Yang menarik kemudian adalah terdapat sebuah teori yang menyebutkan jika sebelum Vegapunk menciptakan keenam satelit tersebut terdapat karakter lain yang sudah terlebih dahulu melakukan hal itu. Siapa dia? Tidak lain adalah Im.

Dalam teorinya dijelaskan jika Im “memecah” tubuhnya dan kemudian menyimpannya atau membagikannya ke berbagai tubuh, seperti apa yang dilakukan oleh Vegapunk. Im memecah tubuhnya ke lima tubuh berbeda, yang kemudian sosok kelima satelit Im tersebut dikenal dengan nama Gorosei. Inilah alasan mengapa kemudian Gorosei begitu patuh dan hormat terhadap Im.

Gorosei atau lima tetua bintang diperlihatkan sebagai bawahan dari Im, yang selalu siap untuk melakukan apa pun yang diperintahkan atau diinginkan oleh Im. Dan ini juga yang dilakukan oleh keenam satelit Vegapunk, di mana mereka patuh terhadap apa pun yang diinginkan atau diperintahkan oleh Vegapunk. Juga, hal ini bisa jadi alasan mengapa para Gorosei tidak pernah terlihat bertambah usia.

Salah satu hal detail yang ditemukan oleh para fans terkait Gorosei adalah mereka tetap sama sejak dahulu. Mereka nampak tidak bertambah tua meskipun sudah hidup kemugkinan selama puluhan atau bahkan ratusan tahun. Dalam teorinya juga dijelaskan jika para Gorosei ini kemungkinan adalah para pemenang dari pencarian Im terhadap berbagai tubuh-tubuh atau sosok yang kuat. Setelah Im berhasil menemukan sosok yang kuat, barulah dia melakukan proses pemindahan atau “memecah” tubuhnya ke berbagai tubuh lain yang sudah dia siapkan.

Ada Enam Bagian

Melihat teori di atas yang menyebutkan jika Gorosei adalah satelit dari Im yang mirip seperti satelit Vegapunk, Geeks mungkin sadar akan sesuatu. Jika Vegapunk memiliki enam satelit, mengapa kemudian Im hanya memiliki lima satelit? Teori ini pun menjelaskan jika Im juga sebenarnya memiliki enam satelit. Dan namanya sendiri bukanlah Gorosei melainkan Rokurosei alias Enam Tetua Bintang/Planet atau Enam Tetua Satelit.

Lalu, apa yang terjadi dengan satelit keenamnya? Terkait hal ini ada beberapa spekulasi lain yang muncul. Pertama, satelit keenam dari Im kemungkinanan adalah Enel. Dalam pertarungan kru Topi Jerami dan aliansinya menghadapi Enel, karakter yang mengaku dirinya dewa tersebut menjelaskan bahwa dia bukanlah sosok biasa. Dan Luffy beserta yang lain dianggap tidak tahu siapa yang sedang mereka hadapi.

Bagaimana Enel menganggap dirinya sebagai dewa dianggap sebagai petunjuk dari hal ini. Seperti yang Geeks ketahui jika kaum naga langit sering menganggap diri mereka sebagai dewa. Gorosei sendiri merupakan kaum naga langit yang posisinya lebih tinggi. Artinya, cukup masuk akal jika kemudian Enel adalah satelit keenam dari Im. Namun, bisa jadi karena dia dianggap gagal dan lemah, akhirnya Im mengusir Enel.

Spekulasi lain menyebutkan jika satelit keenam dari Im adalah Shanks. Mungkin, inilah yang jadi alasan mengapa kemudian para Gorosei menyambut mereka dengan baik saat berada di Mary Geoise dalam momen Reverie. Shanks kecil kemungkinan awalnya diculik oleh pihak lain, sebelum kemudian ditemukan Roger dan krunya pasca pertempuran di God Valley.

Sama halnya seperti para satelit Vegapunk, kemungkinan Gorosei juga terlahir berkat bantuan teknolgi. Mereka kemudian diselundupkan ke Mary Geoise. Kelima Gorosei tersebut diprogram untuk kemudian mengikuti keinginan dari Im dan mematuhi apa pun yang sudah Im persiapkan.

Alasan Vegapunk Diincar

Selain karena Vegapunk tahu banyak tentang rahasia World Government melalui berbagai pengetahuan yang dia baca sebelumnya, alasan lain mengapa Vegapunk diincar nyawanya adalah karena dia menggunakan teknologi dari Ancient Kingdom. Dalam chapter sebelumnya diketahui jika semua hal yang ada di pulau Egghead merupakan tiruan dari semua teknologi masa lalu.

Vegapunk mengungkapkan jika teknologi pada 800 tahun yang lalu sudah sangat dahsyat. Kemungkinan, Ancient Kingdom adalah kerajaan yang memiliki teknologi canggih tersebut. Fakta tersebut kemudian Vegapunk temukan melalui berbagai literatur atau buku ilmu pengetahuan yang dia baca di Elbaf. Namun, teori ini kemudian menjelaskan jika kemungkinan Vegapunk mengadaptasi teknologi yang sama terhadap satelit miliknya.

Teknologi satelit atau kloning ini diyakini merupakan penemuan epik yang dimiliki oleh Ancient Kingdom. Dan informasi mengenai hal itu juga tertulis dalam literatur yang dibaca oleh Vegapunk. Karena itulah, selain dia bisa menciptakan banyak hal epik seperti Pacifista atau Seraphim, dia juga mampu menciptakan satelit atau kloning dari dirinya sendiri berkat teknologi canggih tersebut.

Ketika kemudian World Government mengetahui fakta itu, mereka pun berusaha untuk menutupi kembali hal yang seharusnya tidak diketahui oleh orang lain selain Im tersebut. Inilah alasannya mengapa mereka mengutus CP0 untuk menghabisi Vegapunk. Dia dianggap sudah menggunakan teknologi Ancient Kingdom yang seharusnya tidak pernah diketahui oleh siapa pun yaitu memecah tubuhnya ke enam tubuh yang berbeda.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.