Dengan menghilangnya Vegapunk, kemungkinan ini adalah waktunya bagi Franky untuk mulai beraksi untuk membantu kru Topi Jerami keluar dari situasi yang tidak pasti. Seperti yang Geeks ketahui, dalam arc pulau Egghead diperlihatkan bagaimana situasi menjadi kacau setelah kemunculan pasukan CP0. Mereka berhasil mengepung pulau tersebut. Di sisi lain, kru Topi Jerami setuju untuk menolong Vegapunk.

Setelah mengetahui nyawanya dalam bahaya, Vegapunk meminta bantuan Luffy untuk membawanya pergi dari pulau tersebut. Luffy sendiri setuju dengan hal itu, sebelum kemudian situasinya berubah. Selain pasukan CP0 yang berhasil mengepung pulau Egghead, kini situasi bertambah pelik setelah Vegapunk dan juga Bonney menghilang. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya?

Ke Mana Vegapunk

Di chapter 1072 diperlihatkan bagaimana Jewelry Bonney berusaha untuk menghabisi nyawa Vegapunk. Bonney memang sejak lama mengincar nyawa sang ilmuwan, yang dianggap bertanggung jawab atas apa yang terjadi kepada ayahnya, Bartholomew Kuma. Dan kesempatan itu ada di depan matanya. Bonney kemudian mengejar Vegapunk, sampai kemudian dia tiba di sebuah ruangan.

Ruangan tersebut berisi sebuah tempat penyimpanan bernama Nikyu Room. Di dalamnya terdapat sebuah balon kenangan milik Kuma, yang dia hadirkan bertahun-tahun yang lalu. Bonney sendiri kemudian menyentuh balon tersebut dan kemudian terhisap ke dalamnya. Dalam chapter 1074, terungkap jika Bonney ternyata berada di dalam dunia kenangan Kuma. Hal ini bisa dilihat dari Bonney yang melihat Kuma kecil.

Pertanyaannya kemudian adalah ke mana Vegapunk? Dalam chapter sebelumnya terdapat informasi bahwa bukan hanya Bonney, namun tubuh Vegapunk juga menghilang. Vegapunk kemungkinan juga terhisap ke dalam ingatan milik Kuma tersebut. Meskipun begitu, ada catatan penting dalam hal ini. Dalam chapter 1074 kita tidak melihat sosoknya. Besar kemungkinan dia pergi ke masa lalu kuma yang lain.

Seperti halnya konsep mesin waktu, mungkin Bonney dan Vegapunk sama-sama terhisap ke dalam ingatan milik Kuma. Namun, mereka berdua terlempar ke masa atau momen yang berbeda. Jika Bonney terlempar ke masa kecil Kuma, Vegapunk mungkin terlempar ke masa lalu Kuma juga ketika masih kecil atau ketika mereka bertemu satu sama lain. Bisa juga, Vegapunk pergi ke momen yang belum pernah dia eksplor.

Giliran Franky Beraksi

Dalam chapter 1074 diperlihatkan kru Topi Jerami mencari keberadaan Vegapunk. Mereka berpencar untuk mempersingkat waktu. Meskipun begitu, mereka berpacu dengan waktu. Karena, selain situasi di pulau Egghead kacau akibat pertempuran melawan pasukan CP0 mereka juga harus bersiap menghadapi armada besar angkatan laut yang ada di bawah kendali Kizaru.

Tidak lupa juga ada salah satu Gorosei yang ikut ke pulau tersebut, yang artinya situasi bisa semakin kacau. Dalam situasi pelik dan terpojok seperti ini, Franky dianggap bisa jadi solusi atau setidaknya bisa memberikan kontribusi lebih. Terakhir kali kru Topi Jerami berinteraksi dengan hasil penelitian dari Vegapunk terjadi ketika Franky terlempar ke sebuah pulau saat timeskip.

Hasil dari timeskip tersebut sangat luar biasa, di mana Franky mengalami perubahan drastis. Memanfaatkan cetak biru yang ditinggalkan Vegapunk di pulau yang jadi rumah bagi sang ilmuwan, pulau Karakuri, Franky kemudian melakukan peningkatan di tubuhnya. Meskipun kita sudah melihat beberapa kedahsyatan Franky, seperti saat menghadapi Senor Pink atau ketika menghadapi Sasaki, namun para fans berharap ada arc yang menghadirkan kedahsyatan karakternya lebih banyak.

Dan di arc pulau Egghead ini, banyak spekulasi jika mungkin Franky akhirnya akan mendapatkan sorotan lebih seperti para kru Topi Jerami lain. Dengan menghilangnya Vegapunk, kesempatan tersebut rasanya terbuka dengan lebar. Mengapa demikian? Franky bisa menggunakan dan membuktikan berbagai teknologi Vegapunk sangat berguna dalam menghadapi musuh.

Di sisi lain, Franky tidak akan sendirian. Para satelit Vegapunk tentunya akan membantu Franky dalam hal tersebut. Franky bisa mulai menggunakan berbagai senjata rahasia yang jarang digunakan atau bisa juga mendapatkan peningkatan lainnya dari para satelit Vegapunk. Ini tentunya akan jadi momen luar biasa dari Franky di sepanjang cerita One Piece.

Berbagai Peningkatan Franky

Lalu, peningkatan seperti apa yang akan didapatkan oleh Franky? Tentunya peningkatan kekuatan Franky akan sangat beragam. Phytagoras dan Edison merupakan dua satelit Vegapunk yang sering muncul dengan ide-ide baru terkait penemuan yang bisa diwujudkan. Hal ini juga bisa kemudian diaplikasikan oleh kedua satelit tersebut kepada Franky.

Mereka mungkin akan menemukan berbagai rencana atau rancangan yang pas untuk kemudian diaplikasikan ke sosok Franky. Misalnya, Franky akan mendapatkan kemampuan Green Blood yang sama dengan Seraphim. Dengan begitu, Franky akan mampu untuk memiliki kemampuan buah iblis tanpa perlu memakan buah iblisnya. Dan juga, yang jelas adalah Franky akan berubah menjadi sosok yang kuat seperti Seraphim.

Bisa juga Pyhtagoras dan Edison menghadirkan rancangan lain yang lebih pas untuk Franky. Misalnya, mereka akan menanamkan persenjataan yang jauh lebih dahsyat, membuat armor Franky lebih kuat, bahkan bisa juga membangun armor khusus untuk bagian belakang tubuhnya yang jadi titik kelemahan sang karakter. Di tengah situasi kacau di pulau Egghead, para satelit Vegapunk ini mungkin akan melakukan “operasi” terhadap Franky.

Menjelang akhir arc ini kita mungkin akan melihat kedahsyatan kekuatan baru lainnya dari Franky untuk menghadapi Kizaru, angkatan laut, bahkan Gorosei. Dan ini bisa jadi adalah peningkatan terakhir dari Franky sebelum kemudian kru Topi Jerami akan berhasil pergi ke Laugh Tale. Momen ini juga bisa jadi momen pembuktian jika Franky adalah karakter yang patut untuk diperhitungkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.