Setelah Weather Cup berakhir, para pemain dapat menuju event terbaru bernama Pokemon GO Electric Cup. Event ini bakal dimulai pada tanggal 26 Januari pukul 1:00 waktu setempat, dan 2 Februari pukul 1:00 waktu setempat. Sesuai dengan namanya, hanya Pokemon bertipe Electric saja yang dapat ikut bergabung. Namun yang harus dicatat bahwa Pokemon bertipe ganda seperti Lanturn masih diperbolehkan. Nah berikut adalah beberapa Pokemon Electric yang sangat cocok kalian pilih dalam Electric Cup. Apa saja?

Eelektross

Eelektross memiliki kemampuan yang tidak dimiliki Pokemon bertipe Electric lainnya yaitu terbang. Yap, keuntungan inilah yang bisa dimanfaatkan Eelektross untuk menghajar musuhnya. Tapi yang harus dicatat bahwa satu-satunya kelemahan Elektross adalah kecepatannya. Dengan kecepatan dasar 50, membuatnya menjadi salah satu yang terlambat. Tapi disamping itu, Eelektross memiliki status Defense dan Attack yang tinggi. Selain itu, kemampuan pamungkas Eelektross adalah Thunderbolt dan Crunch, di mana masing-masing kemampuan tersebut memiliki damage 80 dan 70, yang cukup sakit untuk membuat lawan kelimpungan.

Electivire

Ketika melihat status dasar Electivire, satu hal yang paling menonjol adalah pertahanannya yang sangat rendah. Tetapi status lainnya berada di atas rata-rata. Thunder Punch dan Wild Charge menjadi kemampuan andalannya, tetapi Electivire juga mampu untuk mengeluarkan kemampuan Ice Punch dan Flamethrower yang bakal efektif digunakan untuk melawan Pokemon bertipe Electric. Electivire memang Pokemon bertipe Electric yang sangat kuat. Bahkan disebutkan bahwa dia mampu untuk menyuplai listrik dari semua gedung di kota besar selama satu tahun, sesuatu hal yang belum tentu bisa dilakukan Pokemon Electric lainnya.

Galvantula

Galvantula adalah Pokomen bertipe Bug & Electric, hasil evolusi dari Joltik. Nah menariknya, Galvantula memiliki segudang kemampuan untuk menghajar Pokemon Electric lainnya seperti Bug Buzz, dan Cross Poison. Bug Buzz menawarkan dampak yang sangat besar. Selain memiliki damage tertinggi, kemampuan ini juga memberikan DPS yang sangat menyakitkan, terutama untuk mengalahkan Dedenne. Selain itu, Galvantula juga memiliki kemampuan Energy Ball, yang jelas-jelas menjadi ancaman bagi Alolan Rocks, dan bisa juga digunakan untuk mengalahkan Lanturn.

Raichu

Pokemon bertipe Electric berikutnya yang dijagokan adalah Raichu. Nah, Raichu sendiri memiliki beberapa kemampuan yang bakal berguna dalam Pokemon Go Electric Cup seperti Skull Bash, Brick Break, dan Charm. Kemampuan Skull Bash-nya mampu dia gunakan untuk mengalahkan Dedenne, Ampharos, dan Electrodes. Sementara itu Brick Break mampu digunakan untuk menembus kerasnya tubuh Alolan Rocks. Tetapi kemungkinan besar Raichu masih akan kesulitan ketika dia menghadapi beberapa Pokemon seperti Lanturn dan Galvantula.

Golem Alola

Golem Alola adalah Pokemon bertipe Rock dan Electric yang berevolusi dari Graveler. Ada dua kemampuan pamungkas Golem Alola yang bisa dia keluarkan untuk menghadapi Pokemon Electric lain yaitu Rock Blast dan Stone Edge. Rock Blast mampu menimbulkan kerusakan besar karena menghasilkan 50 damage, dan hanya menghabiskan 33 energi saja. Kemampuan ini bakal berguna untuk melawan Pokemon Electric yang mampu terbang. Sementara Stone Edge menjadi kemampuan terbesar Golem Alola karena bisa menghasilkan 100 damage.

Ampharos

Ampharos mungkin menjadi Pokemon yang selalu difavoritkan. Meski kecepatan dasarnya hanya 55 dan menjadikannya sebagai petarung yang lamban, tetapi kecepatan pukulan Ampharos sangat cepat. Ampharos memiliki 115 Special Attack, dan dapat ditingkatkan menjadi 165 saat Ampharos berada dalam bentuk “Mega”. Kemampuan terbaik dari Ampharos adalah Volt Switch dan Zap Cannon. Kombinasi kedua kemampuan tadi memiliki total DPS tertinggi dan juga merupakan kemampuan terbaik untuk melawan Pokemon lainnya. Dan untuk mengalahkan Pokemon bertipe Electric, Ampharos memiliki Focus Blast.

Minun

Minun mungkin satu-satunya Pokemon dalam daftar ini yang tidak memiliki evolusi dalam Pokemon GO. Status dasar Minun juga nyaris seimbang di semua lini. Dia memiliki HP, Attack, Defense, Special Attack, Special Defense, dan Speed yang hampir sama rata. Dan dengan begitu, Minun menjadi musuh yang wajib waspadai, terutama bagi Pokemon Electric lainnya. Minun sendiri memiliki kemampuan Grass Knot, yang bakal merepotkan musuh-musuhnya seperti Lanturn, Luxray, dan beberapa Pokemon Electric lainnya. Pasalnya kemampuan tersebut mampu memberikan damage yang masif dan hanya menghabiskan energi yang sedikit.

Manectric

Manectric adalah salah satu Pokemon Electric “murni” yang sudah ada sejak generasi paling awal. Menariknya, Manectric memiliki evolusi ketiga bernama Mega Manectric. Jika Manectric saja sudah cukup kuat, maka dapat dibayangkan kekuatan dari Mega Manectric. Meski Manectric sangat kuat, tetapi dia tidak memiliki perisai seperti yang dimiliki oleh Alolan Rocks, Galvantula, Minun dan Dedenne. Dan musuh bisa memanfaatkan kelemahan tersebut untuk mengalahkan Manectric. Tetapi walau begitu, Manectric memiliki potensi yang sangat besar karena memiliki kemampuan Flame Burst, yang bisa dia gunakan untuk mengalahkan Luxray dan Lanturn.

Togedemaru

Biasanya, Todegemaru menggunakan kemampuan andalan Gyro Ball. Tetapi kemampuan tersebut sepertinya kurang cocok digunakan melawan Pokemon Electrik lainnya. Sebaliknya, kemampuan Fell Stinger miliknya justru menjadi senjata ampuh untuk mengalahkan Pokemon Elecric. Selain itu, dia juga bisa mengeluarkan kemampuan terakhir yaitu Wild Charge, yang bisa dia gunakan untuk menabrakan dirinya kepada musuh, yang memberikan damage yang sangat besar. Togemademaru sayangnya memiliki tubuh yang besar, sehingga sulit baginya untuk menghindar.

Luxray

Luxray memiliki banyak kemampuan, tetapi kemampuan andalannya adalah Hidden Power. Hanya dengan Hidden Power saja, Luxray mampu mengalahkan Manectric, Electrode, Ampharos, Electivire, bahkan Alolan Rocks. Tapi yang harus dicatat bahwa Attack milik Luxray jauh lebih mematikan ketimbang Special Attack-nya. Selain itu, Luxray juga memiliki Speed sebesar 79. Meski tak secepat Pokemon sejenis lainnya, tetapi itu sudah cukup untuk membuat repot lawan. Karena itulah Luxray dianggap sebagai Pokemon bertipe Electric terbaik berkat status Attack yang tinggi.

Itulah dia Geeks beberapa Pokemon bertipe Electric terbaik yang bisa kalian gunakan dalam Electric Cup. Di antara para Pokemon tersebut, mana yang menjadi favorit bagi kalian nih Geeks?

Restu
https://www.greenscene.co.id/author/restuprawira/