Sosok Jewelry Bonney yang muncul dalam cerita One Piece selama ini kemungkinan besar adalah kloning dari anak Bartholomew Kuma. Hal ini muncul setelah melihat beberapa petunjuk yang Oda hadirkan dalam ceritanya sejauh ini, terutama saat di arc pulau Egghead yang masih berjalan. Seperti yang Geeks ketahui saat ini sosok Bonney dan Kuma jadi salah satu sorotan utama dalam arc Egghead.

Mereka berdua memiliki koneksi yang mendalam sekaligus juga menyimpan banyak misteri, terutama terkait apa yang terjadi pada masa lalu. Meskipun begitu, Oda sendiri masih belum menghadirkan seluruh informasi yang terkait dengan kedua karakter ini. Terlepas dari teka-teki Kuma dan Bonney yang masih belum terungkap, para fans masih terus menghadirkan berbagai teori dan spekulasi tentang mereka. Salah satu yang menarik adalah ada kemungkinan jika Bonney yang kita ketahui merupakan kloning dari anak Kuma.

Bonney Asli Sudah Tewas?

Chapter 1072 kemarin kita melihat bagaimana kenangan dari sosok Kuma berhasil dikeluarkan berkat kekuatannya. Bonney nampak menyentuh ingatan yang tersimpan sejak lama tersebut, yang artinya mungkin kita akan melihat cerita masa lalu dari Kuma pada chapter berikutnya. Dalam cerita One Piece, Kuma adalah pemimpin dari sebuah kerajaan bernama Sorbet.

Wilayah tersebut sempat menjadi bagian dari afiliasi dengan World Government. Namun, kerajaan Sorbet sering mendapatkan perlakuan yang kurang menyenangkan. Pada akhirnya, Kuma memutuskan untuk melawan dan tidak mau lagi menjadi bagian dari World Government. Sayangnya, keputusan tersebut membuat kaum naga langit marah. dan memutuskan untuk menghancurkan kerajaan tersebut.

Ini pula yang mungkin membuat Kuma kemudian kenal dengan Monkey D. Dragon dan Vegapunk, serta menjadi bagian dari Pasukan Revolusi. Dalam penyerangan dan pertempuran menghadapi World Governemnt, kemungkinan kerajaan Sorbet kalah. Dan bukan hanya kerajaanya yang hancur, melainkan juga hidupnya. Hal ini terjadi kemungkinan setelah mengetahui jika putrinya tewas dalam peristiwa itu.

Dalam chapter 1064, dalam ingatan Bonney, kita melihat bagaimana Kuma nampak begitu ceria dan bahagia. Bahkan, Sabo sendiri mengakui jika Kuma adalah sosok yang sangat lembut. Sedangkan, reputasi yang orang-orang ketahui sosok Kuma dikenal sebagai karakter yang jahat dan mengerikan. Artinya ada “missing link” atau sesuatu yang hilang yang menyebabkan Kuma berubah? Dan hal itu tidak lain adalah kematian putrinya.

Pasca peristiwa mengerikan itu, Kuma pun akhirnya berubah menjadi brutal dan tidak terkendali sampai kemudian dia mendapatkan reputasi buruk. Dan ini juga yang mungkin memutuskan Kuma untuk menyerahkan dirinya untuk dijadikan bahan percobaan bagi Vegapunk. Sampai kemudian Vegapunk memperkenalkan teknologi kloning miliknya. Vegapunk pun kemudian menciptakan sosok “Bonney” yang baru.

Setelahnya, Kuma kemudian memasukan ingatan atau kenangan putrinya ke tubuh kloning tersebut. Mungkin, inilah alasan mengapa Vegapunk tidak mau Bonney tahu tentang rahasia yang sebenarnya. Juga, ini bisa jadi jawaban mengapa kemudian Bonney tahu atau familiar tentang pulau Egghead. Narasi yang muncul di chapter 1072 kemungkinan merujuk pada sosok Jewelry Bonney, di mana Vegapunk tetap menganggap dia adalah manusia biasa.

Kemungkinan Lain

Selain kemungkinan putri Kuma tewas, ada juga spekulasi lain tentang Bonney dan dugaan jika dia adalah kloning dari putri Kuma. Dalam teori yang lain, ada kemungkinan jika sebenarnya anak dari Kuma masih hidup. Pihak World Government bisa jadi sengaja menculik Bonney yang asli demi tujuan utama mereka yaitu mendapatkan sosok Kuma.

Setelah berhasil diculik, melihat kondisi tersebut Kuma pun akhirnya terpaksa menyerahkan diri dan mau jadi subyek uji coba World Government. Dan ternyata, selain Kuma yang dirubah menjadi Pacifista sosok anak dari Kuma pun jadi subyek untuk penelitian Vegapunk. Vegapunk membuat kloning dari putri Kuma, tanpa banyak orang lain ketahui.

Inilah yang mungkin jadi alasan mengapa Akainu terkejut saat sosok Bonney dianggap mampu kabur dari tangan World Government. Padahal, tanpa dia dia ketahui sebenarnya Bonney memiliki kloning alias terdapat lebih dari satu orang. Mungkin, kita akan melihat sosok asli Bonney di akhir arc Egghead atau mungkin pada chapter sebelumnya.

Kekuatan Milik Anaknya?

Bonney diketahui memiliki kekuatan dahsyat di mana dia mampu untuk memanipulasi atau mengatur usia miliknya atau milik orang lain. Sampai saat ini, Oda Sensei masih belum memberikan informasi apa pun mengenai kekuatannya meskipun ada anggapan jika itu adalah kekuatan buah iblis. Namun, pertanyaannya kemudian bagaimana jika kekuatan Bonney saat ini merupakan “tiruan” alias milik anak Kuma?

Seperti disebutkan di atas, jika Bonney yang kita kenal atau muncul dalam cerita kemungkinan adalah kloning dari Bonney yang benar-benar putri dari Kuma. Ada dua spekulasi yang muncul dalam cerita, di mana yang pertama adalah Bonney yang asli sudah tewas dalam peristiwa puluhan tahun lalu dan yang kedua adalah Bonney yang asli bisa jadi dikurung di Mary Geoise.

Vegapunk sendiri diketahui mampu untuk menciptakan atau menirukan kekuatan buah iblis. Hal ini bisa kita lihat dari buah iblis Momonosuke atau Seraphim. Berdasarkan hal tersebut cukup masuk akal jika kemudian Vegapunk bukan hanya menghadirkan kloning dari anaknya Kuma, melainkan juga kekuatannya. Dengan kata lain, Bonney mirip seperti Seraphim yang diberikan kekuatan tiruan dari buah ibls yang sudah ada. Kita nantikan saja ya Geeks fakta sebenarnya mengenai hal ini pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.