Sampai detik ini mungkin masih banyak yang menjadi kan sang Mad Titan Thanos sebagai karakter favorit mereka. Faktanya sosok yang dikenal sebagai big bad villain Marvel ini telah melakukan banyak hal mengerikan dalam hidupnya, selama kurang lebih 50 tahun sejak dia debut pada tahun 1972. Salah satunya dengan menghapus setengah kehidupan alam semesta di peristiwa Infinity Gauntlet (1991). Namun, tahukah kalian bahwa ada satu hobi aneh Thanos yang tidak kalah mengerikan dari peristiwa besar lainnya. Yaitu hobinya yang selalu mengunjungi seorang pria malang pada setiap hari ulang tahunnya!

Thanos Jadi ‘Badut Ulang Tahun’ Terkejam

Siapa sangka di sela-sela kehidupannya sebagai big bad villan Marvel sekaligus musuh bebuyutan Avengers, ternyata Thanos mempunyai hobi aneh untuk menjadi ‘badut ulang tahun’ bagi seorang manusia biasa bernama David. Kisah mengerikan yang dibalut dengan humor ini pertama kali Marvel ceritakan di komik Thanos Annual Vol. 2 (2018) yang berjudul ‘What To Get From The Man Who Takes Everything’. Kisahnya sendiri berfokus pada kebiasaan iseng sang Mad Titan yang selalu mengunjungi David setiap dia ulang tahun, mulai dari lahir sampai dewasa.

Walaupun begitu, tujuan Thanos melakukan hal tersebut bukanlah untuk ikut merayakan ulang tahun David bersama keluarga dan teman-temanya, melainkan untuk membuat setiap ulang tahunnya terasa seperti di neraka. Selain mengucapkan ulang tahun kepada David, Thanos tidak pernah lupa membawakan hadiah mengerikan bagi David yang mungkin tidak pernah dibayangkan sebelumnya bahkan oleh para villain terjahat sekalipun. Kisah nyeleneh ini seakan-akan ingin kembali mengingatkan bahwa kejahatan Thanos jauh lebih mengerikan dari apa yang selama ini kita pikirkan.

Deretan Kemalangan Yang Dialami David

Perlu kita catat bahwa karakter David di sini bukanlah siapa-siapa, dia hanya seorang manusia biasa yang sebenarnya tidak punya kontribusi apa-apa terhadap Marvel Universe. Latar belakang karakternya bahkan hanya disebutkan bahwa David mempunyai ayah dan ibu, seorang pacar, serta dua ekor kucing kesayangan yang semuanya tidak diberikan nama. Malangnya bagi David, dia justru menjadi subjek hobi aneh Thanos yang ingin merusak setiap hari ulang tahunnya. Berikut ini beberapa perbuatan mengerikan yang dilakukan oleh Thanos kepada David:

  • Ulang tahun pertama: Thanos muncul untuk menarik selimut David yang masih bayi sehingga dia menangis kencang pada malam hari
  • Ulang tahun kelima: Saat ayah David tengah membelikan hadiah untuknya, Thanos membunuh ayah David dan memberikan jasadnya sebagai hadiah.
  • Ulang tahun ke-16: Ketika David tengah tertidur pulas, Thanos membajak telepon genggamnya dan mengirimkan pesan buruk kepada pacarnya, sehingga langsung meminta putus.
  • Ulang tahun ke-21: Thanos memasukan racun ke minuman di pesta ulang tahun David, sehingga semua temannya yang hadir tewas secara mengenaskan.
  • Ulang tahun ke-25: Thanos membakar kampus tempat David belajar, sehingga dia tidak bisa menjadi sarjana.
  • Ulang tahun ke-27: Kemunculan Thanos di kantor tempat David bekerja, telah membuatnya dipecat. Dia juga mengabarkan bahwa kucing David meninggal, kemungkinan besar Thanos yang telah membunuhnya.

Pada ulang tahun David yang ke-30, ternyata Thanos sama sekali tidak datang untuk memberi ucapan selamat dan membuat hidupnya lebih menderita. Alasannya karena pada saat itu ternyata Thanos tengah sibuk bertempur melawan Avengers sebelum dia dikalahkan. Hal ini sempat membuat David berpikir bahwa penderitaannya telah berakhir. Sayangnya Thanos ternyata kembali pada ulang tahunnya yang ke-31, untuk membunuh semua orang sekaligus menghancurkan lingkungan yang ada di sekeliling rumah David. Penderitaan David ini terus berlanjut bahkan sampai usianya menginjak kepala empat.

Apa Sebenarnya Motivasi Thanos?

Pertanyaan tentang motivasi dari hobi Thanos ini ternyata bukan hanya ada di kepala para penggemar, tetapi juga ditanyakan langsung oleh David saat sang Mad Titan datang pada ulang tahunnya yang ke-45. David sendiri mencoba menebak motivasi Thanos, di mana dia berpikir bahwa selama ini Thanos mungkin ingin menguji sejauh mana seorang manusia bisa bertahan. Apakah dengan semua kesengsaraan dalam hidupnya, David akan menghabisi dirinya sendiri? Setidaknya itu yang ada dalam pikiran David.

Namun ternyata dugaan David salah, bagi Thanos justru dia melakukannya hanya karena ingin, tidak ada alasan rumit lain apalagi ingin mengetahui kekuatan tekad manusia agar bisa mengalahkan Avengers. Saat memberikan jawaban singkat tersebut, Thanos pergi setelah membuat kamar apartemen David kebanjiran. Meskipun kisahnya berakhir, tetapi tidak menutup kemungkinan sampai hari ini Thanos masih melakukan hobi anehnya kepada David. Hanya saja tidak pernah Marvel ceritakan karena alasannya sudah terungkap, Thanos melakukan semua hal mengerikan tersebut hanya karena iseng.

Itulah pembahasan tentang hobi Thanos selain bertarung dengan Avengers, di mana dia terobsesi untuk datang pada hari ulang tahun David dan merusak kebahagiaannya. Meskipun cukup lucu sekaligus mengerikan, sebenarnya mungkin ada pesan yang ingin Marvel sampaikan kepada para penggemar melalui kisah antara Thanos dan David ini. Karena dengan ini setidaknya kita jadi tahu bahwa Thanos di Marvel Comics bukanlah Thanos di versi live action MCU yang digambarkan sebagai anti villain. Dia adalah villain sesungguhnya yang tidak selalu membutuhkan alasan untuk semua kejahatannya.