Dalam review One Piece chapter 1072 Oda Sensei kembali mengungkapkan banyak hal menarik dan juga mengejutkan lainnya mengenai sosok Kuma dan Vegapunk. Bahkan, kali ini, kita juga melihat kejutan lainnya dari karakter lain yang tidak terduga. Seperti yang Geeks ketahui, dalam chapter 1071 kemarin Kuma kembali ke Mary Geoise untuk sebuah alasan yang masih misterius.

Di sisi lain, pulau Egghead dikepung oleh pihak CP0 yang mulai bisa menguasai Seraphim. Mereka bahkan menutup seluruh akses masuk dan keluar dari pulau tersebut. Selanjutnya, di chapter 1071 juga memperlihatkan sosok misterius yang dimintai bantuan oleh Vegapunk. Namun, masih belum diketahui siapa sosok misterius tersebut. Tidak kalah dari chapter 1071, chapter 1072 juga kembali menghadirkan banyak informasi yang tidak kalah menarik. Apa saja?

Kekuatan Lain Bonney

Chapter 1072 sendiri dibuka dengan kelanjutan cerita dari Bonney dan Vegapunk. Di chapter sebelumnya, nampak Bonney mengincar Vegapunk demi berusaha mengembalikan sosok Kuma seperti semula. Dalam chapter 1072 ini, Bonney berpura-pura berubah menjadi anak-anak yang berhasil mendapatkan perhatian Vegapunk. Dia pun langsung menghajar Vegapunk dengan senjata yang dia miliki.

Yang menarik dari momen ini adalah bagaimana kita melihat perubahan tubuh Bonney dari anak kecil menjadi sosok berotot dalam waktu singkat. Juga, yang menarik dari kekuatan Bonney adalah ternyata dia bisa merubah usia seseorang menjadi benda padat, dalam hal ini adalah menjadi sebuah kristal perhiasan. Ketika Bonney memukul Vegapunk, usia milik Vegapunk kemudian berhamburan dalam bentuk perhiasan yang membuat sang ilmuwan terkejut.

Janji Vegapunk

Bonney sendiri masih memaksa Vegapunk untuk mengembalikan Kuma seperti semula, namun sang ilmuwan bersikukuh tidak bisa melakukannya. Menurut Vegapunk, dia sudah berjanji kepada Kuma untuk tidak menceritakan apa yang sebenarnya terjadi jika Bonney bertanya terkait hal itu. Mengapa? Karena, jika Bonney mengetahuinya maka dia akan merasakan sakit yang luar biasa.

Namun, Bonney sendiri tetap memaksa dan berusaha untuk mewujudkan misinya. Dia pun kemudian menemukan sebuah ruangan, di mana di dalamnya terdapat sesuatu yang mirip seperti balon. Di dalam balon berbentuk cakar tersebut terdapat sesuatu yang bercahaya. Menurut Bonney, itu adalah bentuk atau wujud dari ingatan atau kenangan dari Kuma.

Kekuatan Dahsyat Kuma

Dalam momen kilas balik Vegapunk dan Kuma, diketahui jika mantan Shichibukai tersebut ternyata memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Dia memiliki kemampuan untuk mengubah sesuatu yang tidak berwujud atau tidak nyata menjadi sesuatu yang nyata. Contohnya adalah sinyal rasa sakit dari dalam tubuh, ingatan, atau pun kenangan. Vegapunk sendiri sangat takjub dengan kekuatan Kuma tersebut.

Vegapunk bahkan meminta sesuatu kepada Kuma untuk membuat kenangan dalam otaknya menjadi nyata. Kuma awalnya menolak permintaan itu, namun Vegapunk menyebutkan bahwa yang dia lakukan adalah demi ilmu pengetahuan. Dia ingin tahu berapa berat dari sebuah jiwa manusia dan kenangan. Akhirnya, Kuma pun setuju dengan permintaan Vegapunk.

Kaku Vs Zoro

Pertarungan Kaku melawan Zoro sempat kembali terjadi di chapter 1071. Kaku berusaha untuk menghancurkan Thousand Sunny dengan teknik Ranyaku, namun berkat instingnya yang luar biasa Zoro berhasil menahan serangan itu. Padahal, Zoro sedang tidur siang saat Kaku menyerang. Sayangnya, level kekuatan Kaku masih belum mampu menandingi Zoro dan ini juga yang diperlihatkan di chapter 1072.

Kaku berusaha membalikan keadaan dengan memanfaatkan awakening Zoan miliknya. Dia juga menggunakan teknik “Bigan” dan peningkatannnya yaitu “Kyoku Bigan: Kirimangyro.” Sayangnya, upaya ini pun masih belum mampu untuk bisa melumpuhkan Zoro di mana justru Zoro yang bisa dengan mudah menghajar Kaku. Hal ini seolah memperlihatkan perbedaan level kekuatan yang sangat jelas dari Zoro dan Kaku.

Kehendak Bebas Seraphim

Situasi di dalam Egghead mulai kacau. Pihak CP0, terutama Rob Lucci, panik karena melihat keempat Seraphim yang mereka kuasai tiba-tiba bergerak menuju “Labo” tanpa perintah apa pun. Terungkap, jika para Seraphim memiliki kemampuan untuk memiliki kehendak mereka sendiri. Sehingga, mereka bisa memutuskan apa yang harus dilakukan untuk beradaptasi dengan situasi.

Seraphim sendiri kemudian memutuskan untuk membantu pihak CP0. Namun, Lucci tidak senang akan hal ini. Mengapa? Karena, Vegapunk masih hidup. Dia adalah pemegang kekuasaan tertinggi saat ini di pulau Egghead. Artinya, dia bisa saja mengambil laih kembali Seraphim dan menyerang balik CP0. Dan hal ini terbukti bagaimana Edison dan Lillth berusaha untuk mengambil alih Seraphim.

Kejutan Besar Stussy

Selaim informasi tentang sosok Kuma, yang juga tidak kalah mengejutkan dari review One Piece chapter 1072 adalah tentang sosok Stussy. Di akhir chapternya, terlihat bagaimana dia menyerang Kaku tiba-tiba. Stussy nampak menggigit leher Kaku, dan dia pun langsung tidak sadarkan diri. Dalam momen itu kemudian terungkap jika Stussy sebenarnya adalah kloning pertama yang sukses diciptakan oleh MADS.

Stussy juga diketahui memiliki kekuatan buah iblis Zoan, yang membuatnya bisa berubah menjadi seekor kelelawar. Bahkan, di panel akhirnya, Stussy pun mengatakan bahwa dia hendak menyerang Rob Lucci yang nampak kaget dengan situasi tersebut. Dia seolah tidak menyangka jika ada sosok seperti Stussy. Dalam artikel lain, dijelaskan jika ada kemungkinan Stussy bukanlah satu-satunya kloning yang diciptakan MADS. Juga, bisa saja ada kloning lainnya yang menyamar di pihak World Government seperti halnya Stussy.

Berdasarkan review One Piece chapter 1072 jadi bukti lain bagaimana Oda coba mewujudkan janjinya untuk mengungkapkan berbagai misteri atau rahasia yang sebelumnya muncul dalam cerita. Yang paling menarik tentunya adalah informasi tentang kekuatan dari Kuma dan kejutan dari sosok Stussy. Belum lagi, kita masih akan kedatangan pihak angkatan laut yang sedang menuju pulau Egghead. Apa yang akan terjadi selanjutnya? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.