Memasuki tahun 2023, Niantic Labs sudah mempersiapkan sejumlah event dan fitur baru yang menarik untuk para Trainer Pokemon GO di seluruh dunia. Salah satunya dengan menghadirkan bentuk Primal dari Pokemon legendaris Kyogre dan Groudon. Bentuk Primal ini bisa didapatkan melalui fitur baru Pokemon GO yang disebut Primal Reversion, yang pertama kali diperkenalkan di video game Pokemon Omega Ruby dan Alpha Sapphire. Di mana di Pokemon GO sendiri cara medapatkannya kurang lebih mirip seperi Mega Raid.

Fitur Primal Reversion ini akan lebih dahulu dihadirkan di event Pokemon Go Tour: Hoenn – Las Vegas pada tanggal 18 Februari sampai dengan 19 Februari 2023. Sedangakan untuk para Trainer global harus sedikit bersabar karena event Pokemon Go Tour: Hoenn – Global akan diadakan sekitar satu minggu setelahnya, yaitu pada tanggal 25 Februari sampai dengan 26 Februari 2023. Para Trainer diberikan kesempatan yang sama untuk mendapatkan bentuk Primal Kyogre dan Groudon setelah menyelesaikan Primal Raid di lokasi terdekat.

Bagi para Trainer yang masih belum begitu familiar dengan Primal Raid, untungnya Niantic Labs telah memberikan beberapa penjelasan tentang cara kerja Primal Reversion di Pokemon GO, termasuk cara mendapatkan bentuk Primal Kyogre dan Groudon. Mirip seperti cara kerja Mega Evolution, para Trainer bisa melakukan Primal Reversion setelah mendapatkan Primal Energy yang cukup dengan menyelesaikan Primal Raid melawan dua Pokemon legendaris tersebut. Selain melalui Primal Raid, Primal Energy tambahan juga bisa didapatkan dengan menyelesaikan misi ‘research’ khusus.

Saat jumlah Primal Energy yang dibutuhkan sudah cukup, Groudon dan Kyogre dapat berubah menjadi bentuk Primalnya selama delapan jam melalui fitur Primal Reversion. Nantinya ketika Primal Kyogre ada dalam party Trainer ketika melakukan Raid, maka serangan Water, Electric, dan Bug akan mendapatkan bonus. Jika Primal Kyogre menjadi Buddy Pokemon, menangkap Pokemon tipe Water, Electric, dan Bug akan berpotensi mendapatkan Candy dan XP tambahan. Hal yang sama juga berlaku pada Primal Groudon, di mana efek bonusnya berpengaruh pada tipe Fire, Ground, dan Grass.

Mengingat serangan Primal Kyogre dan Groudon dapat menghasilkan serangan yang besar dalam pertarungan (Battle, Gym, dan Raid), menangkap dua Pokemon legendaris ini bisa menjadi prioritas utama ketika eventnya berlangsung nanti. Tentunya para Trainer Pokemon GO juga harus mengincar Primal Energy sebanyak mungkin agar bisa melakukan Primal Reversion lebih sering. So, seperti biasa catat tanggalnya, cause we gotta catch ’em all, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.