Dalam perkembangannya terdapat beberapa judul anime yang paling berpengaruh dalam sejarah yang menentukan berbagai genre dan hal yang kita ketahui sekarang. Anime merupakan salah satu industri yang sangat besar yang perkembangannya tidak serta merta langsung diterima. Dan berbagai genre yang ada sekarang di dunia anime tidak terlepas dari peranan beberapa series ini. Berikut adalah series anima paling berpengaruh dalam sejarah.

8Astro Boy

Series anime paling berpengaruh dalam sejarah yang pertama adalah Astro Boy. Rasanya semua fans setuju dengan hal ini, mengingat Astro Boy banyak menginspirasi berbagai jenis genre anime. Saat pertama kali tayang di TV Jepang pada 1963, Astro Boy memperkenalkan konsep anime dan juga genre mecha kepada banyak orang. Series ini memberikan perubahan konsep yang menarik dari cerita Pinocchio.

Yang membedakan kemudian adalah bukan boneka kayu yang menjadi protagonis utamanya melainkan robot. Yang juga luar biasanya adalah Astro Boy menjadi seri yang populer di luar Jepang, ketika genre mecha belum ada. Ceritanya sendiri berawal ketika Dr. Tenma kehilangan putranya dalam sebuah kecelakaan mobil. Karena rasa sedihnya tersebut, dia kemudian menciptakan robot bernama Astro yang mirip dengan putranya.

Dr. Tenma juga menanamkan ingatan dan emosi yang sama dengan sang anak, dengan berbagai peningkatan teknologi tinggi seperti kemampuan untuk terbang, kekuatan super, dan senjata. Astro Boy sendiri merupakan anime adaptasi dari manganya yang rilis pada 1952. Namun, ceritanya kemudian berakhir di tahun 1968. Anime Astro Boy sempat mendapatkan remake di tahun 1980an, yang justru jadi populer. Kepopuleran dari Astro Boy membuat serinya berkembang menjadi sebuah franchise yang epik.

Kembali
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.