Sosok Stussy kemungkinan adalah pengkhianat bagi organisasi CP0 dalam cerita di seri One Piece. Spekulasi ini muncul setelah masa lalunya mulai terungkap dalam chapter terbaru serinya. Seperti yang kita ketahui, Stussy adalah salah satu anggota elit dari organisasi CP0. Dia adalah salah satu anggota yang terkuat, yang terbukti Stussy menjadi bagian dari anggota CP0 yang mengenakan topeng.

Stussy pertama kali muncul di arc Whole Cake Island, di mana kita bisa melihat kemampuan penyusupannya yang luar biasa. Stussy menyamar sebagai penguasa dunia bawah untuk menutupi identitas aslinya sebagai agen CP0. Namun, yang menarik adalah ternyata Stussy memiliki cerita masa lalu yang tidak biasa di mana dia memiliki koneksi dengan Vegapunk. Dan hal ini membuat Stussy bisa jadi pengkhianat bagi CP0.

Kloning Pertama

Berdasarkan informasi yang muncul di chapter 1072, ternyata Stussy bukan karakter sembarangan. Dia adalah kloning pertama yang sukses dibuat MADS. Hal ini berdasarkan catatan yang dibuat oleh Vegapunk puluhan tahun lalu. Dalam catatan tersebut, Vegapunk menulis jika dia berhasil menciptakan kloning manusia. Dan Vegapunk sendiri menganggap kloning tersebut sama seperti manusia lainnya.

Di akhir chapter 1072, kemudian terungkap jika kloning manusia yang berhasil diciptakan oleh MADS yang dimaksud oleh Vegapunk adalah Stussy. Menurut informasinya, Stussy merupakan kloning dari salah satu kru bajak laut Rocks D. Xebec yaitu ‘Miss Buckingham Stussy.’ Sayangnya, tidak ada penjelasan lebih lanjut mengenai siapa sosok tersebut atau hal lainnya.

Yang menarik adalah selain Stussy adalah kloning pertama yang sukses diciptakan oleh MADS, dia juga adalah kloning pertama yang sukses memiliki kekuatan buah iblis. Hal ini diperlihatkan ketika Stussy memperlihatkan sosok aslinya. Ternyata, dia adalah pengguna buah iblis Zoan kelelawar. Dengan menggunakan kekuatannya, dia berhasil membuat Kaku tertidur dan dia pun mulai mengincar sosok Rob Lucci.

Seperti yang Geeks ketahui, sebelumnya kita tahu jika robot atau kloning atau cyborg yang mampu memiliki kekuatan buah iblis adalah Seraphim. Namun, ternyata Oda menghadirkan fakta lain jika sebenarnya sebelum Seraphim ada kloning lain yang memiliki kekuatan buah iblis yaitu Stussy. Di sisi lain, ini juga seolah jadi bukti jika sudah sejak lama Vegapunk berhasil menirukan kekuatan buah iblis.

Fakta bahwa Stussy adalah kloning pertama yang berhasil diciptakan oleh MADS juga seolah membuktikan jika spekulasi sebelumnya terbukti. Spekulasi sebelumnya menyebutkan jika mungkin Stussy adalah hasil eksperimen Vegapunk. Hal ini menjadi alasan mengapa kemudian dia bisa hapal denah Egghead, tahu berbagai sistemnya, dan sebagainya.

Stussy Pengkhianat CP0

Bagaimana Stussy memperlihatkan wujud aslinya dan kemudian menyerang Rob Lucci dan Kaku cukup mengejutkan. Pasalnya, dia merupakan bagian dari kelompok yang sama yaitu CP0. Hal ini pun memunculkan spekulasi. Berdasarkan hal tersebut muncul spekulasi jika mungkin Stussy akan mengkhianati CP0. Stussy mungkin akan membantu Vegapunk kabur dengan menyerang CP0 lainnya.

Mengapa kemudian Stussy akan berkhianat? Seperti disebutkan di poin sebelumnya, hal ini bisa jadi berkaitan dengan adanya koneksi dengan Vegapunk. Seperti halnya Sentomaru, mungkin koneksi Stussy dengan penciptanya akan membuat dia memutuskan untuk mengkhianati CP0. Stussy mungkin akan “membalas budi” atas kebaikan Vegapunk, di mana hanya dia satu-satunya yang melihatnya sebagai manusia.

Stussy bisa jadi masih belum melupakan berbagai ingatan atau kenangan masa lalu ketika dia diciptakan oleh Vegapunk atau MADS. Hubungan mendalam itulah yang kemudian membuat Stussy memutuskan untuk mengkhianati CP0 dengan menyerang mereka, dan memberikan jendela dan ruang bagi Vegapunk serta Topi Jerami untuk bisa kabur dari Egghead. Atau setidaknya apa yang Stussy lakukan cukup untuk mengurangi kekuatan World Government yang mengincar nyawa Vegapunk.

Ada Kloning Lain?

Terungkapnya fakta mengenai Stussy ini bisa dibilang sangat menarik. Selain memunculkan spekulasi tentang pengkhianatannya terhadap CP0, spekulasi lainnya pun muncul. Ada kemungkinan Stussy bukan satu-satunya kloning yang sukses dibuat oleh MADS. Logikanya, keberhasilan Stussy akan jadi pemicu untuk kemudian menciptakan kloning lainnya.

Kita memang tidak tahu berapa banyak kloning yang berhasil diciptakan oleh MADS. Namun, bukan hal mustahil jika jumlahnya mencapai puluhan atau bahkan mungkin ratusan. Dan yang tidak kalah menarik juga adalah jika kita melihat Stussy, ada kemungkinan kloning ciptaan MADS lainnya juga menyamar di pihak World Government atau angkatan laut.

Jika spekulasinya benar, maka hal ini jelas sangat menarik dan luar biasa. Karena, artinya secara tidak langsung MADS sudah berhasil menyusupkan kloning ciptaan mereka di tubuh World Government. Tapi, apakah itu memang merupakan rencana MADS atau rencana Vegapunk untuk balas dendam? Masih harus kita tunggu informasinya lebih lanjut. Yang pasti, informasi tentang Stussy semaki menambah kompleksitas cerita di seri One Piece dan membuat alur menuju akhir serinya semakin menarik.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.