Kemunculan Vegapunk dalam arc Egghead kemungkinan bukan hanya akan menyajikan koneksi dengan Luffy atau Franky, melainkan juga dengan sosok Vinsmoke Sanji. Apa yang kemudian jadi koneksi dari kedua karakter tersebut? Sosok Vegapunk pertama kali dihadirkan oleh Oda sebelum timeskip terjadi, pasca peristiwa Enies Lobby. Selain itu, banyak juga referensi yang menyebut nama Vegapunk.

Dalam dunia One Piece, Vegapunk adalah sosok ilmuwan paling cerdas di mana dia berhasil menciptakan banyak penemuan. Yang menarik adalah Vegapunk ternyata memiliki sejarah panjang dengan berbagai hal dan peristiwa penting yang terjadi. Misalnya, bagaimana dia pernah bergabung di kelompok ilmuwan, MADS. Dan hal tersebut membuat banyak spekulasi jika Vegapunk mungkin memiliki koneksi dengan Sanji.

Asal Usul Sanji Terungkap?

Salah satu hal yang mungkin bisa terungkap dari koneksi Vegapunk dan Sanji adalah masa lalunya. Dalam arc Whole Cake Island, memang Eiichiro Oda sudah menghadirkan banyak cerita tentang keluarga Vinsmoke, kerajaan Germa, dan juga masa kecil dari Sanji. Namun, masih ada beberapa hal lainnya yang mungkin masih akan Oda hadirkan dalam ceritanya. Misalnya, tentang rekayasa genetik yang dilakukan judge ke anak-anaknya.

Kita memang sudah tahu jika Judge melakukan hal itu demi membuat sebuah pasukan tanpa hati yang selalu siap jadi mesin pembunuh. Namun, bagaimana dia melakukannya, bagaimana sistem kerja Lineage Factor, dan sebagainya masih belum dijelaskan secara rinci. Dan yang juga membuat penasaran banyak orang tentunya adalah mengapa kemudian hanya Sanji yang tidak berubah seperti saudara-saudaranya.

Bahkan, jika Geeks perhatikan, Reiju, kakak Sanji, juga sebenarnya masih memiliki hati dengan peduli terhadap Sanji ketika tidak ada yang melihat serta membantunya pergi dari Germa. Artinya, mungkin ada yang salah atau tidak sempurna dengan rekayasa genetik yang dilakukan oleh Judge. Dan juga mungkin ada penjelasan dari Vegapunk mengapa hanya Sanji yang beraksi terhadap ramuan milik Sora.

Pada intinya, Vegapunk bisa memberikan penjelasan lebih terkait dengan masa lalu Sanji dan juga berbagai hal menarik baik tentang Lineage Factor atau yang lainnya. Karena itulah, ini bisa jadi salah satu koneksi antara Sanji dan Vegapunk di arc pulau Egghead.

Kekuatan Sanji

Selain tentang bagaimana Sanji bisa jadi satu-satunya anak Judge yang “selamat” dari rekayasa genetik yang dia lakukan, ada lagi teka-teki lain dari Sanji yang belum terjawab. Yaitu bagaimana dia bisa memiliki kekuatan yang dia miliki sekarang. Seperti yang Geeks ketahui, Sanji memiliki kekuatan dahsyat yang juga unik. Dia mampu menggunakan tendangan dengan berbagai teknik luar biasa.

Misalnya, Sanji bisa menggunakan teknik Diable Jambe, Hell Memories, dan yang paling baru adalah Ifrit Jambe. Sanji mampu mengeluarkan api dari kakinya, yang mana sampai saat ini masih belum ada penjelasannya dari Oda Sensei. Dalam pertarungan melawan Queen di Onigashima, salah satu All-Stars tersebut sempat marah bagaimana mungkin Sanji mampu menirukan atau memiliki kekuatan dari ras Lunarian yaitu pengendalian api.

Hal itu pun kemudian mengundang banyak teori dan spekulasi yang muncul di kalangan fans, misalnya dalam rekayasa genetik yang dilakukan oleh Judge dia sempat mencampurkannya dengan ras Lunarian. Semua pertanyaan dan juga spekulasi tersebut bisa saja Oda jawab dengan cara memberikan penjelasan melalui Vegapunk. Mengapa? Hal ini terkait dengan masa lalunya bersama Judge.

Vegapunk pernah menjadi bagian dari sebuah kelompok ilmuwan bernama MADS yang mana salah satu anggota lainnya adalah Judge. Mereka meneliti banyak hal, salah satunya adalah Lineage Factor. Sehingga, Vegapunk tentunya paham dan tahu apa yang terjadi kepada Sanji. Inilah alasan mengapa kemudian Vegapunk memiliki koneksi dengan Sanji dalam hal memberikan penjelasan mengenai asal-usul kekuatannya. Bisa jadi spekulasi para fans terbukti benar.

Koneksi Dengan Judge dan Sora

Seperti yang disebutkan di atas Vegapunk pernah bekerja sama dengan Vinsmoke Judge untuk beberapa waktu. Sehingga, sedikit banyaknya dia tahu tentang sosok Judge. Mereka pernah bekerja sama untuk menciptakan Lineage Factor, dan menggunakannya dengan cara yang berbeda. Judge menggunakan Lineage Factor untuk menciptakan tentara kloning dan pasukan tanpa emosi.

Di sisi lain, Vegapunk menggunakan penemuan tersebut untuk menciptakan tiruan kekuatan buah iblis dan juga menciptakan satelit dan bahkan Pacifista serta Seraphim. Selain juga memiliki koneksi dengan Judge, mungkin Vegapunk memiliki koneksi dengan Sora. Dalam salah satu teori yang sempat berkembang di kalangan fans disebutkan jika Vegapunk sempat menaruh hati terjadap Sora.

Namun, Sora lebih memilih untuk bersama dengan Judge. Teorinya menjelaskan mungkin inilah alasan mengapa salah satu satelit Vegapunk, Liliith, memiliki penampilan yang sangat mirip dengan Sora. Keduanya mungkin pernah memiliki hubungan yang mendalam. Bisa jadi, Lillth adalah bentuk kesukaan atau mungkin kekecewaan dari Vegapunk dengan Sora yang lebih memilih Judge dibandingkan dia. Kesimpulannya, Vegapunk memiliki banyak koneksi menarik yang bisa dibahas terhadap sosok Sanji.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.