Film Avatar 2 berhasil meraih untung besar dengan mendapatkan pemasukan dengan jumlah yang sangat fantastis dan siap untuk menghadirkan film ketiga. Menurut informasinya, Avatar: The Way of Water sudah berhasil mendapatkan jumlah pemasukan lebih dari 1,5 miliar US Dollar. Angka ini bahkan melebihi pendapatan kotor dari film epik dari Tom Cruise yang paling baru yaitu Top Gun: Maverick. Kesuksesan film Avatar 2 ini seolah mengulang kembali kesuksesan dari film pertamanya.

Dalam sebuah wawancara dengan The Hollywood Reporter, sang sutradara, James Cameron, menjelaskan jika tidak butuh waktu lama bagi filmnya untuk kembali ke modal awal (Break Even Point) dan mendapatkan keuntungan. Bahkan, untuk melampaui modal awalnya hanya perlu beberapa hari saja. “Melihat momentum tepat yang dimiliki oleh filmnya saat ini (filmnya) berhasil melampaui modal (produksi) kami dalam waktu beberapa hari kedepan.

Siap Bikin Sekuel Lain

Sebelumnya, Cameron sempat membuat heboh media dengan membuat spekulasi jika Avatar 2 akan mendapatkan pemasukan setidaknya 2 miliar US Dollar untuk mengembalikan modal produksi dan jadi modal untuk menghadirkan sekuel lain. Menurut laporan dari THR, ongkos produksi yang dikucurkan untuk membuat The Way of Water sendiri melebihi angka 400 juta US Dollar. Ditambah dengan biaya marketing dan iklan, jumlah keseluruhannya mencapai angka 600 juta US Dollar.

Melihat kesuksesan besar Avatar 2 ini membuat James Cameron sendiri kembali optimis untuk membuat sekuel lainnya.

Aku tidak bisa memungkiri hal tersebut (keuntungan besar Avatar 2), aku akan menghadirkan sekuel lainnya. Aku tahu apa yang akan aku lakukan untuk enam atau tujuh tahun kedepan. Intinya adalah kita akan baik-baik saja. Aku yakin kita akan mengadakan diskusi dengan para petinggi Disney dalam waktu dekat tentang rencana kedepan untuk Avatar 3, yang mana sudah masuk daftar kami. Avatar 4 dan 5 sendiri sedang dalam penulisan. Sedangkan untuk Avatar 4 sudah mulai dikembangkan. Kita sudah membangun sebuah franchise pada titik ini. Kita sudah memulai sebuah saga yang bisa muncul di berbagai film.

Sekitar setahun yang lalu, James Cameron sendiri sudah menghadirkan rencana besarnya terhadap franchise Avatar. Dalam rencana jangka panjang yang dia buat, sekuel Avatar akan hadir setiap dua tahun sekali mulai dari Avatar 2. Berdasarkan hal tersebut, jika kemudian semuanya sesuai dengan rencana yang ada maka artinya Avatar 3 akan resmi tayang perdana pada Desember 2024 mendatang. Kita nantikan saja ya Geeks kabar lainnya dari Avatar 3 pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.