Mogo – Injustice: Gods Among Us Year 2

Dalam dunia komik, ada banyak hal-hal menarik dan unik termasuk para karakternya. Salah satunya adalah Mogo, yang merupakans sebuah planet hidup. Mogo bergabung dengan Green Lantern Corps dalam menghancurkan Sinestro Corps. Dalam cerita Injustice, Sinestro Corps merupakan salah satu sekutu dari Superman. Dia bahkan memiliki Yellow Lantern Ring di tangannya.

Hal itu terbukti jadi mimpi buruk bagi semuanya, termasuk Mogo. Dengan menggunakan cincin tersebut, Superman kemudian menghancurkan Mogo sang planet hidup. Dia membawa Mogo ke pusat alam semesta, yaitu matahari. Ironisnya, selain nyawa dari Mogo yang dihabisi oleh Superman ternyata proses itu juga ternyata menghabisi nyawa dari sang pahlawan.

Sun-Eater – Action Comics #847

Selain Mogo, karakter unik yang juga muncul di DC Comics adalah Sun-Eater, sebuah senjata hidup yang diciptakan oleh bangsa alien The Controllers. Sun-Eater sendiri sebenarnya adalah sebuah senjata yang sengaja diciptakan untuk menghancurkan planet dan bintang. Dan Superman pun kemudian menghancurkan senjata yang kemudian berubah jadi jahat ini.

Dalam cerita komiknya, Martha Kent sempat khawatir dengan kondisi Clark di Phantom Zone yang dia utarakan kepada suaminya, Jonathan Kent. Namun, Jonathan sendiri berusaha menenangkan sang istri dengan menghadirkan sebuah cerita epik tentang petualangannya dan sang anak menghadapi Sun-Eater yang lepas kendali. Nyawa Sun-Eater akhirnyadihabisi oleh Superman dengan menggunakan Entropy Bomb di bagian inti senjata tersebut.

Imperiex – Our Worlds At War

Our Worlds At War saga merupakan salah satu peristiwa crossover yang kurang begitu populer alias underrated. Hal ini karena ceritanya dianggap kurang menarik dan terlalu banyak menghadirkan perubahan besar. Our Worlds At War bercerita tentang sosok makhluk dewa bernama Imperiex. Dia memiliki kebiasaan untuk menghancurkan sebuah realita untuk kemudian dia bangun sesuai yang dia inginkan.

Dan suatu hari, Imperiex kemudian menemukan bumi dan realita utama DC yang dia anggap memiliki kekurangan dan berusaha untuk dia bentuk ulang. Bekerja sama dengan villain lainnya, Mongul, Imperiex kemudian mulai menghadirkan kekacauan di luar angkasa. Melihat lawan yang dia hadapi, Superman akhirnya menyusun rencana di mana dia menghancurkan semua senjata dan kapal perng Imperiex dengan mendorongnya ke matahari. Hal itu menciptakan momen Bing Bang, dan nyawa Imperiex pun akhirnya dihabisi oleh Superman.

Mister Mxyzptlk – Whatever Happened To The Man Of Tomorrow?

Dimensi kelima biasanya jarang disentuh atau jarang dihadirkan dalam cerita, apalagi dalam kehidupan Superman. Mister Mxyzptlk adalah penguasa dari dimensi kelima tersebut. Dia sebenarnya bukanlah karakter villain seperti beberapa nama di atas. Namun, sering kali apa yang dia lakukan menghadirkan peristiwa fatal dan mengerikan atas dasar keisengan belaka.

Dan hal itu pada akhirnya jadi penyebab Superman menghabisi sang karakter. Whatever Happened To The Man of Tomorrow? merupakan sebuah cerita yang rilis pada 1986 dan jadi jembatan untuk mempertemukan Mister Mxyzptlk dan Superman. Dalam ceritanya Mister Mxyzptlk mengungkapkan identitas asli Clark, yang membuatnya akhirnya berusaha mengalahkan sang karakter. Superman kemudian menjebak Mister Mxyzptlk di dimensi kelima dan Phantom Zone yang membuat tubuhnya kemudian harus terbagi dua.

Darkseid – Final Crisis

Penguasa planet Apokolips, Darkseid, sudah sering membuktikan jika dia adalah salah satu villain terkuat di universe DC. Banyak tim pahlawan yang harus berjuang keras demi menghentikan Darkseid. Final Crisis jadi salah satu cerita yang membuktikan seberapa dahsyat sosok Darkseid sebenarnya. Ceritanya sendiri berfokus pada upaya Darkseid menjadikan bumi sebagau pusat bagi rencana besar Darkseid.

Dia berencana menghancurkan seluruh alam raya. Mengetahui hal ini membuat seluruh pahlawan dari berbagai universe akhirnya bersatu demi menghentikan rencana gila tersebut. Namun, itu nyatanya adalah jebakan dari Darkseid untuk menghancurkan mereka semua. Meskipun begitu, Superman sendiri menyadari satu titik kelemahan dari rencana Darkseid. Dan dengan rencana yang dia buat, Superman menghadirkan serangan balik yaitu dengan menyerangnya menggunakan serangan frekuensi tinggi.

Joker – Injustice

Dari sederet nama di atas, mungkin salah satu yang paling fenomenal dan kontroversial di mana Superman menghabisi nyawa seseorang adalah ketika dia menghabisi nyawa Joker. Momen ini terjadi dalam alur cerita Injustice. Seperti yang dijelaskan di atas, Injustice memperlihatkan bagaimana Superman berubah jadi “gila” akibat ulah racun Joker. Superman berhalusinasi dia bertarung dengan para villain.

Namun, faktanya, yang justru dia hadapi dan kalahkan sampai tewas ternyata adalah istrinya sendiri, Lois Lane. Bahkan, Lois saat itu sedang hamil. Hal ini membuat Superman marah besar dan hancur. Meskipun Batman berusaha untuk menghentikan Superman agar tidak menyerang Joker, pada akhirnya dia muncul di ruang interogasi dan nyawa Joker langsung dihabisi oleh Superman dengan satu pukulan yang menembus tubuhnya.

Clark Kent alias Superman merupakan salah satu karakter terkuat di DC Comics, di mana dia menggunakan kekuatannya untuk kebaikan. Dia tidak pernah mau menggunakannya untuk kekerasan, karena dia takut hal itu justru akan berubah buruk. Dan berbagai momen di atas adalah contoh ketika Superman terpaksa harus kehilangan kendali dan menghabisi lawannya.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.