Meskipun jadi simbol keadilan, faktanya beberapa karakter yang ada di DC Comics ternyata nyawanya pernah dihabisi oleh Superman. Selama lebih dari 84 sejarah kemunculannya di media, Superman sudah dianggap sebagai simbol perdamaian dan keadilan bagi seluruh umat manusia. Meskipun memiliki kekuatan dahsyat, Superman sering kali menolak untuk menggunakannya dalam pertarungan.

Di sisi lain, Clark Kent sendiri mengakui jika dia takut suatu hari nanti akan ada momen dia kehilangan kendali dan berubah jadi mengerikan akibat kekuatannya tersebut. Hal ini pun nyatanya pernah terjadi dalam berbagai cerita dan kesempatan di DC Comics. Superman diperlihatkan menghabisi nyawa dari beberapa karakter. Siapa saja mereka?

Doomsday – The Death Of Superman

Doomsday adalah salah satu karakter awal yang pernah dihabisi nyawanya oleh Superman. Dan dalam pertarungannya dengan monster ini pun nyawa Clark Kent akhirnya harus melayang. Momen pertarungan antara Doomsday dan Superman ini terjadi di cerita The Death of Superman, salah satu cerita yang ikonik dari DC Comics. Doomsday diceritakan kembali bangkit dari kematiannya.

Setelah berhasil bangkit dari kematiannya dan menghadirkan kekacauan, akhirnya Justice League berusaha menghentikan Doomsday. Sayangnya, Doomsday terlalu kuat untuk mereka di mana hanya tersisa Superman untuk berhadapan dengan sang monster. Melihat situasi yang ada, Superman pun melakuan segala cara untuk menghentikannya termasuk mengorbankan nyawanya sendiri.

General Zod, Quex-Ul, dan Zaora – Superman #22

Tidak lama setelah DC Comics menghadirkan versi baru tentang berbagai hal Superman di cerita Crisis of Infinite Earths, Superman berada dalam posisi yang berat. Dia dipaksa menghabisi beberapa nyawa demi menyelamatkan banyak orang. Dan salah satu karakter yang dihabisi nyawanya oleh Superman adalah General Zod. Dalam ceritanya, Superman dari timeline utama bertemu dengan dirinya dalam versi lain berkat Time Trapper.

Selain bertemu versinya yang lebih muda, Clark Kent pun bertemu dengan versi lain dari General Zod, Quex-Ul, dan Zaora. Mereka bertiga kemudian menghadirkan kekacauan di sebuah realita alternatif yang membuat Superman akhirnya terpaksa turun tangan. Meskipun Superman harus melemah akibat Kryptonite, dengan sisa-sisa tenaga dan kekuatan yang ada dia pun menghentikan dan menghabisi ketiganya.

The Flash – DCeased

Superman dan The Flash adalah rival sekaligus sahabat dalam cerita DC. Namun, di salah satu momen diperlihatkan bagaimana Clark tidak ragu untuk menghabisi Barry Allen. Alur cerita DCeased menghadirkan cerita di mana sebuah dunia berada dalam kondisi mengerikan. Hal ini karena Darkseid menyebarkan virus organik ke seluruh dunia, yang mana virus tersebut “menganggu” isi pikiran banyak orang termasuk The Flash.

Dia pun berubah menjadi zombie dan berjalan ke berbagai penjuru dunia, menginfeksi berbagai orang-orang lain. Superman sadar jika dia satu-satunya harapan. Superman kemudian terbang ke berbagai penjuru dunia, dan menghancurkan tubuh mantan rekannya tersebut dengan cara menabrakan dirinya sampai tubuh sang lawan pecah. Sayangnya, sebagian tubuh zombie Barry tersebut ternyata menginveksi juga Superman. Dan seperti yang kita duga, zombie Superman benar-benar sangat mengerikan.

Wonder Woman – Batman/Superman: Absolute Power

Selain The Flash, mantan rekannya yang juga pernah Superman habisi nyawanya adalah Wonder Woman. Diana merupakan salah satu sekutu dan teman yang Clark percaya. Tetapi, dalam cerita ini Clark nampak tidak peduli dengan hubungan tersebut yang akhirnya berujung pada kematian Diana. Batman/Superman: Absolute Power bercerita tentang sebuah timeline di mana Batman dan Superman dibesarkan oleh Legion of Supervillains dari masa depan.

Tujuannya, mengubah keduanya menjadi diktator global dan menjadi sosok yang berkuasa. Wonder Woman sendiri adalah salah satu karakter yang berusaha untuk menghentikan Superman dan Batman dalam upayanya tersebut. Dalam pertarungan Superman melawan Wonder Woman, Diana berhasil menghabisi nyawa Batman dengan pedangnya. Dan hal ini membuat Clark marah besar yang akhirnya menyerang Wonder Woman secara membabi buta sampai tewas. Bahkan, Clark mencekik Diana dengan lasso miliknya sendiri.

Shazam – Injustice: Gods Among Us Year 1

Injustice merupakan salah satu alur cerita yang sangat populer di kalangan fans, di mana diceritakan Superman berubah jadi gila dan jahat akibat ulah Joker. Dalam momen ini, Superman benar-benar menjadi sosok penguasa di bumi. Dan hal ini juga yang akhirnya membuat banyak karakter bersatu untuk menghentikan upaya Superman termasuk Shazam, salah satu rival abadinya.

Billy Batson sendiri marah dengan apa yang terjadi, di mana dia melihat dua idolanya – Batman dan Superman – justru saling berperang. Dia pun akhirnya berusaha menghancurkan Gotham dan Metropolis. Hal ini jelas membuat Superman marah dan pertarungan pun terjadi. Superman kemudian menghabisi Billy dengan brutal, di mana dia menutup mulutnya dengan nafas es dan menggunakan heat vision untuk menghancurkan kepalanya. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.