Setelah lebih dari setahun film Spider-Man: No Way Home rilis di bioskop, fakta tentang karakter Vulture yang diperankan oleh Michael Keaton di MCU akhirnya terungkap. Dan ternyata ada peran yang cukup penting dan besar di film tersebut yang akhirnya tidak dipotong atau tidak jadi tayang. Seperti yang Geeks ketahui, Adrian Toomes alias Vulture pertama kali muncul di film Spider-Man: Homecoming sebagai villain utama di filmnya.

Penampilan apik dari Keaton dalam memerankan sang villain berhasil membuat karakternya jadi salah satu favorit para fans. Nasibnya sempat jadi misteri di akhir cerita, meskipun kemudian terungkap jika Vulture ternyata belum tewas. Banyak fans yang berharap Vulture kembali muncul di film No Way Home kemarin, bersama dengan para villain lainnya seperti Green Goblin. Tetapi, semua itu ternyata hanya harapan sampai kemudian muncul fakta mengejutkan.

Peran Vulture Yang Dipotong

Dalam unggahan di akun Instagram miliknya, seorang seniman konsep (concept artist) Phil Langone membagikan sebuah gambar yang berisi salah satu storyboard untuk film No Way Home. Yang menarik adalah dalam unggahan tersebut diperlihatkan jika terdapat peran dari Vulture di filmnya. Dalam bagian pertama memperlihatkan bagaimana Sandman, Vulture, dan Doc Ock bersembunyi di sebuah garasi.

Kemungkinan mereka semua sengaja bersembunyi di sana sebagai salah satu alternatif tempat selain apartemen milik Happy Hogan. Dalam unggahan tersebut juga terdapat catatan yang tertulis “lokasi dari pengkhianatan Norman Osborn.” Langone sendiri kemudian mengonfirmasinya jika salah satu villain di konsep tersebut adalah Vulture. Sebelumnya pun sempat beredar beberapa konsep gambar dari tempat persembunyian para villain.

Senior Concept Designer, Sean Hargreaves, sempat membagikan gambar yang berupa konsep tempat persembunyian para villain tersebut di ArtStation. Tiga gambar yang dibagikan adalah sebuah toko yang berada di sebuah SPBU dan kompleks motel yang bergaya Amerika. Namun, ternyata kedua konsep tersebut tidak jadi digunakan dan dalam theatrical cut kita melihat akhirnya apartemen Happy Hogan yang dianggap jadi tempat aman untuk para villain bersembunyi.

Ironisnya, ketika kemudian Vulture tidak jadi muncul di film No Way Home justru Sony memiliki rencana lain dengan menghadirkannya di film Morbius. Namun, ternyata itu merupakan keputusan yang fatal di mana Morbius bahkan sudah mendapatkan kritik pedas di awal ulasannya dan dianggap sebagai salah satu film gagal dari Sony. Berdasarkan hal ini, fans Vulture di MCU kemungkinan tidak akan bisa lagi melihat karakter tersebut. Karena, dia pada dasarnya sudah “berpindah dunia”.

Menarik tentunya untuk melihat apa langkah dari Marvel Studios untuk menghadirkan kembali karakter favorit para fans ini. Apakah Kevin Feige akan nekat untuk menghadirkannya lagi di Spider-Man 4 atau dalam proyek film lainnya masih harus kita tunggu. Pasalnya, kehadiran Vulture sendiri banyak diprediksi akan membuka banyak peluang apik dari Spider-Man di MCU misalnya jadi jembatan kemunculan Sinister Six.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.