Dikenal sebagai superhero berarmor, Iron Man adalah salah satu karakter ikonis Marvel yang mempunyai banyak sekali armor dan persenjataan canggih di markasnya. Karena dia telah eksis di Marvel Universe selama puluhan tahun, cukup masuk akal jika pada akhirnya karakter bernama asli Tony Stark ini terus-menerus muncul dengan desain armor baru. Menariknya, dari sekian banyak armor yang pernah dia ciptakan, ternyata 5 di antaranya terbukti memiliki akal dan kecerdasannya sendiri. Hal inilah yang pada akhirnya membuat kelima ciptaan tercanggih Iron Man ini dianggap sebagai armor hidup di Marvel Universe.

Bio-Armor

Pertama kali diceritakan di komik Ultimate Iron Man, armor hidup ini merupakan penemuan canggih varian Tony Stark yang eksis di semesta alternatif Earth-55921. Sesuai dengan namanya, Bio-Armor adalah armor biologis yang terkoneksi langsung dengan tubuh Iron Man melalui pembuluh darahnya. Hal tersebut bisa terjadi karena Bio-Armor terbentuk dari jutaan organisme atau bakteri yang telah disuntik dengan nanorobotik, sehingga Tony bisa mengendalikannya sebagai armor. Selain mempunyai sejumlah kekuatan yang sama seperti armor Iron Man pada umumnya, menariknya ketika Tony ingin melepas armor hidup ini, dia hanya tinggal mandi mengunakan sabun agar semua bakterinya menghilang.

Extrembiote

Dari namanya saja mungkin kalian sudah bisa menebak bahwa Extrembiote merupakan armor hidup Iron Man yang telah bergabung dengan symbiote. Faktanya armor yang pertama kali muncul di komik King In Black #3 ini awalnya adalah Armor Model 70 yang sudah sangat terkenal karena kecanggihannya. Semuanya mulai berubah setelah Iron Man sengaja menyuntikan Extremis Virus pada symbiote naga Grendel milik Knull, agar dia bisa mengendalikannya. Hasilnya symbiote naga tersebut langsung bergabung dengan Armor Model 70, menjadi Extrembiote yang memungkinkan Iron Man untuk mengendarai naga sekaligus berubah menjadi naga.

Endo-Sym

Armor hidup selanjutnya yang mungkin sudah sangat terkenal di kalangan penggemar adalah Endo-Sym Armor yang telah diperkenalkan di Avengers Vol. 5 #32. Kemunculan armor ini bermula ketika Iron Man diceritakan menjadi jahat di peristiwa Axis yang telah membalik semua sifat para karakter Marvel. Dengan pikiran jahatnya, dia lantas menciptakan Endo-Sym armor yang cara kerjanya terinspirasi dari symbiote, sehingga Iron Man bisa mengendalikan semua bagian armornya hanya dengan pikiran. Meskipun semi organik, tetapi armor ini terbukti tahan terhadap serangan yang sangat kuat, seperti petir yang dikeluarkan oleh Storm.

Bleeding Edge

Sama seperti semua armor di daftar ini, pada dasarnya Bleeding Edge adalah armor hidup Iron Man yang sengaja dia sembunyikan di dalam tubuhnya sendiri. Hanya dengan pikiran atau kehendak Iron Man, jutaan nanorobotik yang seukuran dengan sel darah ini akan langsung keluar dan membentuk sebuah armor yang ringan namun kuat. Sejak pertama kali diperkenalkan di komik Invincible Iron Man Vol. 2 #25, armor yang satu ini memungkinkan Iron Man untuk melihat keadaan sekitarnya meskipun menutup mata. Selain itu armor ini juga bisa membentuk beragam senjata baru yang tercipta berdasarkan pikiran Iron Man.

Prime Armor

Pertama kali diceritakan di Free Comic Book Day 2015, bisa dibilang Prime Armor adalah armor Iron Man yang paling superior. Di mana armor hidup ini mempunyai kemampuan untuk berubah bentuk menjadi armor lain, seperti Hulkbuster atau ninja Iron Man yang sepenuhnya baru. Pada dasarnya cara kerja Prime Armor sama dengan Bleeding Edge, di mana jutaan nanorobotik membentuk semua armor yang bisa berubah bentuk sampai ke tingkal molekul. Selama imajinasi Iron Man belum habis, dia bisa kapan pun mengubah armor ini menjadi bentuk yang disuka, begitu juga dengan fungsi dan persenjatannya.

Itulah 5 armor hidup Iron Man yang terbukti sangat efektif sekaligus efisien bagi Tony Stark. Alasannya karena kelima armor ini mempunyai kecerdasannya sendiri, sehingga mereka dapat mengerti apa keinginan Iron Man meskipun dia baru memikirkannya. Yang lebih menariknya lagi, ternyata Bleeding Edge dan Prime Armor adalah dua armor hidup yang akhirnya menginspirasi Marvel Studios untuk menghadirkan Armor Nanotech Iron Man di film Avengers: Infinity Wars dan Endgame. Berdasarkan hal tersebut sudah cukup jelas bahwa armor hidup Iron Man mempunyai tempat khusus di gudang persenjataan miliknya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.