Dengan semua kedahsyatan para Transformers seperti Autobots dan Decepticon, tentunya membuat kita bertanya bagaimana para robot-robot tersebut bisa muncul, seperti apa asal-usul mereka. Seperti yang Geeks ketahui, para Transformers adalah makhluk berbentuk robot yang menjadi bagian dari sebuah planet bernama Cybertron. Cerita tentang kehidupan, pertempuran, dan berbagai hal lainnya sudah sering muncul di berbagai cerita.

Transformers, sesuai namanya, mampu untuk berubah menjadi apa pun. Misalnya mobil, kapal, atau hal-hal lainnya. Bahkan, mereka juga bisa berubah menjadi hewan. Berbicara mengenai asal-usul para Transformers, sebenarnya ada berbagai versi tergantung dari medium mana yang Geeks ikuti ceritanya. Namun, kurang lebih ada beberapa versi penciptaan atau asal-usul dari Transformers. Apa saja?

Quintessons

Dalam alur cerita film animasi Transformers yang muncul pada 1986, diperkenalkan sosok alien jahat bernama Quintessons. Sosoknya baru muncul di musim ketiga seri Transformers yang mana dia ternyata memiliki peran yang penting dalam sejarah Cybertron. Rodimus Prime menjelaskan bahwa dia pernah mendapatkan penglihatan tentang masa lalu dan mengetahui jika pada zaman dahulu Cybertron pernah memiliki sebuah pabrik seukuran planet.

Pabrik tersebut menciptakan dua “jenis” robot yaitu Autobots dan Decepticons. Autobots diciptakan untuk “consumer goods” atau barang-barang yang sampai ke tangan konsumen. Sedangkan Decepticon diciptakan untuk kepentingan militer. Namun, suatu hari, robot hasil kreasi Quintesson ini kemudian mendapatkan “nyawa” yang mana hal itu membuat mereka akhirnya berbalik melawan. Dan pada akhirnya, para robot itu yang menguasai Cybertron.

Dalam versi seri lainnya, seperti Tranformers vs G.I. Joe, terdapat perbedaan detail tentang sosok Quintesson ini. Dalam serinya, diceritakan jika Quintesson adalah makhluk dari dimensi kelima yang kemudian menciptakan sebuah planet hidup bernama “Daiakuron,” yang mana planet ini kemudian memunculkan Primus dan ras Transformers.

Yang paling baru adalah di film Age of Extinction dijelaskan jika para Transformers yang ada di universe itu diciptakan oleh sosok alien bernama “Creators.” Tidak ada informasi jelas mengenai siapa sebenarnya “Creators” tersebut. Namun, yang menarik adalah terdapat sosok robot misterius yang menyebut dirinya sebagai “Quintessa” yang mungkin ada kaitannya dengan penciptaan para Transformers.

Primus

Berbeda dengan cerita Quintessa, sosok Simon Furman muncul dengan idenya sendiri tentang penciptaan Transformers. Seperti yang pernah dihadirkan dalam komik Marvel UK, para Transformers di universe tersebut diciptakan oleh tuhan mereka yang bernama Primus. Sosok Primus sendiri diciptakan oleh alam raya untuk menjadi tandingan bagi sosok jahat bernama Unicron.

Dari sini, cerita pun kemudian berkembang dan terdapat berbagai versi cerita juga yang kemudian muncul. Setelah berhasil menyelamatkan Unicron, Primus kemudian berubah menjadi sebuah planet yang kemudian kita kenal sebagai Cybertron. Dan sejak itu, dia kemudian menciptakan ras Transformers yang kita kenal sekarang. Namun, ada juga versi cerita lainnya.

Untuk membantu mengalahkan Unicron, Primus menciptakan 13 jenis pertama yang kemudian mereka semua menjadi cikal bakal terciptanya para Tranformers. Yang menarikĀ  adalah dalam versi cerita ini, Primus tidak benar-benar tewas. Jiwanya masih hidup dan berada di dalam Matrix of Leadership, yang mana dia akan memilih siapa yang pantas jadi pemimpin Autobots selanjutnya.

AllSpark

Dalam draft awal film Transformers yang rilis pada 2007, para Autobot dan Decepticon sengaja datang ke bumi untuk mencari Matrix of Leadership. Namun, karena satu alasan tertentu akhirnya alur ceritanya dirubah. Mereka muncul di bumi untuk mencari sebuah benda kuno yang awalnya bernama “Energon Cube.” Lalu, kemudian namanya kembali dirubah menjadi “AllSpark” yang diadaptasi dari seri Beast Machines.

Dalam film ini dijelaskan jika AllSpark adalah kreator atau pencipta dari semua Transformers. AllSpark adalah sebuah benda yang mampu berpikir sendiri, misterius, sangat kuat, dan mampu menyuplai energi kehidupan bagi penduduk di Cybertron. AllSpark kemudian membagikan Spark yang jadi nyawa bagi para Transformers dan juga bertanggung jawab terhadap terciptanya para Transformers.

Ketika AllSpark jatuh ke bumi, semua benda mati yang terkena energinya akan berubah menjadi benda hidup. Momen tersebut bernama “AllSpark Mutation.” Konsep ini kemudian dipadukan dengan konsep asal-usul “Primus” di mana Primus yang menciptakan AllSpark yang berasal dari jiwanya. Namun, dalam versi live-action sendiri masih diyakini jika AllSpark bertanggung jawab atas terciptanya Transformers.

Atechnogenesis

Sebelum konsep Quintessa yang dibuat oleh Simor Furman, asal-usul Transformers pertama yang dihadirkan di cerita komik adalah Atechnogenesis. Dalam konsep asal-usul ini dijelaskan jika penciptaan Transformers terjadi akibat sebuah proses ‘Atechnogenesis’ yang mana proses ini sama seperti ‘Abiogenesis.’ Abiogenesis sendiri merupakan sebuah proses biologi yang berasal dari benda mati yang kemudian memberikan jalan untuk menciptakan benda hidup.

Abiogenesis adalah cara untuk menciptakan makhluk hidup di bumi. Dalam konsep Atechnogenesis, para Transformers bisa hidup berkat adanya interaksi antara “berbagai gir yang bergerak secara alami, tuas, dan sebuah katrol” yang ada di planet Cybertron. Namun, konsep asal-usul ini kemudian banyak dilupakan karena dianggap kontroversial.

Evolusi Biomekanik

Dalam konsep yang lebih modern, di komik IDW yang rilis pada 2005 silam dijelaskan pada sebuah planet yang bernama GorlamPrime terdapat penduduk robot humanoid. Robot humanoid tersebut mengembangkan sebuah implan siberkinetik (cybernetic impants), yang mana hal ini membuat tubuh mereka perlahan bertransformasi menjadi seperti Transformers yang kita kenal.

Mereka pun kemudian membangun ulang planet Gorlam Prime dan menamai ulang planetnya menjadi “Cybertron”. Sayangnya, IDW Publishing sendiri masih belum melanjutkan dan mengembangkan konsep asal-usul ini di komiknya sebagai sebuah asal-usul yang memang terbukti dalam penciptaan ras Transformers.

Transformers merupakan sebuah ras yang menarik di mana mereka adalah robot yang memiliki nyawa dan mampu bergerak seperti halnya makhluk hidup lain. Mereka juga bisa bertransformasi menjadi apa pun. Meskipun begitu, asal-usul mereka memang masih belum memiliki kejelasan. Terdapat berbagai versi penciptaan Transformers yang diketahui sejauh ini.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.