Sosok Eustass Kid dan juga kelompok bajak lautnya akhirnya diketahui pergi ke pulau Elbaf di chapter terbaru seri manga One Piece. Informasi ini cukup mengejutkan, karena tidak ada yang menyangka jika Kid akan pergi ke pulau Elbaf. Kemunculannya di pulau para raksasa tersebut seolah memberikan petunjuk tentang kemungkinan balas dendam kekalahan yang terjadi sebelumnya.

Pasca arc Wano Country, ketiga kapten Worst Generation – Kid, Law, dan Luffy – memutuskan untuk pergi ke arah yang berbeda. Sejauh ini, baru Luffy yang sudah diketahui ke mana perginya yaitu pulau Egghead. Sedangkan, untuk Law sendiri masih belum diketahui. Di tengah-tengah pelayaran dia diserang oleh Blackbeard. Untuk Kid sendiri akhirnya terungkap jika dia pergi ke pulau Elbaf.

Balas Dendam Terhadap Shanks?

Dalam chapter 1071 ini muncul informasi tentang kemunculan Eustass Kid dan kelompoknya di pulau Elbaf. Hal ini jelas menjadi sebuah kejutan tersendiri. Pasalnya, pulau Elbaf sudah sejak lama menjadi prediksi para fans untuk jadi pulau selanjutnya yang dikunjungi oleh Luffy dan kelompok Topi Jerami pasca arc Wano. Namun, spekulasinya tidak terbukti dan justru pulau Egghead yang jadi tujuan berikutnya.

Meskipun begitu, para fans sendiri tetap bertahan dengan spekulasinya jika Luffy akan pergi ke pulau Elbaf. Apalagi, di chapter sebelumnya terungkap jika ternyata Jaguar D. Saul masih hidup dan sebagian besar buku-buku dari Ohara tersimpan di sana. Hal ini membuat para fans kembali berspekulasi jika kelompok Topi Jerami akan pergi ke pulau raksasa tersebut.

Namun, fakta sebenarnya muncul jika Kid dan kelompoknya yang justru terlebih dahulu tiba di pulau tersebut. Hal ini mungkin tidak sengaja terjadi dan tanpa sepengetahuan mereka, karena ketiga kapten sudah memiliki arah mereka masing-masing. Untuk saat ini, masih belum diketahui apa yang akan terjadi dengan Kid di pulau Elbaf. Namun, terdapat sebuah skenario epik yang bisa saja muncul.

Apa itu? Skenarionya adalah Kid mungkin akan membalas dendam kekalahannya dari Shanks pada dua tahun lalu. Meskipun belum ada konfirmasi resmi sampai sekarang, namun banyak fans meyakini jika Shanks adalah sosok penjaga atau penguasa wilayah Elbaf. Hal ini berdasarkan beberapa petunjuk yang ada seperti bagaimana para raksasa sangat menghormati Shanks dan teori tentang mitologi Nordik yang berkaitan dengan suku raksasa dan sang Yonko.

Dan sampai saat ini, Shanks jadi satu-satunya Yonko yang tidak diketahui wilayah kekuasaanya. Dalam peristiwa timeskip, Kid sempat menantang dan bertarung melawan Shanks yang mana hal itu terbukti sebuah keputusan yang buruk. Dia kalah dan bahkan harus kehilangan separuh lengannya. Kemunculan Kid di pulau Elbaf bisa jadi momen balas dendam kekalahannya dua tahun lalu dari sosok Shanks.

Konfirmasi Shanks Penjaga Elbaf

Kedatangan Kid dan juga krunya ke pulau Elbaf bisa jadi momen konfirmasi jika Shanks memang adalah penguasa dari pulau tersebut. Seperti yang disebutkan di poin atas, terdapat spekulasi di kalangan fans jika Shanks adalah penjaga pulau Elbaf. Sampai saat ini, masih belum ada konfirmasi terkait hal tersebut. Namun, kemunculan Kid dan krunya di pulau Elbaf bisa jadi momen untuk mengonfirmasi terkait hal ini.

Wilayah di New World semuanya dikuasai oleh keempat Yonko atau penguasa samudra. Misalnya Kaido yang sempat menguasai wilayah Wano sebelum kemudian diambil alih Luffy, kemudian Blackbeard menguasai wilayah di pulau Beehive, serta Buggy yang memiliki wilayah kekuasaan yaitu pulau Karaibari. Bagaimana dengan kelompok Shanks? Sejauh ini, tidak diketahui di mana pulau yang jadi wilayah kekuasaanya.

Pulau Elbaf merupakan pulau yang para penghuninya adalah suku raksasa. Lalu, jika mereka merupakan pulau yang berisi suku raksasa mengapa mereka butuh perlindungan? Siapa yang melindungi mereka? Hal inilah yang masih menjadi sebuah misteri. Namun, terdapat spekulasi bahwa hal tersebut dikarenakan adanya perbedaan kekuatan.

Meskipun mereka adalah suku raksasa, melawan para Yonko tentunya tidaklah sama seperti berhadapan dengan sukunya sendiri. Lalu, siapa pelindung pulau tersebut? Banyak fans menduga bahwa Shanks yang melindungi pulau tersebut. Kesamaan tema tentang mitologi Nordik dan juga Viking dari para raksasa dan Shanks, dianggap sebagai sebuah koneksi tersendiri.

Kemudian, baik para raksasa dan juga Shanks dianggap memiliki nilai-nilai yang sama dalam apa yang mereka anut. Berdasarkan hal tersebut, tidak heran jika kemudian Shanks menjadi pelindung bagi para raksasa tersebut. Jika kemudian spekulasi bahwa Shanks adalah pelindungi dari pulau Elbaf adalah benar, tentunya menarik untuk melihat interaksi diantara mereka.

Sejauh ini, Shanks menjadi kelompok Yonko yang misterius. Tidak banyak hal yang diketahui tentang mereka, terutama mengenai wilayah kekuasaannya. Namun, spekulasi yang menyebutkan bahwa Shanks menjadi pelindung pulau Elbaf dianggap masuk akal dengan pertimbangan di atas. Dan juga, kemunculan Kid dan krunya di pulau ini bisa jadi cara konfirmasi untuk hal itu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.