Terdapat beberapa gadget yang pernah Spider-Man gunakan di universe Marvel Comics yang mungkin jarang diketahui oleh banyak fans. Berbagai senjata dan gadget tersebut sering kali menjadi unsur kejutan ketika Spidey bertarung menghadapi musuh. Karena, hal ini tidak diduga sebelumnya oleh sang musuh. Pasalnya, Spidey lebih sering menggunakan kekuatan jaringnya daripada kekuatan gagdet atau senjata lain.

Spider-Man adalah salah satu karakter yang sangat populer dari Marvel Comics. Hampir semua kalangan mengenal sosok manusia laba-laba satu ini. Spidey memang terkenal karena kemampuan laba-laba miliknya, di mana dia akan menembakan jaring dari tangannya untuk menghadapi musuh dan ancaman lain. Namun, tidak banyak yang tahu jika Spider-Man juga memiliki berbagai senjata dan gadget lainnya yang dia gunakan untuk menghadapi musuh. Lalu, apa saja gadget dan senjata yang pernah Spider-Man gunakan?

Spider-Tracer

Spider-Tracer adalah salah satu penemuan awal atau pertama yang diciptakan oleh Peter Parker. Sesuai namanya, Spider-Tracer merupakan alat yang membantu Peter untuk melacak keberadaan para villain ketika mereka berhasil kabur dari kejarannya. Pada awalnya, Peter menciptakan sebuah alat pelacak yang sangat kecil. Namun, kemudian dia melakukan pembaruan dengan teknologi tersebut.

Peter Parker memperbarui teknologi Spider-Tracer sampai di mana musuh tidak menyadari keberadaan alat pelacak tersebut. Yang menarik juga adalah alat ini ternyata “terkoneksi” dengan Spider-Sense milik Peter, yang mampu membuat Peter melacak dengan mudah keberadaan musuh. Tanpa banyak orang ketahui, Peter terus memperbarui teknologi pelacakan ini.

Venom Blast

Peter Parker bukan satu-satunya Spider-Man yang berhasil menciptakan peralatan canggih sebagai Spider-Man. Sosok lainnya yang juga berhasil melakukan hal yang sama adalah Miles Morales. Seperti yang kita tahu, Miles merupakan sosok dibalik titel Spider-Man di Ultimate Universe. Di sana, Miles juga menciptakan alat yang jauh lebih dahsyat dan mematikan yang dia gunakan sebagai Spider-Man seperti Venom Blast.

Sebagian besar Geeks mungkin mengetahui jika Miles memiliki keunggulan dalam sisi kostumnya. Kostum laba-laba milik Miles mampu untuk berkamuflase, sehingga dia bisa menjalankan misi penyusupan. Namun, di kostumnya juga terdapat sebuah senjata rahasia yang tidak banyak orang ketahui yaitu “Venom Blast.” Ini merupakan senjata andalan Miles di mana dia akan melontarkan serangan bio-elektrik yang sanggup menghabisi nyawa musuhnya.

Spider-Bots

Dalam arc Superior Spider-Man, Peter Parker dan Otto Octavius sempat bertukar jiwa. Doc Ock sempat membuat rencana untuk menjadikan hidup Peter miliknya, sebelum dia menyadari seberapa berat kehidupannya. Hal ini pun membuat Doc Ock akhirnya berubah pikiran dan menjadi sosok yang lebih baik. Dengan kecerdasan yang dia miliki, Otto akhirnya menciptakan robot yang membantunya mengalahkan musuh, Spider-Bots.

Pada dasarnya, ini mirip seperti tentakel yang dia ciptakan di tubuh aslinya. Spider-Bots mampu Doc Ock kendalikan dengan pikirannya. Meskipun tidak memberikan efek destruktif, namun Spider-Bots menjadi telinga dan mata bagi Doc Ock kala itu. Yang luar biasa adalah Spider-Bots bisa berubah menjadi semacam perisai kuat ketika semuanya menyatu.

Spider-Glider

Mungkin sebelumnya Geeks tidak menyangka jika Spidey akan memiliki glider atau papan peluncurnya sendiri. Hal ini terjadi di komik Amazing Spider-Man dalam arc Ends of the Earth. Peter saat itu harus berhadapan dengan Equinox, seorang villain yang mampu mengendalikan suhu. Dia memiliki kekuatan gabungan dari sosok Iceman dan juga Human Torch, yang terbukti jadi kesulitan tersendiri bagi Peter.

Peter akhirnya menemukan cara untuk menghadapi Equinox dengan menirukan cara Green Goblin, yaitu menggunakan glider. Dia kemudian menciptakan glidernya sendiri yang diberi nama Spider-Glider. Pada dasarnya, tidak ada yang berbeda antara Spider-Glider dan glider biasa milik Green Goblin. Hanya saja, Peter benar-benar memaksimalkan semua persenjataan untuk disimpan di glider tersebut. Dan glider ini pun mampu menghindari serangan elemen dari Equinox dengan berada di atasnya.

Spider-Sense

Geeks mungkin heran mengapa Spider-Sense masuk dalam daftar. Meskipun ini bukan termasuk dalam senjata atau gagdet dalam arti yang sesungguhnya, namun tidak perlu diragukan lagi jika Spider-Sense adalah salah satu rahasia besar yang sering memberikan keunggulan dalam pertarungan. Spider-Sense mampu memberikan peringatan kepada Peter Parker dan Spider-Man lainnya di realita lain, bahkan sebelum bahaya tersebut terjadi.

Ketika kemudian bahaya tersebut muncul atau terjadi, refleks laba-laba milik Spider-Man juga akan beraksi. Mereka akan segera bertindak atau menghindari serangan tersebut. Spider-Sense mampu menghindari serangan peluru yang datang, bahkan juga mampu digunakan untuk menjinakan bom dan senjata dengan merasakan dari mana bahaya muncul.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.