Sebagian besar penggemar setia Marvel mungkin sudah tidak asing lagi dengan karakter nyeleneh bernama Wade Wilson alias Deadpool. Pertama kali muncul pada tahun 1991, pemilik healing factor terkuat di Marvel Universe ini merupakan karakter yang terkenal sangat gokil sekaligus brutal. Keunikan inilah yang pada akhirnya membuat popularitas Deadpool tidak pernah padam bahkan sampai sekarang. Menariknya, ketika berbicara tentang karakter yang lebih baik dan lebih gokil dari Deadpool, tentu saja variannya yang tersebar di multiverse adalah jawabannya. Seperti 7 varian Deadpool tergokil berikut ini.

Kidpool

Sesuai dengan namanya, Kidpool merupakan varian Deadpool yang mempunyai usia lebih muda, seperti para karakter lainnya yang eksis di universe alternatif Earth-10330. Pada dasarnya Kidpool kurang lebih sama seperti Deadpool utama, di mana dia suka hal yang brutal dan punya kepribadian yang nyeleneh. Asal usulnya pun hampir sama, di mana sebagian besar kekuatan supernya muncul setelah dia menjadi subjek eksperimen Weapon X yang menyuntikan DNA Wolverine kepadanya. Yang membuat varian ini menarik, dengan semua kegokilan karakternya, Kidpool tampak seperti anak kecil yang sangat nakal.

Headpool

Bagi kalian yang sudah pernah membaca komik Marvel Zombies, pasti tahu dengan varian Deadpool yang satu ini. Dia adalah satu-satunya varian zombie yang berhasil keluar dari universenya dan eksis di universe lain. Sebagai seorang mayat hidup, tentu saja Headpool mempunyai tubuh yang jauh lebih tahan terhadap rasa sakit. Faktanya ketika eksis di universe lain, yang tersisa dari tubuhnya hanyalah kepalanya saja, itulah mengapa dia bernama ‘Head’-pool. Meskipun tidak bisa bertarung dan bergerak bebas, tetapi kehadiran Headpool selalu tampak lebih menghibur dari varian Deadpool lain di sekitarnya.

Lady Deadpool

Lady Deadpool adalah salah satu varian wanita yang cukup populer di kalangan penggemar Marvel dan juga pelaku cosplay wanita di dunia nyata. Karena ketika seorang cosplayer wanita ingin tampil nyentrik sebagai Deadpool mereka bisa memilih kostum varian yang satu ini. Anyway, di Marvel Universe sendiri, Lady Deadpool adalah varian yang terbilang cukup sering melakukan petualangan bersama Deadpool utama di Earth-616. Menariknya, meskipun penampilannya cukup familier, tetapi karakter bernama asli Wanda Wilson ini digambarkan sedikit lebih hebat dan juga lebih heroik dari Wade Wilson. Hal itulah yang membuat penampilannya selalu diantisipasi oleh para penggemar.

Dreadpool

Dari semua varian Deadpool yang eksis di multiverse Marvel, bisa dibilang Dreadpool adalah varian yang terkenal paling jahat sekaligus mengerikan. Semua kegilaan tersebut bermula setelah dia menghapus semua rasionalitasnya demi menjadi Deadpool paling sempurna. Hasilnya, dia menjadi satu-satunya Deadpool yang berkeliling multiverse hanya demi membunuh para superhero dan semua varian baiknya di kisah Deadpool Kills the Marvel Universe. Dengan kata lain, Dreadpool adalah monster berjalan yang lebih ganas dan lebih mematikan dari varian Deadpool mana pun.

Gwenpool

Sebenarnya Gwenpool lebih tepat disebut varian Gwen Stacy daripada varian Wade Wilson. Namun, karena dia memilih untuk menjadi orang ‘tidak waras’, akhirnya banyak penggemar menganggap Gwenpool sebagai versi lain Deadpool yang tidak kalah gokil, itulah mengapa karakternya masuk dalam daftar ini. Salah satu kisah menarik dari Gwenpool adalah ketika dia menggunakan kekuatan break 4th wall-nya untuk mengubah asal usulnya sendiri menjadi seorang mutan. Selain terkenal jenaka, di sisi lain Gwenpool juga sering digambarkan sebagai sosok yang imut sekaligus baik di Marvel Universe.

Zenpool

Zenpool adalah varian Deadpool yang pertama kali muncul setelah supervillain Red Skull berhasil memanipulasi Professor X agar dia menggunakan kekuatannya untuk membalik semua karakter para superhero di Marvel Universe. Alih-alih brutal seperti versi aslinya, Zenpool justru dikenal sebagai sosok yang cinta damai. Dengan pemikirannya yang telah berubah drastis, Zenpool menjadi satu-satunya varian yang sangat senang menolong orang lain, begitu bagi kepada hewan dan tumbuhan. Malah hobi barunya ini cenderung membuatnya seperti orang yang mencintai semuanya tanpa terkecuali.

Venompool

Dalam sejarah Marvel, mungkin hampir semua karakter populer pernah menjadi seorang symbiote seperti Venom atau Carnage. Tanpa terkecuali varian Deadpool yang menjadi Venompool setelah bersatu dengan symbiote Venom. Karena pada dasarnya symbiote dapat membuat sifat negatif inangnya menjadi lebih parah, Venompool akhirnya menjadi varian jahat yang selalu ingin memakan semua orang. Di sisi lain, dia juga mempunyai penampilan yang terbilang lebih unik dari Deadpool lain, karena tubuhnya terdiri dari symbiote yang bisa berubah bentuk menjadi senjata sesuai dengan keingannya sendiri.

Itulah para varian Deadpool yang tidak kalah gokil dari versi utama. Meskipun kisah mereka tidak sebanyak Deadpool di Earth-616, tetapi kemunculan mereka selalu berhasil menarik perhatian banyak penggemar. Salah satu alasannya mungkin karena mereka mempunyai keunikan tersendiri sekaligus tetap mempunyai sejumlah persamaan fundamental yang tidak membuatnya terlalu berbeda. Karena hanya dengan begitu seorang varian Deadpool bisa tampil lebih menonjol atau setidaknya sejajar dengan Deadpool utama. Dari semua varian ini kira-kira mana yang jadi favorit kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.