Pulau Genosha dirumorkan akan jadi markas para mutan di Marvel Cinematic Universe. Tepatnya di film Thunderbolts. Namun, mungkin tidak banyak yang mengetahui tentang apa sebenarnya pulau Genosha dan bagaimana kemudian pulau tersebut bisa menjadi markas para mutan. Kemunculan pulau Genosha tersebut baru saja diketahui, setelah muncul rumor terbaru tentang proyek film yang akan datang.

Sudah sejak lama para fans menantikan kemunculan para mutan di MCU, pasca Disney berhasil mengakuisisi 20th Century Fox. Namun, Marvel Studios sendiri menyebutkan bahwa mereka akan mulai memperkenalkan berbagai hal tentang mutan secara perlahan. Setelah berbagai referensi, muncul kabar terbaru tentang kemunculan pulau para mutan, pulau Genosha. Apa sebernya pulau Genosha tersebut?

Genosha, Pulau Para Budak

Pulau Genosha, atau yang biasa juga disebut sebagai Republik Kepulaan Genosha, adalah sebuah wilayah fiktif yang hadir di Marvel Comics dan berada di perairan timur dari wilayah Afrika. Seperti halnya negara Afrika lain, misalnya Wakanda, wilayah ini merupakan salah satu negara yang sangat kaya. Namun, berbeda dengan Wakanda yang terkenal akan Vibraniumnya, Genosha terkenal karena perbudakan mereka.

Bahkan, inilah sumber pendapatan mereka yang membuat negara ini menjadi sangat kaya. Yang perlu dicatat adalah perbudakan yang dimaksud bukanlah perbudakan manusia seperti yang kita kenal. Melainkan perbudakan dari jenis lainnya, dalam konteks ini adalah para mutan. Dalam cerita komiknya, para penduduk di pulau Genosha diketahui sempat melakukan tes.

Jika kemudian hasilnya positif memiliki gen mutan di dalam tubuh mereka, maka sosok tersebut akan dicabut hak-haknya sebagai manusia. Mereka akan dipekerjakan sebagai budak atau pelayan bagi para manusia lain. Namun, dengan kekuatan yang mereka miliki banyak mutan yang kemudian melakukan perlawanan terhadap sosok yang membeli mereka. Dan ini jadi sebuah masalah besar.

Untuk mengatasi masalah tersebut, Genosha menggunakan teknologi Infinite yang diberikan oleh Sugar Man. Ironisnya, Sugar Man sendiri adalah seorang mutan. Teknologi Infinites membuat para mutan kehilangan kehendak bebas (free will) mereka, dan membuat mereka berpikir untuk memberikan kekuatan mereka demi kepentingan wilayah Genosha.

Berbagai Peristiwa Penting Genosha

Dengan sejarahnya yang panjang, pulau Genosha memiliki berbagai peristiwa penting. Misalnya adalah Revolusi Cortez. Setelah tim X-Men berhasil menghentikan rencana Cameron Hodge untuk menghancurkan dunia dan para anti mutan, Genosha kemudian sempat mengalami masa jayanya. Tidak ada lagi perbudakan para mutan di pulau tersebut.

Meskipun begitu, nyatanya perselisihan antara manusia dan mutan tetap terjadi. Hal ini karena para mutan tetap dianggap tidak sama dan diperlakukan berbeda. Efeknya, keributan dan kekacauan bahkan pertarungan pun menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan. Sebagian kelompok dipimpin oleh Magneto dan para Alcolytes. Hal ini pun memancing perhatian X-Factor.

Mereka melakukan intervensi dan mengembalikan ketertiban dan kedamaian di pulau tersebut. Namun, lagi-lagi hal itu tidak cukup mencegah terjadinya perselisihan. Sebagian mutan nyatanya tidak mau perdamaian itu. Di bawah kepemimpinan Fabian Cortez, para mutan akhirnya memberontak. Dia dan pasukan mutan menghabisi kepala pemerintahan Genosha, yang berujung pada perang saudara.

Pasca pertempuran tersebut, Genosha mengalami pasang-surut di mana wilayah memang sempat dihancurkan namun cenderung bisa bangkit lagi. Selain Fabian Cortez, Magneto juga pernah menjadi pemimpin di wilayah tersebut yang mana hal itu tidak berakhir dengan positif, baik bagi manusia atau pun para mutan itu sendiri. Yang paling epik adalah bagaimana adik dari Professor X, Cassandra Nova menghabisi seluruh mutan di pulau tersebut.

Hal ini terjadi ketika Magneto melanggar perjanjian damai dengan wilayah lainnya, setelah dunia dan PBB memberikan pulau Genosha kepadanya sesuai kesepakatan. Ketika dianggap sudah kelewat batas, akhirnya Cassandra turun tangan pergi ke pulau tersebut dan mulai menghhancurkan semuanya. Magneto sendiri kemudian tewas dalam peristiwa tersebut. Namun, lagi-lagi pulau ini berhasil bangkit di tangan Magneto dan Professor X.

Pulau Genosha sendiri sempat Magneto tenggelamkan, karena tidak ingin wilayahnya dikuasai musuh. Namun, setelah bangkit lagi, yang paling baru adalah pulau ini kemudian ditempati oleh alien bernama Cotati sebagai markas mereka. Para alien ini berencana menyerang Wakanda dan menguasai bumi. Beruntung, Black Panther dan para zombi mutan berhasil menghabisi mereka.

Genosha Versi MCU

Berdasarkan informasi terbaru yang muncul kemarin, Marvel Studios berencana untuk menghadirkan pulau Genosha di Marvel Cinematic Universe. Namun, ada hal menarik yang muncul dalam rencana ini. Jika dalam komiknya pulau ini sudah ada sejak lama, dan memang benar-benar pulau seperti yang kita kenal, lain halnya dengan versi MCU.

Menurut DanielRPK, Marvel Studios berencana menghadirkan sebuah pulau Genosha versi MCU yang akan muncul dari bangkai Celestials yang hampir menghancurkan bumi di film Eternals, yaitu Tiamut.

Sebelumnya memang banyak fans yang bertanya-tanya, apa yang kemudian jadi fungsi kemunculan Tiamut di MCU. Ternyata, selain menjadi referensi kemunculan Celestials di bumi, Marvel berencana untuk mengubah tubuh dari salah satu entitas kosmik tersebut menjadi sebuah pulau. Dan pulaunya sendiri akan menjadi rumah bagi para mutan, mirip seperti pulau Genosha dalam Marvel Comics.

Sayangnya, informasinya sendiri tidak memberikan secara rinci bagaimana Tiamut tersebut kemudian dirubah menjadi sebuah pulau. Namun, pulau Genosha versi MCU sendiri rencananya akan muncul di film Thunderbolt yang akan datang. Di film tersebut akan ada adegan atau momen di mana para Thunderbolts akan mengunjungi pulaunya dalam perburuan mereka terhadap material Adamantium.

Hal ini jelas bisa semakin memperkuat petunjuk kemunculan para X-Men pada masa yang akan datang. Marvel Studios sudah memperkenalkan konsep mutan, gen mutan, dan berbagai hal lainnya. Dengan kemunculan pulau Genosha versi MCU dan juga Adamantium, artinya hanya tinggal masalah waktu sebelum para mutan benar-benar muncul. Kita nantikan saja ya Geeks kabar selanjutnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.