Tahukah jika Superman memiliki pedang yang khusus diciptakan untuk dia gunakan? Namanya sendiri adalah Sword of Superman. Sudah bukan rahasia lagi jika Superman merupakan salah satu karakter terkuat di DC Comics. Superman sudah menjadi simbol dan bahkan wajah industri komik. Sesuai namanya, karakternya terkenal karena kekuatan yang dia miliki.

Superman diketahui kebal hampir terhadap semua hal, yang mana rasanya membuat dia tidak membutuhkan bantuan senjata apa pun untuk bertarung. Namun, mungkin tidak banyak yang tahu jika pada kenyataanya Superman pernah memiliki senjata berupa pedang. Pedang ini memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, yang mana bahkan Superman tidak ingin menggunakannya lagi. Nama pedangnya adalah Sword of Superman.

Asal-Usul Sword of Superman

Sword of Superman diketahui sudah ada sejak lama, bahkan sebelum alam raya ini ada. Pedang tersebut termasuk salah satu relik atau artefak kosmik yang terbentuk oleh momen Bing Bang di awal kemunculan alam raya. Sword of Superman merupakan pedang magis yang memilih sendiri siapa yang bisa menggunakannya, mirip seperti Mjolnir milik Thor dalam cerita Marvel.

Namun, berbeda dengan Mjolnir, Sword of Superman hanya bisa digunakan oleh satu orang saja yang tidak lain adalah Superman. Pedang magis ini hanya muncul sekali dalam cerita komiknya, yaitu dalam komik Superman Annual #10 yang rilis pada tahun 1984. Dalam cerita komiknya, Superman diperlihatkan sedang bertarung melawan seorang villain kosmik bernama King Kosmos.

Superman bertarung melawan King Kosmos di luar angkasa. Namun, kekuatan King Kosmos yang mampu menyerap energi milik Superman membuat sang pahlawan akhirnya kalah dan jatuh ke bumi. Namun, ketika Superman dalam keadaan kalah tiba-tiba muncul pedang magis Sword of Superman yang kemudian memberikannya tambahan energi. Selain itu, pedang ini juga membantunya untuk mengalahkan sang villain.

Setelah semuanya selesai, pedang tersebut kemudian memandu Superman untuk membaca buku tentang raja Arthur dan pedang Excalibur. Clark kemudian menyimpulkan jika pedang tersebut mendatanginya karena memang sudah menjadi takdir untuk dia gunakan, seperti halnya Excalibur. Namun, Superman sendiri kemudian menyadari satu hal ketika menggunakan Sword of Superman.

Senjata Overpowered

Saat menggunakan pedang tersebut, Superman merasakan energi yang sangat luar biasa muncul. Hal tersebut wajar mengingat Sword of Superman tercipta dari peristiwa luar biasa yang berkaitan dengan alam raya. Superman juga menyadari jika orang-orang sudah memandang dirinya berbeda ketika menggunakan Sword of Superman. Mereka merasa jika Superman berhasil dikendalikan atau dipengaruhi oleh pedang magis itu.

Kedahsyatan magis dari pedang ini juga terbukti ampuh untuk menghilangkan mantra yang King Kosmos berlakukan kepada manusia di bumi. Ketika King Kosmos berhasil Superman kalahkan, Superman kemudian menyadari jika kekuatan dari pedang ini terlalu besar untuk dia gunakan. Dia merasa jika energi dan kekuatannya membuat dia berubah menjadi dewa.

Takut tidak mampu untuk mengendalikannya dan juga kehilangan sisi manusianya, Superman akhirnya memutuskan untuk tidak lagi menggunakannya. Dia kemudian mengembalikan pedang tersebut ke luar angkasa dan tidak pernah lagi muncul dalam cerita komik. Hal tersebut seolah sejalan dengan karakter dari Superman, yang mana bukan kekuatannya yang membuat dia luar biasa. Melainkan sisi manusianya. Dan sampai saat ini Sword of Superman sendiri masih tetap jadi salah satu artefak paling kuat di sejarah DC Comics.

Berbagai Pertarungan Pedang Superman

Dalam sejarah DC Comics sendiri sebenarnya ini bukan satu-satunya momen Superman menggunakan pedang. Terdapat beberapa cerita yang pernah menghadirkan Superman menggunakan senjata, khususnya pedang. Misalnya, dalam komik World’s Finest nampak Batman dan Superman bertarung ala gladiator menggunakan pedang dan perisai di sebuah arena pertarungan.

Dalam cerita lanjutan Rebirth, Superman pernah menggunakan sebuah pedang magis lainnya yang dia simpan di Fortress of Solitude. Pedang magis tersebut menjadi andalannya untuk menghadapi musuh ketika dia kehilangan kekuatannya. Dan terakhir, dalam crossover antara DC dan Marvel Master of the Universe, Superman terlihat menggunakan sebuah pedang klasik grayskull.

Pada intinya, meskipun Superman lebih sering mengandalkan kekuatan yang dia miliki namun dia juga pernah menggunakan pedang. Dan dari cerita yang disuguhkan sejauh ini, nampaknya Superman cukup ahli dalam menggunakan pedang. Apakah DC Comics akan kembali menghadirkan cerita Superman menggunakan pedang? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.