Film Ant-Man and The Wasp: Quantumania berpeluang untuk memperkenalkan sebuah kelompok yang memiliki peluang besar untuk menghancurkan bumi yaitu Mapmaker. Namun, siapa mereka sebenarnya? Marvel Cinematic Universe sedang bersiap untuk menghadapi berbagai hal besar yang epik. Salah satu hal yang sudah mereka hadirkan adalah kemunculan sosok Kang.

Kang dan para variant karakternya diperkirakan akan jadi ujung tombak dari momen epik yang terjadi di Phase 5 dan juga masa depan MCU. Namun, selain juga memperkenalkan sosok Kang, film Ant-Man 3 juga kemungkinan memperkenalkan karakter baru lainnya contohnya adalah Micronauts. Yang menarik adalah terdapat spekulasi jika Marvel Studios akan memperkenalkan kelompok misterius baru yaitu Mapmaker.

Siapa Mapmaker?

Dalam cerita komik Marvel, Mapmaker sebenarnya merupakan karakter baru yang diperkenalkan di universe tersebut. Meskipun begitu, peran mereka di universe Marvel cukup besar. Lalu, siapa sebenarnya Mapmaker? Mereka adalah sebuah kelompok misterius yang diciptakan oleh salah satu entitas kosmik terkuat di jagat Marvel, The Beyonders. Kelompok ini diciptakan untuk mengikuti sosok Multiple Man.

Ke mana pun dan di mana pun Multiple Man berada dan tewas, Mapmaker akan pergi ke universe tersebut. Meskipun memiliki misi untuk mengikuti Multiple Man, The Beyonders juga mendesain Mapmaker untuk menjadi pesaing kelompok lainnya yaitu Black Swans, yang diciptakan oleh Doctor Doom. Yang membuat kelompok ini memiliki peran penting adalah Mapmaker secara tidak langsung bertanggung jawab atas berbagai peristiwa incursions.

Incursions sendiri merupakan momen kehancuran dari dua universe yang bertabrakan. Kelompok Mapmaker akan melompati dari satu dunia ke dunia yang lain, dari satu incursions ke incursions yang lain. Setiap kali mereka berada di sebuah dunia, maka biasanya akan ada kehancuran yang muncul. Biasanya, mereka akan membuat sebuah planet kehilangan sumber daya mereka sebelum kemudian dihancurkan.

Mapmaker tidak memiliki moral benar atau salah. Beyonders sengaja mendesain mereka hanya untuk menjalankan misi yang diberikan. Sebagian fans sendiri yakin, jika kemunculan Mapmaker di film Ant-Man 3 nanti bisa jadi jembatan bagi Marvel Studios untuk menghadirkan lebih banyak lagi sosok kuat di jagat sinematik mereka – termasuk The Beyonders.

Mapmaker Muncul Di Ant-Man 3?

Film ketiga dari seri Ant-Man ini akan menghadirkan salah satu variant Kang untuk jadi antagonis utama di filmnya. Dia nampak mengumpulkan pasukan di Dunia Quantum. Apa yang jadi motivasinya masih jadi misteri, meskipun salah satu yang santer dispekulasikan adalah Kang ingin keluar dari Dunia Quantum. Dalam trailer resmi perdananya kemarin, selain menghadirkan sosok Kang, filmnya juga menghadirkan karakter baru.

Karakter baru yang muncul di Dunia Quantum tersebut nampak seperti robot humanoid, di mana banyak fans meyakini jika itu adalah Micronauts. Di komiknya sendiri, Micronauts adalah bangsa/suku yang memang tinggal di Dunia Quantum/Negative Zone. Meskipun begitu, sebagian lainnya meyakini jika kelompok yang ada di dimensi tersebut adalah kelompok Mapmaker.

Apa alasan Marvel Studios menghadirkan Mapmaker di film Ant-Man 3? Seperti yang Geeks ketahui, MCU selalu berhasil menghadirkan karakter dari C-List atau B-List untuk muncul di film mereka. Contoh nyata dari hal ini adalah Wen Wu. Hampir semua fans rasanya asing dengan nama tersebut sampai kemudian MCU menghadirkannya di film Shang-Chi and The Legend of the Ten Rings.

Wen Wu bahkan dihadirkan sebagai ayah dari sosok Shang-Chi dan sosok sebenarnya dari nama “Mandarin.” Hal ini juga bisa jadi akan mereka lakukan terhadap Mapmaker. Marvel bisa jadi akan menghadirkan Mapmaker sesuai dengan komiknya atau menghadirkan perubahan, di mana misalnya mereka adalah Micronauts yang sudah diprogram ulang. Tujuan kemunculan mereka adalah mengumpulkan informasi tentang Kang dan Dunia Quantum untuk kemudian dilaporkan kepada The Beyonders.

Incursions sendiri kemungkinan akan muncul di jagat sinematik Marvel, yang artinya kemunculan Mapmakers jadi sangat krusial. Meskipun tidak akan memengaruhi Dunia Quantum, namun akan terjadi dan memengaruhi di universe utamanya. Dan ini pun bisa jadi ancaman lainnya untuk muncul di film-film Marvel selanjutnya.

Peran Mapmaker Kedepannya

Seperti yang disebutkan di atas, kemunculan Mapmaker kemungkinan sangat krusial mengingat incursion akan terjadi. Dan kemunculan dari Mapmaker di film Ant-Man 3 diyakini juga akan memiliki hubungan dengan proyek Marvel selanjutnya yaitu Secret Wars. Sebagian fans meyakini jika Incursions akan muncul di film Secret Wars yang rilis pada 2026 mendatang.

Incursions, atau hancurnya sebuah alam atau dunia akibat dunia universe yang bertabrakan, diprediksi akan terjadi di film Secret Wars. Dan jika kemudian hal ini memang benar terjadi, maka kemunculan Mapmaker di Ant-Man 3 jelas jadi petunjuk tentang peristiwa mengerikan tersebut. Meskipun Doctor Strange sebelumnya sudah berusaha untuk menghentikan Incursions di film keduanya, namun bukan berarti hal yang sama tidak akan terjadi lagi.  Dan kali ini, dunia mungkin akan benar-benar hancur. Ketika hal ini terjadi, mungkin Marvel Studios akan mengulang semuanya lagi dari awal.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.