Multiverse adalah konsep fiksi yang saat ini tengah populer di kalangan penggemar Marvel. Hal ini disebabkan karena saga terbaru Marvel Cinematic Universe yang berjudul Multiverse Saga telah memperkenalkan konsep tersebut dengan memunculkan universe alternatif dan para karakter varian di dalamnya. Yang pada akhirnya membuat Multiverse Marvel lebih dikenal secara lebih luas oleh para penggemar di seluruh dunia, tanpa terkecuali di Indonesia.

Namun, tahukah kalian kapan sebenarnya Marvel pertama kali memperkenalkan konsep besar ini? Terlebih lagi siapa karakter beruntung pertama yang berhasil menjelajahi Multiverse Marvel? Untuk menjawab hal itu kita harus mundur ke tahun 60-an, di mana Human Torch dari Fantastic Four jadi karakter pertama dalam sejarah Marvel Universe yang melakukan teleportasi ke universe alternatif selain Earth-616. Penasaran seperti apa kisahnya? Mari langsung saja kita bahas, Geeks!

Human Torch, Penjelah Multiverse Pertama

Konsep besar multiverse pertama kali dibangun oleh Marvel Comics sekitar tahun 60-an sampai 70-an. Kisah fiksinya sendiri dimulai dari komik Strange Tales #103 karya Stan Lee, Larry Lieber, dan Jack Kirby yang pertama kali rilis pada tahun 1962. Di mana di komik ini diceritakan bahwa Johnny Storm alias Human Torch menjadi karakter pertama dalam sejarah Marvel yang melakukan teleportasi ke universe alternatif, Earth-6212. Semua bermula saat pemimpin Fantastic Four, Reed Richards alias Mr. Fantastic menemukan sebuah jalur antar dimensi yang mencurigakan.

Mr. Fantastic lantas mengirim Human Torch ke dimensi tersebut untuk melakukan penyelidikan lebih lanjut. Setibanya di dimensi sebrang yang tidak lain adalah Earth-6212, betapa terkejutnya Human Torch setelah melihat bahwa dimensi tersebut sama seperti dunia pada umumnya. Bedanya peradaban di Earth-6212 tampak lebih maju dan canggih dari Bumi di Earth-616. Tidak lama setelah dia menginjakan kakinya di Earth-6212, Human Torch tahu bahwa dia ada di universe alternatif yang sekarang disebut sebagai bagian dari multiverse yang lebih besar.

Sedangkan jalur antar dimensi yang muncul di Earth-616 ternyata merupakan ciptaan diktator Earth-6212 bernama Zemu yang ingin meninvasi dunia sebrang. Singkat cerita Zemu yang mengetahui keberadaan Human Torch lantas langsung menangkapnya. Namun, dalam prosesnya dia berhasil kabur dengan bantuan seorang wanita dari Earth-6212 bernama Valeria. Bersamanya, dia kemudian membantu para penduduk setempat untuk menggulingkan kekuasaan Zemu sampai berhasil. Sejak saat itulah kepemimpinan Earth-6212 dilanjutkan oleh Phineas, ayah Valeria, sementara Human Torch kembali ke dunianya.

Berpacaran dengan Karakter Multiverse

Setelah Human Torch melakukan penjelajahan multiverse pertamanya pada awal tahun 60-an, sebenarnya ada lebih banyak lagi kisah Marvel yang melibatkan universe alternatif dan penjelajahan waktu. Misalnya komik Fantastic Four #19 (1963) yang bercerita tentang pertarungan Fantastic Four melawan Rama-Tut, villain penjelajah waktu yang sekarang dikenal sebagai Kang the Conqueror. Sedangkan Earth-6212 baru diceritakan kembali pada tahun 1972 melalui komik Fantastic Four #160-163. Di mana lagi-lagi Human Torch pergi ke universe alternatif ini untuk berpacaran dengan karakter Multiverse Marvel, Valeria.

Sayangnya, momen indah Human Torch dan Valeria tersebut harus terganggu karena ternyata Earth-6212 kembali dikuasai oleh orang jahat, yaitu Arkon dan DeVoor. Fantastic Four yang mengetahui hal tersebut lantas memutuskan untuk menghentikan semua konflik, yang ternyata telah melibatkan Earth-616 dan universe alternatif lain Earth-712. Kerja sama antara Fantastic Four dari Earth-616 dan variannya dari Earth-712 berhasil mengalahkan Arkon dan DeVoor. Untuk kesekian kalinya, pada akhirnya Earth-6212 kembali bisa diselamatkan, begitu juga dengan hubungan asmara Human Torch.

Dampak Penjelajahan Human Torch

Sebagai karakter pertama Marvel yang melakukan penjelajahan multiverse, tentunya banyak sekali dampak yang dihasilkan dari petualangan ikonik Human Torch tersebut. Mulai dari hal terkecil seperti penggantian nama Earth-6212 menjadi ‘Fifth Dimension’ di Official Handbook of the Marvel Universe A to Z (2006). Kemudian penyebutan ‘multiverse’ di komik What If…? #1 (1977) dan Marvel Two-in-One #50 (1979). Sampai pengesahan nama ‘Earth-616’ di komik The Daredevils #7 (1983). Jika sejak awal Human Torch menolak misinya, mungkin semua ini tidak akan pernah terjadi sampai sekarang.

Itulah pembahasan tentang karakter pertama Marvel yang melakukan penjelajahn multiverse, yang ternyata tidak lain adalah karakter populer Human Torch. Dengan berbekal pengetahuan ini setidaknya kita bisa mengetahui seberapa besar peran Human Torch dan Fantastic Four di Marvel Comics. Mengingat saat ini Marvel Studios tengah mengembangkan film live action Fantastic Four di MCU, sepertinya akan sangat menarik jika film yang akan tayang pada 14 Februari 2025 ini kembali menggambarkan peran besar Human Torch di Multiverse Saga. Kita nantikan saja kejutannya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.