Para calon villain yang akan muncul di Phase 5 Marvel Cinematic Universe sepertinya tidak akan kalah menarik dan jahat dari empat Phase sebelumnya. Bahkan, ancaman yang muncul dari para calon villain ini tidak main-main. Bukan hanya bumi, melainkan seluruh alam semesta Marvel yang kini berada di bawah ancaman mereka. Apakah para pahlawan akan mampu mengalahkan mereka?

Selesai dengan Phase 4, saat ini Marvel Studios sedang bersiap untuk mulai memasuki Phase 5. Berbagai proyek yang sudah mereka siapkan sudah terkonfirmasi sejak acara Comic-Con kemarin. Dengan Thanos yang sekarang tewas dan Avengers yang sudah bubar. Para fans penasaran dengan siapa ancaman selanjutnya yang akan muncul di Phase 5 nanti. Ada beberapa kandidat villain yang mungkin bisa muncul. Siapa saja?

Kang The Conqueror – Ant-Man and The Wasp: Quantumania

Sukses dengan dua film pertamanya, seri Ant-Man akan kembali dengan sekuelnya yaitu Quantumania. Film ini akan kembali menghadirkan Scott Lang, Hank Pym, Janet Van Dyne, dan juga tentunya Hope Van Dyne. Setelah Dunia Quantum menjadi salah satu fokus utama di dua film pertama, di film ketiga ini dimensi tersebut akan jadi setting utama dari ceritanya. Di film ini jugalah salah satu ancaman besar MCU akan muncul.

Siapa sosok tersebut? Tidak lain adalah Kang The Conqueror. Diperkenalkan di akhir episode Loki, Kang diprediksikan akan jadi sosok utama villain di Phase 5 nanti. Dengan kemampuannya untuk bisa melintasi waktu dan menghancurkan kekacauan, wajar jika kemudian dia jadi ancaman selanjutnya setelah Thanos. Di sisi lain, Kang juga memang pernah jadi ancaman besar bagi alam raya Marvel di versi komik. Dan yang menarik, Kang memiliki berbagai versi atau variant. Sebagian mereka ada yang baik, namun ada juga yang jahat.

MODOK – Ant-Man and The Wasp: Quantumania

Kang bukan jadi satu-satunya villain yang akan muncul di film ketiga Ant-Man ini. Karakter villain yang sudah sejak lama diprediksi akan muncul, yaitu M.O.D.O.K, akan juga hadir di filmnya. Pada awalnya, M.O.D.O.K merupakan manusia biasa yang bekerja untuk sebuah perusahaan senjata. Namun, semenjak dia menjadi subyek penelitian ukuran kepalanya pun berubah dan kecerdasannya meningkat.

Semua kelebihan tersebut dia gunakan untuk melakukan kejahatan, dengan menggunakan teknologi dan berbagai hasil karyanya yang lain. Masih belum diketahui sebesar apa peran M.O.D.O.K di film tersebut, namun besar kemungkinan dia akan memiliki koneksi dengan Kang. Belum diketahui siapa yang akan memerankan karakter tersebut. Tetapi sudah banyak bocoran yang memperlihatkan penampilannya di MCU.

High Evolutionary – Guardians of the Galaxy Vol. 3

Kelompok Guardians akan kembali muncul untuk satu petualangan terakhir mereka dalam trilogi Guardians of the Galaxy karya James Gunn. Film ini memperlihatkan bagaimana Star-Lord yang masih sedih akibat kehilangan kekasihnya, Gamora. Bersama dengan para kru yang lain, filmnya akan mengungkapkan berbagai masa lalu dari beberapa kru Guardians. Contohnya adalah Rocket Raccoon.

Yang menarik adalah film ini juga akan memperkenalkan villain kosmik lainnya yaitu High Evolutionary. Dalam acara SDCC kemarin, aktor Chukwudi Iwuji sudah dikonfirmasi akan berperan sebagai karakter tersebut. Iwuji menjelaskan jika karakternya memiliki koneksi dengan beberapa anggota Guardians, contohnya adalah Rocket. Karena, dialah penciptanya. Di komiknya sendiri High Evolutionary mampu memberikan ancaman besar bagi para Avengers, dan bahkan alam raya Marvel.

Adam Warlock – Guardians of the Galaxy Vol. 3

Selain High Evolutionary, karakter baru lainnya yang akan diperkenalkan di film GOTG Vol. 3 adalah Adam Warlock. Sebenarnya, kemunculan karakter Adam Warlock sudah diberikan petunjuk di credit-scene GOTG Vol. 2. Dia nampak berada di dalam kepompong emas yang dibuat oleh the Sovereign. Di komiknya sendiri Adam Warlock sebenarnya adalah sosok pahlawan apalagi untuk melindungi dari berbagai serangan kosmik.

Lalu, mengapa Adam Warlock jadi salah satu ancaman di Phase 5? Hal ini karena Adam memiliki sosok kepribadian lain dalam dirinya yaitu Magus. Simpelnya, Magus adalah versi jahat dari Adam Warlock. Berdasarkan hal ini, wajar jika kemudian Adam juga masuk dalam salah satu daftar villain di Phase 5. Jika kemudian sosok Magus muncul, maka hal ini akan jadi masalah besar bagi tim Guardians bahkan seluruh pahlawan.

Skrulls- Secret Invasion

Berbeda dengan empat karakter villain di atas, para Skrulls akan muncul dan jadi bintang di seri Secret Invasion yang akan tayang pada 2023 mendatang. Serinya disebut-sebut akan membawa perubahan besar bagi MCU. Nick Fury dan Talos akan kembali muncul dalam ceritanya. Mereka bekerja sama untuk mengungkap rencana jahat dari para Skrulls lain yang sudah berhasil menyusup ke jajaran tertinggi dunia.

Dalam sejarah Marvel Comics, para Skrulls sudah sejak lama menjadi musuh bebuyutan para pahlawan. Sementara hal berbeda coba dihadirkan di versi MCU. Skrulls mungkin akan jadi salah satu ancaman besar lainnya bagi bumi dan seluruh dunia di Phase 5 nanti selain para karakter di atas. Selain karena kekuatan alien mereka, para Skrulls juga terkenal karena kemampuan menyamarnya.

Phase 5 sepertinya akan jadi sebuah Phase baru yang benar-benar membawa angin segar di jagat sinematik ini. Diharapkan dengan kemunculan ancaman baru ini akan memunculkan kembali minat dan hype dari para fans setelah dalam beberapa tahun belakangan mereka bosan dan lelah dengan semua tayangan Marvel. Kita nantikan saja ya Geeks seperti apa peran mereka di filmnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.