Meskipun mampu untuk memberikan kekuatan dahsyat kepada para penggunanya, tetapi di sisi lain buah iblis juga memiliki berbagai kelemahan. Berbagai efek negatif tersebut memang jarang untuk terungkap atau terlihat, karena sering kali kedahsyatan dari buah iblis menutupi hal tersebut. Dan inilah yang mungkin tidak terlalu banyak disadari oleh banyak orang.

Buah iblis adalah salah satu sumber kekuatan terbesar dalam cerita One Piece. Bermacam-macam jenis kekuatan dan kemampuan muncul berkat adanya buah iblis ini. Contohnya adalah Luffy dengan kemampuan manusia karetnya, maupun Kaido dengan kekuatan Zoannya. Namun, meskipun buah iblis adalah salah satu kekuatan terbesar dalam seri ini mereka juga memiliki kelemahan. Apa saja?

Kehilangan Kemampuan Berenang

Ini adalah salah satu kelemahan terbesar dari buah iblis yang banyak diketahui oleh semua fans. Di sepanjang cerita One Piece, Oda Sensei memang sering sekali menghadirkan informasi bagaimana pengguna buah iblis pasti akan kehilangan kemampuan berenang mereka di laut. Dan setelah jadi misteri, di chapter 1069 kemarin akhirnya terungkap alasan mengapa hal ini terjadi.

Menurut penjelasan dari Vegapunk, pengguna buah iblis dianggap memiliki kekuatan yang tidak natural atau alami. Dalam artian tidak seharusnya manusia memiliki kekuatan dahsyat seperti kekuatan buah iblis. Hal itu membuat alam – dalam hal ini adalah laut – marah dan tidak menerimanya. Laut pun kemudian membenci dan “mengutuk” mereka yang memiliki kekuatan buah iblis dengan kehilangan kemampuan untuk berenang.

Kehilangan Banyak Stamina

Penggunaan buah iblis yang ada di dunia One Piece memerlukan stamina dan energi yang sangat luar biasa. Hal ini karena kekuatan yang mereka keluarkan sangatlah dahsyat. Inilah alasan mengapa banyak karakter yang nampak kelelahan dengan nafas yang tersengal ketika terlalu lama atau terlalu banyak menggunakan kekuatan buah iblis saat bertarung. Contohnya adalah ketika Luffy bertarung menghadapi berbagai musuh.

Penggunaan stamina dan energi yang jauh lebih dahsyat lagi akan terjadi ketika penggunanya berhasil membangkitkan potensi penuh buah iblis alias awakening. Petunjuk terkait hal ini muncul dalam pertarungan Kid dan Law menghadapi Big Mom. Mereka sengaja menggunakan awakening tersebut sebagai upaya terakhir, karena selain keduanya belum terbiasa dengan kekuatan awakening tenaga yang harus mereka gunakan juga sangat besar.

Kehilangan Kepribadian

Ini mungkin adalah salah satu efek samping yang cukup mengerikan dari buah iblis di dunia One Piece. Namun, kelemahan ini tidak terdapat di semua jenis buah iblis. Berdasarkan informasinya, kehilangan kepribadian akan terjadi ketika seseorang memiliki kekuatan buah iblis tipe Zoan. Seperti yang Geeks ketahui, buah iblis tipe Zoan adalah buah iblis yang mampu memberikan kekuatan binatang kepada penggunanya.

Meskipun begitu, jenis buah iblis Zoan juga memiliki kelemahan saat penggunanya melakukan awakening. Menurut informasi dari Oda Sensei dalam booklet Road to Laugh Tale, yang menjadi kelemahan dari jenis buah iblis ini adalah awakening tersebut ternyata memengaruhi jiwa atau kepribadian dari penggunanya. Karena itulah, ada beberapa pengguna buah iblis Zoan yang benar-benar berubah menjadi binatang. Misalnya, para penjaga di Impel Down. Atau kita juga bisa melihat bagaimana kepribadian Luffy dan Kaido berubah saat menggunakan kekuatan awakening ini.

Kurangi Jatah Hidup Penggunanya

Penggunaan buah iblis yang berlebih akan mengurangi jatah hidup penggunanya. Dengan kata lain, buah iblis bisa merenggut nyawa penggunanya. Dan beberapa karakter pernah menjadi merasakan kengerian dari kekuatan buah iblis. Misalnya, bagaimana penggunaan Gear Second bisa merusak tubuh Luffy.

Kemudian, bagaimana keadaan fisik Whitebeard yang melemah. Padahal, Rayleigh pun usianya sudah tidak lagi muda namun dia masih memiliki kondisi fisik yang dahsyat. Kita juga bisa melihat beberapa karakter penting tidak memiliki kekuatan buah iblis. Misalnya, para kaum naga langit atau keluarga Vinsmoke. Mereka mungkin tahu sisi negatif atau sisi buruk buah iblis yang membuat mereka tidak mau memakannya.

Buah iblis memang menjadi hal yang luar biasa dan dahsyat dalam cerita One Piece. Penggunanya akan secara langsung berubah menjadi sosok mengerikan dengan kekuatan yang mereka miliki. Namun, di balik itu semua terdapat juga hal negatif yang terjadi kepada para penggunanya sebagai efek dari kekuatan tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.