Kalian mungkin sudah tahu siapa superhero pertama di DC dan Marvel. Seperti Dr. Occult yang debut di DC Comics pada tahun 1935 serta Namor the Sub Mariner yang debut di Marvel Comics pada tahun 1938. Namun, kali ini kita akan mundur lebih jauh ke awal tahun 1900-an, untuk membahas pahlawan ‘super’ alias superhero fiksi paling pertama yang dipublikasikan di buku komik. Dia adalah Hugo Hercules, superhero yang menggunakan kekuatan dan kecepatan supernya dengan cara heroik untuk kepentingan publik. Siapa Hugo dan seperti apa kehebatannya? Mari langsung saja kita bahas, Geeks!

Hugo Hercules, Debut di Komik Setrip Tahun 1902

Pertama kali debut di komik setrip koran Amerika, Chicago Tribune, Hugo Hercules adalah superhero fiksi yang diciptakan oleh seniman Wilhelm Heinrich Detlev Korner pada tahun 1902. Berdasarkan tahun debutnya cukup jelas bahwa dia jauh lebih tua dari Superman, Thor, dan sebagainya, bahkan lebih tua dari penerbit DC dan Marvel Comics sendiri. Korner menggambarkan origin Hugo sebagai sosok yang cukup erat dengan mitologi dewa Irlandia. Faktanya, Hugo merupakan reinkarnasi sekaligus anak dari Dewa Lugh yang lebih dikenal dengan sebutan Cu Chulainn.

Lahir pada zaman Irlandia kuno, Hugo kecil sudah terkenal sebagai sosok yang mempunyai kekuatan luar biasa. Semuanya bermula saat dia membunuh anjing ganas dengan tangan kosong. Kemudian saat memasuki usia remaja, dia juga pernah mengalahkan pasukan ratu Medb of Connacht sendirian, kisahnya ini bahkan diceritakan di kisah mitologi Irlandia yang berjudul Tai Bo Cuailnge. Karena pada dasarnya dia adalah seorang demigod, Hugo diberkahi umur yang panjang bahkan sampai pada era modern, di mana dia mengganti namanya dari Cu Chulainn menjadi Hugo.

Pada masa modern, Hugo menggunakan kekuatan supernya untuk membantu orang-orang yang membutuhkan. Mulai dari mengangkatkan mobil seorang pria untuk membantunya menemui kekasihnya yang berada di lantai 2, sampai menghentikan kereta trem untuk penumpang yang ketinggalan. Karena orang-orang modern lebih familier dengan mitologi Yunani daripada Irlandia, mereka yang telah menyaksikan kehebatannya lantas memanggil Hugo dengan sebuatan Hercules. Sejak saat itulah dia lebih terkenal sebagai Hugo Hercules yang sering mengucapkan slogan “Just as easy,” yang artinya ‘mudah sekali’.

Kekuatan Fisiknya Sangat Luar Biasa

Seperti yang telah disinggung di atas, Hugo Hercules adalah superhero pertama yang terkenal karena kekuatan fisik dan kecepatan supernya. Biasanya Hugo akan unjuk kemampuannya saat dia mengikuti sebuah kompetisi olahraga atau untuk menarik perhatian wanita. Walaupun begitu, Hugo juga tidak jarang membantu warga kota yang membutuhkan, mengalahkan penjahat bersenjata, datang lebih awal dari pemadam kebakaran untuk memadamkan api, dan menyelamatkan sejumlah nyawa yang terancam. Hal ini membuat prestasi dan daya tarik Hugo tetap seimbang dengan sisi heroiknya.

Layaknya Superman dan Thor yang terkenal mempunyai kekuatan fisik di luar nalar, Hugo Hercules juga tidak jauh berbeda bahkan mungkin sedikit lebih absurd. Sepanjang sejarahnya, selain pernah mengangkat mobil dan menghentikan kereta trem, Hugo juga pernah mengangkat gajah dengan tangan kosong, menggunakan meriam layaknya pistol, menendang kuda seperti sedang bermain bola, mengangkat lokomotif keluar dari lajurnya, dan bertarung dengan beruang. Meskipun komik setripnya hanya mempunyai tiga sampai empat panel, tetapi Korner berhasil menggambarkan betapa kuatnya Hugo Hercules.

Nasib Hego Hercules Sekarang

Sampai hari ini setidaknya ada 17 komik setrip Hugo Hercules yang ditulis dan digambar langsung oleh William H.D. Korner. Komik-komik tersebut rilis hampir setiap minggu dari 7 September 1902 sampai dengan 11 Januari 1903. Sayangnya, setelah mengerjakan komik setrip terakhirnya yang berjudul Hugo Hercules Wrestles with a Bear, Korner memutuskan berhenti dan menjadi seorang pelukis profesional. Sejak saat itulah kisah sang superhero pertama ini berhenti, setidaknya sampai komikus Alan Moore (Watchmen, Batman: The Killing Joke) kembali menghadirkan karakternya setelah lebih dari satu abad menghilang.

Di komik Nemo: River of Ghosts (2015) yang ditulis oleh Alan Moore dan digambar oleh Kevin O’Neill, Hugo kembali muncul sebagai seorang pengawal bernama Hugo Coghlan. Di mana dia bertugas untuk melindungi sekaligus membantu seorang wanita tua bernama Janni Dakkar yang tengah melakukan sebuah misi untuk membunuh ratu jahat bernama Ayesha. Dalam misi tersebut Hugo tidak pergi sendiri, dia ditemani oleh keluarga perompak Ishmael dan cucu Janni yang bernama Jack. Dalam prosenya dia sempat bertarung melawan pasukan robot Bikinitron, sebelum akhirnya Ayesha berhasil dia kalahkan.

Itulah pembahasan tentang origin dan kekuatan Hugo Hercules, superhero pertama dalam sejarah perkomikan dunia. Meskipun tidak seterkenal superhero DC atau Marvel, tetapi setidaknya Hugo telah menjadi pioner di dunia komik superhero. Bahkan bukan tidak mungkin sebenarnya superhero yang sekarang sangat populer, seperti Superman, Thor, Hulk, dan sebagainya, terinspirasi dari Hugo Hercules yang terkenal sebagai superhero dengan kekuatan fisik luar biasa. Bagaimana menurut kalian, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.