Sosok Vinsmoke Judge sang pemimpin kerajaan Germa di dunia One Piece diyakini memiliki kekuatan Haki yang cukup dahsyat. Namun, meskipun dia memiliki kemampuan tersebut sayangnya hal itu jarang dia perlihatkan atau gunakan. Seperti yang Geeks ketahui, kerajaan Germa merupakan salah satu negara dengan kecanggilan militer nomor wahid di dunia One Piece.

Bahkan, mereka sangat bergantung terhadap berbagai teknologi canggih militer tersebut dan juga berbagai penelitian yang mereka lakukan untuk bisa menang menghadapi musuh. Vinsmoke Judge juga termasuk pengguna berbagai teknologi canggih saat menghadapi musuh kuat. Namun, meskipun sangat bergantung terhadap teknologi ternyata dia juga merupakan sosok yang memiliki kemampuan Haki.

Siapa Vinsmoke Judge

Vinsmoke Judge merupakan ayah biologis dari Sanji beserta keempat saudaranya. Dia juga merupakan pemimpin dari kerajaan Germa dan suami dari Sora. Dalam masalah teknologi, khususnya rekayasa genetika, pemimpin keluarga Vinsmoke dan ayah dari Sanji, Vinsmoke Judge, menjadi ahlinya. Menurut informasi yang ada, Vinsmoke Judge sudah lebih dari 20 tahun bekerja sama dengan sosok misterius paling cerdas yaitu Vegapunk.

Judge banyak menemukan sesuatu yang luar biasa, seperti bagaimana menciptakan sebuah kloning, serta tentang Lineage Factor. Germa 66 dikenal sebagai salah satu kekuatan terbesar, berkat teknologi kloning yang diciptakan oleh Judge. Saking dahsyatnya teknologi ini, Big Mom sampai harus menyusun rencana jahat dengan menikahkan Sanji dan Pudding, demi mendapatkan teknologi tersebut.

Kecerdasan genetika tersebut kemudian dia aplikasikan kepada anak-anaknya, di mana keempat anaknya, termasuk Sanji, mengalami rekayasa genetik di tubuhnya. Kemampuan bertarung dari Judge juga cukup dahsyat, di mana levelnya mampu melebihi anak-anaknya. Sayangnya, memang Judge jarang diperlihatkan bertarung. Namun, dari pernyataan tersebut sendiri sudah menunjukan tentang level kekuatannya.

Kapan Judge Gunakan Haki?

Selain kecerdasannya, serta kemampuan fisik yang dahsyat, Vinsmoke Judge juga diketahui merupakan pengguna kekuatan Haki. Judge pertama kali diperlihatkan bertarung dalam cerita ketika dia menghadapi anaknya, Sanji. Ketika Sanji memperlihatkan kehebatannya dalam penggunaan Armament Haki, Judge nampaknya mengenal betul tentang cara kerja jenis Haki tersebut.

Meskipun begitu, Judge masih tetap terus menggunakan Raid Suit miliknya, tombaknya, dan juga menggunakan kloning ciptaanya untuk memenangkan pertarungan. Judge saat itu masih belum memperlihatkan tanda bahwa dia menggunakan Haki. Dalam pertarungan melawan Big Mom beserta para anak buahnya, lagi-lagi Judge masih belum memperlihatkan kemampuan Haki miliknya.

Dia masih terus menggunakan dan memanfaatkan Raid Suit serta rekayasa genetik yang jadi kelebihannya. Namun, baru di chapter 1068 kemarin kita mendapatkan petunjuk jika Vinsmoke Judge memiliki kekuatan Haki. Dalam cerita sampul yang berjudul, “Germa 66’s Ahh… An Emotionless Excursion,” Judge nampak diperlihatkan sedang bertarung menghadapi mantan rekannya Caesar Clown.

Chapter-1068

Namun, yang menarik adalah bagaimana dalam gambar sampul tersebut terlihat keduanya sama-sama nampak terluka di pertarungan itu. Hal ini pun menjadi dasar jika Judge mungkin memiliki kemampuan Haki, terutama Armament Haki. Pasalnya, Caesar Clown merupakan pengguna buah iblis Gasu Gasu yang berjenis Logia. Artinya, mereka yang tidak memiliki kemampuan Haki tidak akan bisa menyerangnya.

Memang, ada juga spekulasi lain yang mungkin bisa menjelaskan hal tersebut misalnya Judge menggunakan teknologi batu laut yang bisa menetralkan kekuatan buah iblis. Atau mungkin ada teknologi serupa yang merupakan ciptaanya yang kemudian Judge gunakan untuk menghadapi Caesar Clown. Namun, para fans sendiri yakin jika Judge menggunakan Haki daripada menggunakan teknologi.

Judge Ahli Dalam Penggunaan Haki?

Masih belum diketahui apakah Judge memiliki atau menguasai jenis Haki lainnya. Namun, sebagai pemimpin dari sebuah kerajaan ada kemungkinan juga jika Judge memiliki Conqueror’s Haki atau Haki Penakluk. Meksipun begitu, melihat bagaimana Judge jarang menggunakan Haki dalam pertempuran kecil kemungkinan jika Judge memiliki jenis Haki ini.

Bagaimana dengan Observation Haki? Bagi seseorang yang lebih berpihak kepada ilmu pengetahuan, Observation Haki juga menjadi kemampuan yang sangat kecil peluangnya untuk Judge miliki. Judge mungkin berpikir jika dia bisa melakukan apa yang pengguna Observation Haki lakukan dengan menggunakan alat. Berdasarkan hal itu, Vinsmoke Judge bisa jadi hanya memiliki satu jenis Haki saja yaitu Armament Haki.

one-piece-sanji-vs-judge

Tingkat Armament Haki milik Judge pun kemungkinan masih dasar. Mengapa? Hal ini terlihat dari bagaimana dia jarang menggunakannya dan lebih memilih untuk menggunakan hasil ciptaanya. Terlepas dari seberapa tangguh dan hebatnya Judge dalam penggunaan Haki, ini merupakan sesuatu yang sangat jarang dia gunakan terutama dalam sebuah pertarungan.

Jika pun memang Haki yang dimiliki oleh Judge sangat dahsyat, mungkin kita tidak akan melihatnya dalam waktu dekat. Selain karena kecilnya peluang dia untuk kembali ke cerita utama dalam waktu dekat, Judge juga terlalu tergantung kepada ilmu pengetahuan. Judge mungkin hanya menggunakan Haki dalam situasi tertentu. Tanpa Haki pun sosok Judge sudah sangat dahsyat. Tetapi, dia akan jadi sosok yang jauh lebih kuat jika saja dia memang menguasai beberapa jenis Haki.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.