Beberapa fakta terbaru tentang buah iblis akhirnya Eiichiro Oda ungkapkan dalam chapter terbaru seri manga One Piece. Buah iblis selalu menjadi salah satu pusat perhatian para fans mengingat ini merupakan salah satu elemen penting dalam ceritanya. Buah misterius ini diketahui bisa memberikan kekuatan dahsyat kepada mereka yang memakannya.

Namun, karena masih ada berbagai pertanyaan yang belum terjawab tentang buah iblis banyak fans yang kemudian berspekulasi tentang hal ini. Misalnya, apakah memang buah iblis diciptakan oleh iblis/setan atau justru sebenarnya buah iblis adalah buatan manusia. Meskipun begitu, Oda Sensei sendiri sudah memberikan sedikit petunjuk dan fakta terkait hal tersebut. Berikut adalah berbagai fakta buah iblis yang sudah diketahui sampai sejauh ini.

Berasal Dari Keinginan Manusia

Fakta buah iblis yang pertama adalah buah iblis merupakan wujud dari evolusi keinginan besar manusia. Hal ini terungkap dalam chapter 1069 menurut penjelasan dari sosok Vegapunk. Menurutnya, buah iblis kemungkinan adalah hasil evolusi dari hasrat terbesar manusia untuk memiliki kekuatan dan kemampuan dahsyat. Dan semua kemampuan atau kekuatan dari buah iblis yang muncul dalam cerita sampai sekarang, merupakan gambaran dari keinginan tersebut.

Vegapunk menjelaskan jika semua hal yang ada di dunia bisa ada berkat keinginan manusia akan sesuatu. Ketika manusia menginginkan untuk memiliki kekuatan atau kemampuan, mereka pun berusaha untuk mewujudkannya. Bagaimana caranya? Dengan menghadirkan atau menciptakan buah iblis. Sayangnya, kita masih belum tahu bagaimana manusia membuat atau menciptakan buah iblis.

Dibuat Pada Zaman Dahulu

Seperti yang disebutkan oleh Vegapunk, jika buah iblis adalah perwujudan dari keinginan terbesar manusia untuk memiliki kekuatan tertentu. Namun, kita masih belum tahu bagaimana cara membuat buah iblis. Meskipun begitu, sebuah fakta penting muncul di mana buah iblis sebenarnya sudah ada sejak lama. Bahkan, bisa jadi buah iblis sudah ada sejak lebih dari 800 tahun yang lalu.

Apa buktinya? Hal ini berdasarkan percakapan Gorosei saat membahas tentang buah iblis Luffy. Dalam chapter 1044, Gorosei sempat mengungkapkan nama asli Gomu Gomu yaitu Hito Hito no Mi, Model: Nika. Mereka juga menjelaskan jika buah iblis itu sudah jadi incaran sejak 800 tahun yang lalu. Artinya, buah iblis sudah eksis sejak 800 tahun yang lalu atau lebih.

Terdapat Ensiklopedia Tentang Buah Iblis

Fakta buah iblis selanjutnya adalah terdapat sebuah ensiklopedia atau buku referensi tentang semua buah iblis yang ada di dunia One Piece. Ensiklopedia tersebut berisi informasi penting tentang buah iblis. Yang menarik adalah ensiklopedia tersebut tidak bisa dimiliki semua orang, dan menjadi buku yang cukup memberikan pengaruh besar terhadap alur cerita di seri One Piece.

Misalnya, dalam kilas balik Sanji sempat diperlihatkan jika dia pernah membaca sebuah buku ensiklopedia buah iblis. Gorosei pun sempat menyinggung jika mereka sengaja menghapus, menyembunyikan, dan menghilangkan fakta tentang buah iblis Nika dari ensiklopedia. Dan yang paling baru adalah ucapan dari Vegapunk di chapter 1069, yang sempat menyatakan jika Gomu Gomu tidak ada di ensiklopedia buah iblis.

Dianggap “Kutukan”

Meskipun buah iblis dikatakan adalah sebuah evolusi dari keinginan terbesar manusia, namun Vegapunk sendiri menjelaskan jika kekuatan buah iblis tersebut adalah kutukan. Dia sendiri tidak menjelaskan secara eksplisit bahwa kekuatan buah iblis merupakan kutukan. Namun, dalam dialognya Vegapunk mereferensikan kekuatan buah iblis sebagai sebuah kutukan.

Sayangnya, apa yang kemudian jadi alasan buah iblis dianggap sebagai kutukan masih jadi pertanyaan. Selain kutukan, Vegapunk sendiri menyatakan jika memiliki kekuatan buah iblis merupakan sebuah beban tersendiri. Dan yang menarik juga, dia menjelaskan bahwa pengguna buah iblis atau pemilik kekuatan tersebut hidup di sebuah dunia yang berbeda dengan mausia pada umumnya. Apakah mungkin hal ini ada kaitannya dengan kebencian lautan?

Dibenci Oleh Laut

Fakta asal-usul buah iblis terakhir adalah dibenci oleh laut. Apa maksudnya? Menurut Vegapunk, dalam dunia One Piece laut adalah “mother nature” atau “ibu pertiwi.” Laut tidak senang dengan semua “ketidaknormalan” dari mereka yang memiliki kekuatan buah iblis. Kebencian laut tersebut yang jadi alasan kemudian para pengguna buah iblis kemudian tidak bisa atau kehilangan kemampuan berenangnya.

Masih butuh penjelasan lebih konkret dari Oda Sensei terkait dengan poin ini, misalnya bagaimana kemudian laut bisa mengetahui atau merasakan pengguna buah iblis dan kemudian menghilangkan kemampuan berenang mereka. Namun, di sisi lain, kebencian laut tersebut mungkin dirasa masuk akal karena tidak seharusnya manusia memiliki kekuatan yang tidak alamiah seperti itu.

Meskipun sudah berjalan selama lebih dari 20 tahun, kompleksitas buah iblis nyatanya masih tetap muncul di sepanjang cerita One Piece. Meskipun begitu, Oda Sensei sendiri sudah menepati janjinya untuk menjawab pertanyaan besar tentang buah iblis di mana hal tersebut dijawab oleh sosok ilmuwan cerdas yang tidak lain adalah Vegapunk. Kita nantikan saja ya Geeks fakta menarik lainnya tentang buah iblis.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.