Mengapa pihak angkatan laut di cerita One Piece saat ini begitu berhati-hati, bahkan terkesan “melemah” dalam menghadapi berbagai hal, seperti menghadapi Luffy yang ada di pulau Egghead? Apakah mereka sudah tidak lagi berkuasa? Seperti yang Geeks ketahui, angkatan laut berada di bawah kekuasaan World Government dan tugas mereka adalah menjaga kedamaian dari berbagai ancaman yang ada.

Di era sebelumnya, pihak angkatan laut begitu berkuasa di mana tidak ada satu orang pun yang berani untuk menghadapi mereka. Namun, pasca pergantian fleet admiral dari Sengoku ke Akainu ada perubahan besar yang kemudian muncul di tubuh angkatan laut. Salah satunya adalah bagaimana mereka tidak lagi terlalu agresif dalam menghadapi sesuatu. Mengapa kemudian pihak angkatan laut begitu berhati-hati?

Kehilangan Taring

Seperti yang disebutkan di atas, pasca perubahan kepemimpinan di angkatan laut nampak perbedaan jelas bagaimana sikap mereka dalam menghadapi sesuatu. Semenjak jabatan fleet admiral saat ini dipegang oleh Sakazuki alias Akainu, hampir belum pernah ada tindakan tegas atau tindakan yang memperlihatkan keunggulan wajah militer World Government ini. Satu-satunya momen “dahsyat” mereka adalah ketika memburu mantan Shichibukai.

Contoh nyatanya adalah ketika mereka menyerang pulau Amazon Lily untuk menangkap Boa Hancock. Namun, mereka terpaksa mundur karena situasi memburuk pasca kemunculan Blackbeard dan Rayleigh. Kemudian, mereka hampir bisa menangkap Mihawk meskipun kemudian dia berhasil kabur. Juga, satu armada mereka berhasil dihancurkan oleh Crocodile dan Daz Bones. Apakah artinya angkatan laut sudah mulai kehilangan taringnya? Bisa jadi.

Terkekang Aturan

Selain kehilangan taring, kemungkinan lainnya adalah pihak angkatan laut terkekang oleh aturan birokrasi yang ada. Pasca pertempuran epik di Marineford, markas angkatan laut sendiri kemudian dipindahkan di dekat Red Line berdekatan dengan Mary Geoise yang jadi rumah bagi World Government. Masih belum diketahui apa alasan mereka kemudian memindahkannya ke sana.

Mungkin, selain agar pihak angkatan laut memiliki akses ke mana pun dengan cepat, hal ini dilakukan juga agar angkatan laut bisa tetap berada di bawah pengawasan World Government. Sayangnya, hal ini justru dianggap menganggu oleh pihak angkatan laut khususnya Sakazuki. Bahkan, Sakazuki sendiri pernah mengeluhkan hal ini dalam chapter 1054 kemarin.

Dalam chapternya, Akainu mengeluhkan bagaimana birokrasi yang sangat panjang justru membuatnya terkekang dan tidak bisa berbuat banyak. Pasalnya, semua hal, keputusan, dan tindakan yang akan dia lakukan yang berkaitan dengan angkatan laut harus menunggu persetujuan dari pihak Gorosei. Ini tentunya menjadi sesuatu yang tidak diinginkan oleh Akainu yang justru membuatnya frustasi.

Akainu sendiri mengakui bahwa dengan terkekangnya aturan tersebut, banyak kejadian mengerikan terjadi. Misalnya, momen pembunuhan Nefertari Cobra, penyerangan ke Mary Geoise, atau revolusi di berbagai wilayah dan kerajaan. Dia sendiri berusaha untuk menghentikan semua hal tersebut, namun lagi-lagi dia tidak bisa berbuat banyak karena aturan tersebut.

Tahu Kekuatan Lawan

Satu alasan lainnya adalah bisa jadi Akainu sangat berhati-hati karena dia mengetahui kekuatan lawan. Contohnya, saat pertempuran besar di Wano pecah antara aliansi Luffy menghadapi kelompok bajak laut Beast, Kizaru sempat ingin pergi ke pulau tersebut. Namun, Akainu mencegah hal tersebut dengan alasan mereka tidak tahu seberapa besar kekuatan para samurai.

Bahkan, ketika Aramaki diketahui pergi ke Wano, Akainu memberikan peringatan untuk tidak melakukan sesuatu yang bodoh meskipun pada faktanya Aramaki tetap melakukannya. Lalu, apa yang kemudian menjadi alasan Akainu untuk melarang Kizaru datang ke pulau Egghead? Yang paling masuk akal adalah Akainu tahu seberapa dahsyat level kekuatan dari Monkey D. Luffy.

Seperti yang Geeks ketahui, dalam arc Wano Luffy berhasil mengalahkan Kaido yang kemudian membuatnya menjadi salah satu Yonko. Akainu bukalah sosok naif yang tidak memperdulikan fakta tersebut. Akainu tahu seberapa dahsyat sosok Kaido dan bagaimana reputasinya. Luffy, di sisi lain, berhasil untuk mengalahkannya. Kabar kekalahan Kaido dan Big Mom bahkan tersebar kemana-mana.

Akainu sadar seberapa besar peningkatan kekuatan Luffy selama di seri One Piece ini, sehingga dia bisa mengalahkan Kaido. Berasarkan hal tersebut, rasanya wajar jika kemudian Akainu sangat berhati-hati untuk mengirimkan pasukannya ke pulau Egghead. Karena, Akainu sadar siapa lawan yang dia hadapi dan dia tidak ingin pasukan dan kekuatannya terbuang sia-sia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.