Dari sekian banyak villain di Marvel Comics, mungkin ada sebagian yang belum kita dengar namanya. Para karakter tersebut memang jarang muncul dan digunakan dalam cerita, yang mana membuat banyak para fans kurang begitu familiar dengan para villain tersebut. Padahal, tidak sedikit dari para villain tersebut sangat kuat alias overpowered. Siapa saja? Mari kita runut para villain overpowered yang jarang terlibat dalam cerita Marvel.

Abraxas

Ketika Galactus tewas, banyak hal yang terjadi. Banyak orang yang senang dengan kematian Galactus, karena planet mereka tidak lagi terancam hancur akibat rasa laparnya. Tapi, mereka tidak sadar jika Galactus juga memiliki tugas lain yaitu menjaga agar Abraxas tidak membuat kekacauan. Abraxas sendiri adalah entitas kosmik yang memiliki kemampuan yang hampir tidak terbatas.

Dengan kekuatan tersebut Abraxas bisa pergi ke dimensi lain dan timeline lain untuk mengalahkan dan membunuh Galactus di timeline tersebut. Untuk mengalahkan Abraxas, tim Fantastic Four bahkan sampai harus menggunakan Ultimate Nullfier di mana seluruh alam raya ini hilang dan dibuat ulang. Dengan level kekuatan tersebut, Abraxas dianggap mampu untuk menghancurkan apa pun bahkan Celestials. Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu sosok Abraxas.

Michael Korvac

Michael Korvac adalah karakter yang dikenal di komik The Avengers yang rilis pada 1970an. Dalam cerita The Korvac Saga diperlihatkan adanya perselisihan antara kelompok Avengers dan Michael Korvac. Dalam ceritanya, Korvac secara diam-diam mencuri energi kosmik dari Galactus. Setelah mendapatkan kekuatan Power Cosmic milik Galactus, Korvac pun berusaha untuk menghancurkan bumi sebelum kemudian usahanya dicegah oleh para Avengers.

Dengan level kekuatan tersebut, Korvac dianggap sebagai salah satu entitas terkuat di Marvel Comics. Namun, sisi negatif dari level kekuatan yang terlalu dahsyat dari Michael Korvac adalah banyak penulis cerita yang menghindari untuk menggunakannya dalam cerita mereka. Inilah alasan mengapa sosok karakternya kurang begitu dikenal oleh orang-orang. Meskipun begitu, sebagian fans lainnya beranggapan jika Korvac bisa jadi ancaman level kosmik lainnya baik di film MCU atau pun di komik.

Amatsu-Mikaboshi

Jepang juga mempunyai jajaran dewa yang terkenal tangguh dan juga jahat. Salah satunya yang paling jahat adalah Chaos King atau yang dikenal juga sebagai Dewa Kejahatan Amatsu-Mikaboshi. Selain terkenal sebagai dewa yang sangat jahat, Chaos King juga mempunyai hobi yang sangat ekstrem, yaitu membunuh dewa-dewa lain. Bukti kedahsyatan dan kengerian Mikaboshi muncul dalam seri cerita Chaos War.

Sayangnya, pasca alur cerita di seri tersebut sosok karakter Mikaboshi hampir tidak pernah lagi muncul dalam cerita komik mana pun. Mikaboshi sendiri berhasil dikirim ke universe lain di akhir Chaos War. Namun, dengan sebuah universe di mana kematian mampu untuk dimanipulasi, artinya dewa kekacauan ini bisa saja Marvel munculkan kapan pun mereka mau. Namun, bisa jadi ada sentimen lainnya yang membuat Mikaboshi jarang muncul. Pasalnya, di Jepangnya sendiri Mikaboshi merupakan salah satu dewa dalam kepercayaan Shinto.

S’ym

Sebenarnya, cukup mengherankan jika kemudian sosok S’ym kurang begitu populer di kalangan fans. Pasalnya, kurang lebih ada 55 kali kemunculan S’ym di Marvel Comics. Bahkan, sebagian cerita menghadirkan S’ym sebagai salah satu karakter utama. Misalnya, dia pernah menghancurkan cakar adamantium milik Wolverine yang mana menunjukan jika S’ym alias Duke Bleys adalah sosok villain kuat.

S’ym sendiri sempat menjadi penguasa dimensi Limbo untuk beberapa waktu. Meskipun begitu, sayangnya S’ym tetap kurang begitu dikenal dan lebih sering menjadi karakter pendukung. Meskipun dia sudah berubah menjadi cyborg yang badass sekali pun kepopulerannya tidak bisa hadir secara maksimal. Apakah dengan diperkenalkannya mutan di MCU kepopuleran S’ym akan mulai naik?

Cyttorak

Geeks mungkin tidak asing dengan salah satu villain di universe Marvel yang juga sempat muncul di MCU, yaitu Juggernaut. Namun, tahukah Geeks jika sumber kekuatan dari Juggernaut berasal dari makhluk kosmik bernama Cyttorak? Sosok Cyttorak sendiri sering kali dianggap sebagai dewa, meskipun tidak jarang juga dianggap sebagai iblis. Terlepas dari itu, namanya kurang begitu dikenal.

228f22f2ba72ef83-600x338

Padahal, di sepanjang sejarah kemunculannya di Marvel Comics, dia sudah muncul sebanyak lebih dari 20 kali dan namanya sudah sering direferensikan. Contohnya adalah namanya muncul sebagai salah satu benda kosmik kuat yaitu Crimson Band of Cyttorak. Dengan kedahsyatan dari karakter dan kekuatannya, serta rencana dibuatnya Deadpool 3, mungkin Marvel Studios bisa mulai menghadirkan Cyttorak dalam versi live-action.

Ravenous

Villain overpowered Marvel yang jarang diketahui yang terakhir adalah Ravenous. Ravenous merupakan salah satu villain underrated yang sudah muncul di empat cerita besar dalam Marvel Comics. Salah satunya adalah peristiwa yang populer yaitu Annihilation Wave. Ravenous merupakan villain yang membangkitkan kembali sang villain utama, Annihilus, dan bahkan menjadi sidekick-nya saat menginvasi berbagai planet.

66f5d618abb648a5-600x338

Namun, yang banyak disayangkan para fans adalah berbagai kekuatan yang dia miliki dianggap mirip dengan Silver Surfer. Mungkin, Ravenous sedikit lebih kuat dari Silver Surfer. Sejak saat itu, Ravenous jarang lagi muncul dalam cerita komiknya. Mungkin, kedepannya Marvel Comics bisa menyandingkan Ravenous dengan para karakter villain dahsyat lain, misalnya Galactus.

Entah karena alasan kekuatan yang terlalu dahsyat atau karena ada sentimen lainnya, para karakter villain overpowered di atas kurang begitu populer meskipun pernah terlibat di banyak peristiwa besar dan populer. Padahal, mereka memiliki potensi untuk menjadi villain menarik pada masa depan. Namun, tentunya mereka masih memiliki kesempatan untuk muncul di peristiwa atau alur cerita lainnya.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.