Predacons

Selain Maximals, kisah Beast Wars juga telah memperkenalkan Predacons yang merupakan keturunan Decepticons. Bahkan jenis Transformers jahat ini dipimpin langsung oleh varian Megatron yang ternyata masih eksis sampai tahun 2300. Bedanya, di era hewan buas ini Megatron digambarkan bisa berubah menjadi dinosaurus t-rex. Sedangkan anggota Predacons lain umumnya adalah robot yang bisa berubah menjadi hewan prasejarah atau serangga mematikan. Termasuk Inferno (semut api), Terrorsaur (pterodactyl), Quickstrike (ular kobra), Waspinator (tawon), dan Blackarachnia (laba-laba black widow).

Terrorcons

Muncul pertama kali di serial animasi Transformers era Galvatron (pengganti Megatron), Terrorcons adalah sub-grup Decepticons yang terdiri dari 5 robot berbentuk monster mengerikan. Mereka adalah Hun-Gurrr, Blot, Cutthroat, Rippersnapper, dan Sinnertwin, yang memang bentuknya sulit untuk diidentifikasi. Terrorcons adalah jenis Transformers yang akan sangat kuat ketika bersama, di mana mereka bisa bergabung menjadi robot Combiner yang dikenal dengan sebutan Abominus. Dalam beberapa kisah lainnya, para Terrorcons juga sering digambarkan sebagai robot zombie yang sulit mati.

Dinobots

Debut sebelum Maximals dan Predacons, Dinobots adalah sub-grup Autobots yang sejak awal sudah terkenal mampu berubah menjadi dinosaurus. Mereka adalah jenis Transformers yang terdiri dari para pejuang tangguh, seperti Slug (triceratops), Scorn (spinosaurus), Strafe (pteranodon), dan Snarl (stegosaurus) dan sang pemimpin Grimlock (t-rex). Meskipun bagian dari Autobots, tetapi para Dinobots tidak suka kepada kelompok Optimus Prime yang mereka anggap terlalu ‘lembek’. Hal tersebut bisa terjadi karena pada dasarnya mereka memang diciptakan untuk lebih agresif dari Autobots pada umumnya.

Insecticons

Untuk mengatasi para Dinobots yang terkenal tangguh, biasanya Megatron akan mengutus sub-grup Decepticons yang dikenal sebagai Insecticons. Sesuai dengan namanya, Insecticons adalah jenis Transformers yang bisa berubah menjadi serangga, jauh sebelum debut Maximals dan Predacons. Anggota Insecticons sendiri hanya terdiri dari tiga robot, yaitu sang pemimpin Shrapnel (kumbang rusa), Bombshell (kumbang badak), dan Kickback (belalang). Walaupun jumlahnya sedikit, tetapi mereka terbukti mampu mengalahkan Combiner sekelas Devastator dan menandingi para Dinobots.

Itulah 7 jenis Transformers yang terkenal sangat tangguh di semestanya. Tidak kalah dari Autobots dan Decepticons, jenis robot lain termasuk Maximals dan Predacons juga telah membuktikan bahwa mereka layak untuk eksis di semesta yang memang dipenuhi oleh para robot raksasa kuat. Meskipun Terrorcons, Dinobots, dan Insecticons hanya sebatas sub-grup, tetapi mereka juga tidak kalah unik dari jenis robot utamanya. Menariknya, kita akan bisa melihat versi live action dari Maximals, Predacons, dan Terrorcons di film Transformers: Rise of the Beast yang akan tayang pada tanggal 9 Juni 2023 mendatang.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.