Dari sekian banyak robot yang eksis di semesta Transformers, mungkin kita sudah tidak asing lagi dengan Autobots dan Decepticons. Mereka adalah dua jenis Transformers yang telah memulai waralabanya pada tahun 80-an. Di mana Autobots dipimpin oleh robot bijaksana Optimus Prime, sedangkan Decepticons dipimpin oleh robot kejam Megatron. Namun, tahukah kalian, di semesta Transformers sendiri sebenarnya ada banyak sekali jenis robot selain kedua kelompok tersebut? Langsung saja simak daftar di bawah ini, Geeks!

Autobots

Jenis robot pertama yang mungkin paling populer di antara semuanya adalah Autobots. Dipimpin oleh Optimus Prime, jenis Transformers yang satu ini dikenal sebagai pesaing utama dari Decepticons, musuh bebuyutannya yang terkenal jahat. Mereka pada dasarnya adalah bangsa pekerja di Cybertron yang ingin menciptakan keadilan dan kedamaian di galaksi. Sebagai robot pekerja, mereka umumnya mempunyai bentuk yang tidak terlalu agresif, seperti mobil, motor, atau truk. Selain Optimus, robot seperti Bumblebee, Ironhide, Hotrod, dan Alita-1 adalah Autobots yang cukup terkenal di kalangan penggemar.

Decepticons

Di sisi yang berlawanan dengan Autobots, terdapat jenis robot militer Decepticons yang dipimpin oleh Megatron. Sama-sama penduduk Cybertron, tetapi para Decepticons lahir dengan program dipikiran mereka bahwa kekuasaan dan kekuatan adalah segalanya. Ambisi tersebut sangat selaras dengan para anggota populer dari Decepticons, seperti Starscream, Shockwave, bahkan robot sebesar planet bernama Unicron. Di mana umumnya mereka juga bisa berubah menjadi bentuk kendaraan yang lebih sangar, seperti pesawat tempur, tank, dan juga meriam dengan daya ledak yang sangat besar.

Maximals

Pada tahun 90-an, Hasbro pernah mengambil langkah yang cukup drastis dengan memperkenalkan jenis Transformers baru di kisah Beast Wars, yaitu Maximals. Dengan cerita yang berlangsung pada abad ke-23, Maximals sendiri digambarkan sebagai keturunan langsung Autobots yang terkenal bisa berubah menjadi hewan. Pemimpin mereka adalah Optimus Primal yang bisa berubah menjadi gorila raksasa. Maximals sendiri umumnya terdiri para robot hewan yang akan melawan ketika wilayahnya terganggu, seperti Cheetor (cheetah), Rhinox (badak), Airazor (burung peregrine), dan sebagainya. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.