Superboy

Nama Superboy mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Geeks semua, mengingat ini adalah anak dari pasangan Superman dan juga Lois Lane. Namun, yang menjadi catatan adalah Conner Kent alias Kon-El ini bukanlah manusia “murni” melainkan hybrid. Dalam sebuah proyek bernama ‘Cadmus’ yang dibuat oleh Lex Luthor dari New Earth, dia menggabungkan DNA Superman dan Lois Lane.

Dan hasilnya sangat luar biasa, di mana Lex berhasil menciptakan superhero “tiruan” Superman yang kemudian diberi nama Superboy. Secara kekuatan, sebenarnya Superboy tidak memiliki kedahsyatan layaknya Superman. Namun, dengan DNA penduduk Krypton di dalamnya Conner tetap menjadi karakter yang kuat dengan versinya sendiri.

Shazam

Nama Shazam saat ini sudah mulai populer di kalangan pecinta film dan komik berkat kemunculannya di DC Extended Universe. Seperti yang kita ketahui, ketika seorang remaja bernama Billy Batson meneriakkan “Shazam!” maka dia akan berubah menjadi superhero yang diberkahi kekuatan dewa. Superhero ini bernama Shazam. Banyak sejarah atau cerita menarik di balik kemunculan Shazam di DC Comics.

Pada awalnya, Fawcett Comics adalah pemegang hak untuk karakter tersebut. Setelah DC Comics membeli hak cipta Shazam (awalnya bernama Captain Marvel) dari Fawcett Comics, barulah karakter ini muncul di berbagai komik DC. Dalam beberapa cerita komiknya tidak jarang Shazam dan Superman saling bertarung. Berkat kekuatan dari penyihir kuat, Shazam bisa jadi superhero “tiruan” Superman.

Homelander

Tentunya Geeks juga sudah tidak asing dengan sosok yang satu ini. Homelander merupakan villain utama dalam seri komik The Boys, yang kemudian diadaptasi dalam seri TV. Sebagai pemimpin tim The Seven, Homelander jelas adalah superhero “tiruan” Superman. Mengapa? Karena, hampir semua hal dari sosok Homelander merupakan “tiruan” dari Superman.

Contohnya, Homelander memiliki kemampuan dan penampilan yang hampir sama dengan Superman. Selain itu, layaknya Superman, Homelander menggambarkan sosoknya sebagai seorang patriot dengan misinya adalah menjaga perdamaian global. Yang jadi perbedaan mencolok antara Homelander dan Superman adalah moralnya. Tidak seperti Superman, Homelander adalah seorang psikopat rasis.

Martian Mannhunter

Nama Martian Mannhunter merupakan salah satu karakter di DC Comics yang bisa dibilang sangat underrated. DC Comics tidak jarang menghadirkan cerita tentang karakter yang memperlihatkan bagaimana dia begitu mudah kalah atau tewas. Misalnya, dalam cerita Final Crisis. Padahal, faktanya, Martian Mannhunter merupakan karakter yang memiliki kemampuan dan kekuatan yang setara dengan Superman.

Martian Mannhunter juga adalah sosok alien seperti halnya Superman. Muncul pertama kali pada 1955, karakter yang memiliki nama asli J’onzz J’onzz tidak sengaja pergi ke bumi setelah sebuah uji coba mengalami kegagalan. Kemampuan untuk berubah bentuk (shapeshifting) adalah keunggulan utama dari karakternya. Satu hal yang membuat Martian Mannhunter jadi tiruan Superman adalah dia juga merupakan sosok terakhir dari planetnya.

Wonder Man

Selain Sentry, sebenarnya para fans sendiri beranggapan jika karakter Marvel lain yang merupakan superhero “tiruan” Superman adalah Wonder Man. Bahkan, dia dianggap jauh lebih “mirip” Superman daripada Sentry. Kekuatan dan kemampuan Wonder Man hampir mirip dengan Superman, hanya saja Wonder Man memiliki keunggulan yang tidak dimiliki Superman. Contohnya shapeshifting atau teleportasi.

Hampir tidak ada yang tidak bisa dia lakukan. Namun, ironisnya, kepopuleran dari Wonder Man kalah jauh dibandingkan karakter superhero Marvel lain. Bahkan, sampai sejauh ini, tidak ada keinginan para fans untuk menghadirkan sosok karakter Wonder Man di MCU. Tapi, hal ini mungkin sesuai dengan karakternya yang memang cinta damai, yang lagi-lagi mirip seperti Superman.

Kepopuleran Superman tidak pelak memancing industri komik untuk berlomba-lomba menghadirkan karakter superhero yang merupakan “tiruan” dari sosok tersebut. Hal itu rasanya wajar, selama semuanya tetap berpegang pada kaedah hukum hak cipta. Apakah akan ada karakter lainnya yang muncul? Kita nantikan saja ya Geeks!

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.