Dengan nama yang sangat legendaris dan luar biasa tidak heran jika ada superhero “tiruan” Superman dalam dunia komik atau pun dunia pahlawan super. Muncul pertama kali di Action Comics pada 1938, tidak butuh waktu lama bagi pahlawan super yang berasal dari DC Comics tersebut untuk meraih kesuksesan. Bahkan, kepopuleran Superman saat ini bukan hanya menjadi ikon bagi DC Comics melainkan juga cerita pahlawan super.

Superman sendiri terkenal dengan kekuatannya yang membuat dia hampir abadi. Bahkan, Superman menjadi salah satu karakter pahlawan super terkuat yang pernah ada. Karakternya banyak muncul di berbagai medium, dan harus diakui jika kemunculan Superman nyatanya berhasil menginspirasi berbagai perusahaan komik lain untuk menghadirkan karakter yang serupa. Berikut adalah beberapa superhero “tiruan” Superman.

Bizzaro

Nama Bizzaro mungkin kurang begitu familiar di telinga banyak Geeks, apalagi jika tidak mengikuti cerita petualangan Superman atau Superboy. Dalam cerita DC Comics sendiri Bizzaro merupakan karakter yang “multifungsi.” Terdapat beberapa villain yang pernah menggunakan nama ini, namun ada juga sosok Bizzaro yangmerupakan hasil kloning dari Superman.

Muncul pertama kali pada 1958, Bizzaro pada awalnya merupakan musuh bagi Superboy. Namun, DC Comics juga tidak jarang menghadirkan cerita epik yang memperlihatkan pertarungan Bizzaro menghadapi Superman. Yang menarik adalah penampilan Bizzaro nampak menyeramkan, di mana tubuhnya terlihat seperti zombie. Dia juga berasal dari planet Htrae yang merupakan kebalikand dari Earth. Berbeda dari Superman, Bizzaro mempunyai kemampuan untuk mengeluarkan laser es dari matanya dan juga napas api.

Vulcan

Sebenarnya Vulcan merupakan saudara dari Cyclops dan juga Havok, namun tidak banyak orang yag tahu tentang fakta ini. Vulcan sendiri memiliki sejarah yang lebih kelam dibandingkan kedua saudaranya. Setelah kedua orang tuanya dibunuh oleh kerajaan Shi’ar, dia kemudian dijadikan budak oleh kerajaan tersebut. Vulcan sebenarnya bisa saja memiliki masa depan cerah bersama X-Men. Tapi, Vulcan akhirnya memilih untuk membalas dendam kerajaan Shi’ar.

Vulcan sendiri memiliki kekuatan yang luar biasa untuk bisa memanipulasi energi. Dan kekuatannya jauh lebih baik dari kedua saudaranya. Dengan kekuatannya tersebut, bahkan Vulcan bisa mengendalikan kekuatan Cyclops dan Havok serta para karakter lainnya. Vulcan pun mampu seluruh energi yang ada, menjadikan dirinya salah satu sosok paling kuat di alam raya Marvel. Berdasarkan hal ini rasanya masuk akal jika Vulcan masuk dalam daftar superhero “tiruan” Superman.

Ikaris

Menjadi bagian dari ras baru yang diciptakan oleh Celestials, Ikaris merupakan salah satu anggota terkuat dari The Eternals dan merupakan pemimpin dari kelompok tersebut. Ketika berbicara tentang kekuatan, dalam ceritanya Ikaris diperlihatkan mampu bertarung satu lawan satu melawan Hulk dan Thor. Ikaris juga bisa mengeluarkan energi kosmik dari mata dan tangannya, yang mana hal ini sering jadi andalan untuk menghadapi musuh seperti the Deviants.

Ikaris sering mengganti berbagai tradisi lama The Eternals untuk diganti dengan era heroik terbaru. Selain menjadi pemimpin dan pelindung bagi Eternals, dia juga menjadi pelindung bumi, yang menunjukan bahwa dia bisa dipercaya dan patut dihormati oleh seluruh galaksi. Hal ini pula yang dilakukan oleh Superman dalam ceritanya, yang membuat dia begitu disegani oleh banyak karakter.

Sentry

Bob Reynolds alias Sentry merupakan salah satu karakter pahlawan paling kuat di seluruh alam raya Marvel. Ketika Bob pertama kali diperkenalkan dalam komik Sentry #1 pada tahun 2000, masa lalunya menjadi sebuah misteri. Tidak ada satu orang pun yang mengingat siapa dia sebenarnya. Namun, hal ini sebenarnya dilakukan untuk melindungi umat manusia dari kepribadiannya yang lain yang memiliki sikap jahat, the Void.

Bob mendapatkan kekuatannya setelah dia mencuri sebuah serum Super Soldier, dan kemudian mengonsumsinya. Tanpa diduga, dia mendapatkan kekuatan yang sangat luar biasa. Kekuatannya sama dengan satu juta matahari yang meledak. Selain kekuatan super, Sentry memiliki sederet kekuatan lainnya, termasuk energi yang berasal dari kekuatannya sendiri. Dengan semua kemampuan dan kekuatan yang ada, wajar jika Sentry merupakan sosok superhero “tiruan” Superman. BERSAMBUNG KE HALAMAN 2!

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.