Siapa yang tidak mengenal Transformers? Robot yang lebih populer di Hollywood ini mempunyai ciri khas di mana mereka bisa berubah menjadi bentuk lain, mulai dari kendaraan sampai pesawat terbang. Pertama kali berdiri pada tahun 2007, waralaba film live action-nya sendiri sampai sekarang telah memperkenalkan banyak sekali robot keren, termasuk para Autobots dan Decepticons. Namun, sadarkah kalian di antara semua robot yang muncul di filmnya, 7 di antaranya adalah Transformers wanita yang tidak kalah hebat dari Transformer pria. Siapa saja mereka? Simak daftarnya di bawah ini, Geeks!

Arcee

Arcee adalah Autobots berwarna merah muda yang bisa berubah bentuk menjadi motor sport Ducati 848. Pertama kali muncul di film Revenge of Fallen, dia bersama dua kembarannya, Elita-1 dan Chromia, diperlihatkan berhasil mengejar sekaligus mengalahkan Decepticons Sideswipe. Meskipun kematiannya sempat disinggung di film Age of Extinction, karakternya dipastikan akan kembali muncul di film Transformers mendatang yang berjudul Rise of the Beast. Di mana Arcee, nantinya akan diperlihatkan mempunyai desain lebih anggun, sebagai Autobots yang bisa berubah menjadi motor sport Ducati 916.

Elita-1

Sama seperti kembarannya, Elita-1 adalah Transformers wanita yang bisa berubah menjadi motor sport MV Agusta F4 berwarna ungu. Meskipun di komiknya, Elita-1 terkenal sebagai salah satu love interest Optimus Prime, tetapi versi live action-nya dia hanya digambarkan sebagai Autobots minor yang muncul perdana di film Revenge of the Fallen. Dalam pertempuran klimaks antara Autobots dan The Fallen dari Decepticons, Elita-1 diceritakan menjadi korban pertama dari Autobots yang tewas. Di mana dia ditembak saat tengah mengawal karakter manusia, Sam dan Mikaela.

Chromia

Chromia adalah Transformers wanita ketiga yang menjadi bagian dari trio robot motor kembar bersama Arcee dan Elita-1. Chromia merupakan Autobots yang bisa berubah menjadi motor sport Suzuki B-King berwarna biru. Sama seperti di versi serial animasinya, Chromia yang muncul di film Revenge of Fallen juga secara tidak langsung digambarkan sebagai kekasih Ironhide. Di mana wujud motornya sering terparkir di dekat wujud mobil semi-truk GMC Topkick C4500 dari Ironhide. Sayangnya, di pertempuran Autobots vs. The Fallen, dia diceritakan tewas tidak lama setelah Elita-1.

Alice

Muncul di awal film Revenge of the Fallen, awalnya tidak ada yang menyangka bahwa Alice merupakan seorang Transformers wanita, terlebih lagi dia adalah seorang Decepticons. Hal tersebut bisa terjadi karena dia memang bisa berubah menjadi seorang wanita cantik yang berkuliah di Columbia University bersama karakter protagonis Sam Witwicki. Namun, ketika dia masuk ke kamar Sam dan mencoba menggodanya, Alice tiba-tiba berubah menjadi Decepticons yang mempunyai penampilan mengerikan. Untungnya, saat Alice mengejar Sam keluar, Mikaela datang dan langsung menabrakan mobilnya untuk membunuh Alice.

Shatter

Shatter mungkin adalah Transformers wanita paling kuat yang sejauh ini sudah muncul di film live action-nya. Dia adalah antagonis utama di film Bumblebee yang datang ke Bumi untuk memburu para Autobots bersama rekan Decepticons-nya yang bernama Dropkick. Alasan mengapa Shatter mendapatkan predikat sebagai Transformers wanita paling kuat adalah karena dia mempunyai dua perubahan. Yang pertama menjadi mobil Plymouth Satellite berwarna merah, dan yang kedua menjadi pesawat terbang kenis Harrier jump jet. Di ending filmnya, Shatter tewas tertimpa perahu yang diledakan oleh Bumblebee.

Airazor

Airazor adalah Transformers wanita yang dipastikan akan muncul juga di film Rise of the Beasts bersama Arcee. Bedanya, dia adalah bagian dari kelompok robot Maximals yang juga sudah terkonfirmasi akan menjadi bagian dari cerita filmnya, bersama Autobots serta kelompok robot jahat Terrorcons dan Predacons. Sebagai seorang Maximals, Airazor mampu berubah menjadi bentuk hewan Transmetal. Sama seperti di serial animasi Beast Wars, Airazor sendiri nantinya akan diperlihatkan bisa berubah menjadi burung peregrine falcon, yang mempunyai bulu indah dan menawan.

Nightbird

Selain Airazor, Transformers wanita lain yang sudah dipastikan akan muncul di film Rise of the Beast adalah Nightbird. Bedanya dengan Airazor, Nightbird adalah bagian dari kelompok robot jahat Terrorcon yang dipimpin oleh Scourge. Sama seperti di komik Transformers, Nightbird juga nantinya akan diperlihatkan bisa berubah menjadi mobil Nissan Skyline GT-R R33 berwarna abu-abu. Melihat wujud mobilnya yang ramping dan juga cepat, sepertinya Nightbird akan menjadi saingan berat bagi Arcee dan Airazor yang perubahannya juga terkenal sangat lincah.

Itulah 7 robot wanita yang muncul di film live action Transformers. Meskipun Elita-1, Chromia, Alice, dan Shutter sudah diceritakan mati, tetapi kita masih mempunya Arcee, Airazor, dan juga Nightbird yang akan muncul di film Rise of the Beasts. Di mana mereka mewakili kelompok robotnya masing-masing, yaitu Autobots, Maximals, dan Terrorcons. Sepertinya akan sangat menarik melihat seperti apa pertempuran mereka nanti bersama Transformer lainnya. Film Transformers: Rise of the Beasts sendiri dijadwalkan untuk tayang di bioskop pada tanggal 9 Juni 2023 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.