Istilah Legendary Saiyan atau Saiyan Legendaris mungkin tidak terlalu sering muncul dalam cerita di franchise Dragon Ball. Hal tersebut wajar mengingat mereka adalah karakter yang spesial dari ras Saiyan. Geeks sendiri mungkin sudah tidak asing dengan para Saiyan, yang sudah sejak lama diperkenalkan di ceritanya. Setelah Goku bangkit dengan kemampuan transformasi Super Saiyan, ras Saiyan mulai berevolusi sampai pada tingkat yang luar biasa.

Mereka mampu memiliki kekuatan yang sangat dahsyat, dan bahkan mengimbangi para dewa, dalam waktu yang singkat. Level maksimal kekuatan mereka pun sangatlah luar biasa. Namun, seperti halnya beberapa bangsa lainnya, Saiyan juga ternyata memiliki “turunan” yang mana salah satunya adalah Legendary Saiyan. Lalu, apa sebenarnya Legendary Saiyan?

Mengenal Legendary Saiyan

Legendary Saiyan atau Saiyan Legendaris adalah salah satu jenis dari bangsa Saiyan yang sangat unik, di mana mereka hanya muncul di Universe 7 dan 6. Sesuai namanya, mereka tidak muncul setiap waktu. Menurut informasinya, sosok yang menjadi Legendary Saiyan hanya muncul dalam kurun waktu 1.000 tahun sekali. Selain itu, mereka juga tidak memiliki kekuatan dasar bangsa Saiyan seperti form kera besar (Great Ape).

Mereka memiliki garis transformasi yang berbeda dan tersendiri yang berdasarakan transformasi Legendary Super Saiyan. Seperti halnya para Saiyan lain, Legendary Saiyan ini memiliki sifat yang jahat dan mengerikan. Mereka terkenal brutal dan sangat kuat. Namun, tidak jarang juga mereka memperlihatkan sisi lain dari bangsa Saiyan yang mungkin tidak terlalu sering muncul dalam cerita.

Menurut penjelasan Cabba dan Caulifla, Legendary Saiyan pertama di Universe 7 bernama Yamoshi. Dialah Saiyan pertama yang mampu untuk mengakses transformasi Super Saiyan dan juga Legendary Super Saiyan. Namun, untuk karakter Legendary Saiyan di Universe 6 sendiri masih belum ada informasinya. Secara penampilan, mereka sekilas tidak ada bedanya dengan Saiyan lain.

Namun, jika Geeks perhatikan maka ada beberapa detail yang berbeda seperti ekspresinya. Misalnya perubahan warna rambut menjadi hijau saat mereka mengaktifkan Legendary Super Saiyan. Selain penampilan, perbedaan yang paling mencolok adalah level kekuatannya. Karena merupakan sosok yang spesial, mereka yang menjadi Legendary Saiyan memiliki kekuatan yang berada di atas bangsa Saiyan lain, bahkan yang terkuat sekali pun.

Berbagai Kekuatan Dahsyat

Berbicara mengenai kekuatan kita bisa melihat bagaimana perbedaan kekuatan bangsa Saiyan biasa dan Legendary Saiyan dalam pertarungan Goku dan Vegeta melawan Broly. Hal ini terjadi beberapa kali, salah satunya adalah dalam film Dragon Ball Super: Broly. Dengan kekuatan transformasi Legendary Super Saiyan, Goku dan Vegeta tidak mampu untuk mengalahkan Broly.

Padahal, mereka sudah menggunakan dan menggabungkan kekuatan terbaik mereka. Cabba dan Caulifa sendiri menyebutkan jika seorang Legendary Saiyan berhasil membangkitkan seluruh potensi dalam dirinya, maka peningkatan drastis kekuatan tersebut akan terjadi. Hampir tidak ada batas maksimal yang bisa diraih oleh mereka.

Satu-satunya batas maksimal kekuatan mereka adalah ketika tubuh mereka hancur, rusak, dan kemudian tewas. Mereka juga memiliki kekuatan lain diluar kemampuan fisik, misalnya mampu bertahan di ruang hampa atau luar angkasa tanpa bantuan alat apa pun. Namun, kemampuan ini mungkin tidak akan maksimal jika mereka terluka. Secara garis besarnya, Legendary Saiyan adalah versi yang tidak terkalahkan dari bangsa Saiyan.

Siapa Saja Mereka?

Kale

Kale merupakan sosok Legendary Saiyan terbaru yang muncul di Universe 6. Sebenarnya, Kale menghadirkan sifat yang berbeda dari Saiyan lain. Dia sangat mirip dengan Goku, di mana perilaku dan sikapnya sangat baik terhadap orang lain. Hal ini membuat rekannya, Cabba, marah dengan hal tersebut. Meskipun begitu, apa yang Kale hadirkan tersebut akan berubah 180 derajat ketika dia berada dalam mode berserk.

Ketika dia berada dalam mode berserk, Kale tidak ubahnya seorang Saiyan lain yang ganas dan brutal serta kuat. Cabba juga kemudian mengajarkan Kale bagaimana mengaktifkan form Super Saiyan. Meskipun pada awalnya sulit, namun pada akhirnya upayanya tersebut berhasil. Kale sendiri bahkan sempat mengaktifkan transformasi Legendary Super Saiyan miliknya saat berhadapan dengan Goku.

Bio-Broly

Bio-Broly alias Drooly merupakan kloning yang bermutasi dari sosok Broly. Karakter ini sempat muncul dan menjadi villain utama dalam film Dragon Ball Z: Bio-Broly. Penampilan dari Bio-Broly sangat menyeramkan, di mana bentuknya sangat mirip seperti monster. Namun, ketika dia berada dalam form yang normal, Bio-Broly nampak mirip seperti sosok Broly di film lainnya.

Karena sebuah kejadian, di mana proses perkembangan tubuhnya tidak sempurna, membuat Bio-Broly tidak memiliki kemiripan dengan sosok aslinya. Apalagi, ketika tubuhnya justru berubah menjadi mengerikan di mana terdapat cairan yang mengeras yang menyelimuti. Goten dan Trunks pada akhirnya mampu menghabisinya ketika setelah cairan di tubuhnya mengeras.

Dark Broly

Dalam manga Dragon Ball Heroes, setelah menyatu dengan Dark Dragon Ball ketujuh, Super Saiyan 4 Broly kemudian ditangkap dan dipenjara oleh Dark Empire. Mechikabura kemudian penasaran dengan sosoknya, apakah Broly mampu mengendalikan wadah Dark Dargon Ball dengan menggunakan sebuah topeng. Akhirnya, Broly pun berubah menjadi Dark Broly setelah dewa iblis Towa dan Xeno Paragus ada di tubuhnya.

Nyatanya hal itu menjadi ide buruk karena Dark Borly justru menjadi karakter yang tidak terkendali. Dia justru jadi penghancur dari Demon Realm. Towa dan Paragus berusaha mengendalikannya, namun gagal. Level kekuatan Dark Broly benar-benar luar biasa, membuat Mechikabura terkejut dan tidak percaya dengan apa yang dia lihat.

Broly

Nama Broly tentunya sudah tidak asing di telinga Geeks semua. Dalam franchise Dragon Ball, para fans mengenal Broly sebagai karakter yang menjadi wajah bagi Legendary Saiyan. Broly dikenal sebagai Super Saiyan Legendaris karena kedahsyatan dari kekuatannya, yang membuat dia menjadi sosok paling kuat di seluruh ras Saiyan. Bahkan, Goku dan Vegeta sendiri pun hampir saja tidak berhasil untuk mengalahkan Broly.

Meskipun awalnya Broly merupakan karakter non-canon, semenjak kemunculannya di film Dragon Ball Super: Broly, kini Broly sudah menjadi bagian dari canon Dragon Ball. Menarik tentunya untuk melihat bagaimana peran dari Broly selanjutnya pasca dia mejadi bagian dari cerita utamanya. Artinya, ada banyak kemungkinan yang bisa saja muncul dari hal ini.

Itulah dia Geeks beberapa penjelasan tentang Saiyan Legendaris yang muncul dalam cerita Dragon Ball. Mereka sangat kuat, bahkan-bahkan kekuatannya jauh lebih dahsyat dari Goku, yang menjadi karakter utama dalam serinya. Apakah mereka akan kembali muncul? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.