Mereka yang memakan buah iblis buatan gagal harus bersiap dengan resiko yang ada. Pasalnya, efek samping dari mengonsumsi buah iblis buatan yang gagal tersebut sangatlah mengerikan. Seperti yang Geeks ketahui, bahwa di dunia One Piece ada upaya untuk menirukan kekuatan buah iblis asli yaitu dengan menciptakan buah iblis buatan. Namun, tidak semua orang bisa melakukannya.

Buah iblis buatan merupakan hasil karya manusia yang dibuat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang canggih. Butuh waktu yang lama dan proses yang panjang untuk menciptakan buah iblis buatan. Sejauh ini, ada dua buah iblis buatan yang muncul dalam cerita One Piece dan keduanya dianggap gagal. Lalu, apa saja buah iblis yang dianggap gagal?

Buah Iblis Ciptaan Vegapunk

Tidak diketahui apa nama buah iblis ciptaan dari sosok ilmuwan cerdas Vegapunk ini. Seperti yang kita ketahui, Vegapunk dikenal sebagai sosok yang paling cerdas di seluruh serinya. Dia berhasil meneliti dan menciptakan berbagai hal, termasuk buah iblis. Puluhan tahun lalu World Government memberikan tugas kepada Vegapunk untuk membuat tiruan dari buah iblis yang dimakan oleh Kaido, Uo Uo no Mi.

Mereka juga meminta Vegapunk meneliti tentang hal lainnya dari Kaido. Inilah yang kemudian dianggap menjadi awal lahirnya buah iblis buatan manusia pertama. Namun, sayangnya, kemudian buah iblis buatan ini dianggap gagal baik oleh Vegapunk. Buah iblis buatan Vegapunk ini berjenis Zoan, yang mana buah iblis gagal tersebut dimakan oleh Momonosuke.

Namun, yang menarik adalah melihat bagaimana hasil yang muncul di sepanjang arc Wano, banyak fans yang sebenarnya ragu apakah buah iblis buatan Vegapunk ini memang gagal atau sebaliknya. Kemudian, di chapter 1067 akhirnya terungkap apa yang kemudian jadi alasan kegagalan buah iblis buatan tersebut. Buah iblis buatan tersebut dianggap gagal karena warna naganya berbeda.

Seperti yang Geeks ketahui, form naga dari Kaido adalah berwarna biru. Sedangkan, form naga dari Momonosuke berwarna pink atau merah muda. Perbedaan warna yang mencolok inilah yang dianggap Vegapunk sebagai sebuah kegagalan. Namun sejauh ini, baik kekuatan atau hal lainnya nampak berhasil. Misalnya, Momonosuke mampu untuk menciptakan awan api atau menyemburkan Boro Breath.

Meskipun begitu, masih belum ada informasi apakah ada kekurangan atau kelemahan lainnya dari buah iblis Vegapunk ini. Bisa jadi kelemahan lain yang ada di buah iblis ini adalah bagaimana Momonosuke tidak akan mampu untuk awakening. Atau bisa jadi juga Momonosuke tidak akan bisa untuk sekuat Kaido. Menarik tentunya untuk melihat kekuatan lain dari buah iblis tersebut.

Buah Iblis SMILEs

Selain Vegapunk, sosok ilmuwan lainnya yang mencoba untuk membuat atau menciptakan buah iblis versinya sendiri adalah Caesar Clown. Caesar juga merupakan salah satu ilmuwan cerdas, yang pernah bekerja sama dengan Vegapunk – dan Vinsmoke judge. Caesar Clown sendiri bercita-cita mengalahkan Vegapunk dalam hal kecerdasan, dan membuat buah iblis adalah salah satu caranya.

Dia menggunakan desain rancangan buah iblis milik Vegapunk untuk menciptakan dua buah iblis buatan, SAD dan SMILEs. Sayangnya, buah iblis ini dianggap sebagai buah iblis yang gagal melihat hasil atau efek yang dihasilkan. Contohnya adalah bagaimana pengguna atau mereka yang memakan buah iblis SMILEs hanya memiliki dua pilihan.

Pertama, mereka akan kehilangan semua emosinya kecuali tertawa. Sedangkan, pilihan lainnya adalah mereka akan mendapatkan kekuatan dari buah iblis tersebut. Selain memiliki resiko besar untuk kehilangan semua emosi, ada hal lain yang muncul dari buah iblis buatan Caesar ini. Buah iblis SMILEs hanya menirukan kemampuan dari buah iblis Zoan yang asli.

Hal ini bisa kita lihat dari para Gifters dalam kelompok bajak laut Beast. Mereka mendapatkan kekuatan hewan dari buah iblis yang mereka makan, namun tidak ada hal lainnya selain itu. Mereka tidak mampu awakening atau tidak mampu kembali ke wujud manusianya. Mereka yang memakan buah iblis SMILEs dan berhasil mendapatkan kekuatan Zoan akan tetap berada di form atau wujud hybrid untuk selamanya.

Melihat efek dan resiko yang muncul, di mana kekuatan SMILEs sangat tidak stabil, rasanya wajar jika buah iblis buatan ini dianggap gagal. Apalagi, jika kita membandingkannya dengan buah iblis buatan Vegapunk, maka akan terlihat jelas perbedaan kegagalan yang muncul dari keduanya. Apakah Oda Sensei akan menghadirkan buah iblis buatan lainnya? Kita nantikan saja ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.